Beberapa Tipe Percabangan Pada Batang

Diposting pada

Beberapa Tipe Percabangan Pada Batang – Beberapa percabangan pada batang perlu diketahui agar kita bisa mengerti tentang pohon secara detail.

Beberapa Tipe Percabangan Pada Batang
Beberapa Tipe Percabangan Pada Batang

Tentu semua sudah mengerti tentang struktur pohon, dimana dimulai dari yang paling bawah yaitu akar.

Akar berfungsi menyerap mineral dan zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, yang kemudian setelah akar ada batang pohon yang berada pada atas akar, yang berfungsi meyalurkan mineral dari akar ke daun.

Kemudian hasil pemasakan oleh daun di kirimkan keseluruh anggota pohon tersebut, dan susunan terakhir adalah daun yang memiliki fungsi sebagai pengola mineral dan zat-zat yang lain dari akar yang disalurkan melalui batang kemudian dimasak oleh daun, atau disebut dengan fotosintesis, dan ketika selesai pengolahan maka akan di transfer ulang keseluruh bagian-bagian batang melalui batang.

Batang ada yang tumbuh lurus ke atas tanpa percabangan, dan ada pula yang mengalami percabangan.

Tipe Percabangan Pada Batang

Percabang pada batang memiliki beberapa tipe percabangan dan memiliki arah percabangan. Beberapa tipe percabangan yang ada pada batang di bedakan menjadi tiga.

Tipe-tipe percabangan yang berada pada batang :

1). Percabangan monopodial

Batang yang memiliki percabangan monodial seperti pohon cemara dimana batang pokoknya telihat jelas, dan terlihat lebih besar dan panjang dari batang percabangannya.

2). Percabangan simpodial

Percabangan simpodial kebalikan dari monodial yang batang pokok dengan batang percabangannya sangat sulit dibedakan percabangan seperti ini dimiliki oleh pohon sawo manila.

3). Percabangan dikotom

Percabangn dikotom memiliki percaangan yang berbentuk seperti garpu. Karena itulah percabangan ini disebut percabangan menggarpu, dimana bercabangan ini menjadi dua percabangan menjadi cabang yang sama besarnya. Seperti pada tanaman paku andan.

Sedangkan arah pertumbuhan pada cabang dibedakan sebagai berikut:

  • Tegak (fastigiatus)
  • Condong kearah atas (patenas)
  • Mendatar (horizontal)
  • Terkulai (declinatus)
  • Bergantung (pendulus)
  • Berbaring (citrullus vulgaris schrad)
  • Menjalar (ipomeea batatas poir)
  • Menganguk (halianthu annuus l.)
  • Memanjat (scandens)

Itulah artikel yang menjelaskan tentang aktivitas yang dijalani oleh batang, dimana batang yang bercabang juga memiliki beberapa tipe percabangan, dan arah tumbuh batang sesuai dengan jenis pohonnya masing-masing.

Baca Juga : Perbedaan Roset Akar dan Roset Batang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *