Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman

Diposting pada

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman – Jika ada satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman budidaya, itu tak lain pasti penyakit bercak daun.

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman
Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman

Penyakit bercak daun sangat merugikan petani, karena selain bisa menyebar dengan cepat, bercak daun bisa menurunkan kualitas tanaman dan panen yang dihasilkan.

Bercak jamur umumnya disebabkan jamur, dan seperti jamur lain yang bisa menyebabkan penyakit pada tanaman, jamur pemicu bercak daun bisa menular.

Jenis jamur Cercospora Capsici merupakan jamur yang bertanggung jawab atas penyebaran penyakit bercak daun.

Dengan alasan yang demikian, penyakit bercak jamur harus segera dihilangkan sebelum menyebar terlalu jauh.

Tanaman sehat sangat rentan tertular penyakit bercak daun, dan peluangnya semakin meningkat saat musim penghujan tiba. Ini dikarenakan tingkat kelembaban suhu meningkat.

Gejala Penyakit Bercak Daun

Penyakit bercak daun bisa menyebar melalui media apa saja, termasuk alat pertanian, vektor hama, air hujan, dan angin. Yang cukup mengkhawatirkan, jamur ternyata juga menyerang biji yang belum ditanam. Pada tanaman yang sudah terkena bercak daun, akan muncul gejala seperti:

  • Daun

Satu ciri jika daun sudah terkena bercak yaitu bentuknya seperti menggulung dan lama-lama menjadi kering. Jika daun ditekan biasanya akan hancur seperti daun yang sudah mengering. Berkurangnya daun menyebabkan tumbuhan tidak optimal perkembangannya.

  • Daun muda

Daun muda yang terserang bercak ditandai dengan gejala yang muncul seperti bercak di semua bagian dan terlihat tak beraturan. Daun juga berubah warna menjadi cokelat di bagian tengah dan warna kuning di bagian pinggir. Penyakit ini diawali dari bagian tulang daun atau ujung daun yang menyebar luas hingga mematikan daun.

  • Daun tua

Pada daun yang lebih tua, bercak daun dimulai dari tepi daun yang terus menyebar hingga sampai ke tulang daun. Warna daun lalu berubah menjadi cokelat tua, sedang di bagian pinggir menjadi kuning atau cokelat kehitaman. Jika dibiarkan, bercak daun bisa menyebar ke seluruh daun sehingga merugikan pohon.

  • Tunas

Bagian tunas tanaman yang mengalami bercak daun akan mengalami bercak dengan berbagai bentuk. Setelah bercak muncul di area tunas, bercak kemudian menginfeksi ke bagian pinggir daun lalu membuat kering. Saat tunas tanaman sudah terkena bercak, hasilnya bisa merugikan karena tak berkembang secara optimal.

Baca Juga : Pengertian Tunas Tanaman

Mencegah Penyakit Bercak Daun

Dalam mencegah penyakit bercak daun, pertama yang harus dilakukan yaitu memastikan lingkungan tumbuh kembang harus terbebas dari kemungkinan penyebaran bercak daun. Bahwa penyakit bercak daun juga mampu menyebar lewat tanah, istilah populernya tular tanah.

Untuk memastikan agar tanah steril, obat berupa GDM Black Bos bisa diberikan sekali tiap bulan. Caranya yaitu dengan menyemprot langsung di tanah di area akar tanaman. Untuk dosis pemberian obat tersebut yaitu 5 kg per hektar.

Sebagai informasi, manfaat utama obat GDM Black Bos yaitu untuk mencegah penyakit yang ditularkan lewat media tanah. Dalam obat tersebut, terdapat empat tipe bakteri yang berguna untuk mengurai berbagai jenis residu dan limbah.

Selain itu, obat tersebut juga punya manfaat mengembalikan tingkat kesuburan pada tanah karena memang terbuat dari bahan organik dan bakteri dengan kualitas super. Selain diaplikasi langsung pada tanah, GDM Black Bos juga bisa disemprotkan ke bagian bawah daun.

Tindakan ini bisa dilakukan satu kali tiap minggu dengan dosis per tangki sebanyak dua gelas. Tapi jika ternyata tindakan pencegahan ini tak bisa menghindarkan tanaman dari penyakit bercak daun, langkah terakhir harus diambil, yaitu dengan mengatasi penyakit bercak dauh.

Mengatasi Penyakit Bercak Daun

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit bercak jamur pada tanaman. Antara lain yaitu dengan metode alami berupa pestisida organik, metode kimia dengan beberapa obat, atau dengan membuang bagian tanaman yang terinfeksi jika sudah terlanjur parah.

Metode alami dengan memakai pestisida organik memang menawarkan keamanan pada tanaman, selain juga lebih hemat. Tapi proses pembuatannya bisa dibilang cukup lama karena harus melibatkan fermentasi bahan-bahan organik hingga beberapa minggu.

Di sisi lain, metode kimia lebih menjanjikan hasil instan dan tak terlalu merepotkan. Ada beberapa jenis obat untuk mengatasi penyakit bercak daun yang dijual bebas, seperti Mazante 82 WP, Daconil 70 WP, Antracol 70 WP, dan Score 250 EC. Tinggal pilih satu jenis lalu gunakan untuk membasmi bercak daun.

Poin penting yang harus diperhatikan lebih dulu, bahwa penyakit bercak daun dipicu jamur. Karena potensinya yang sangat merusak, cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi penyakit bercak daun yaitu dengan menghilangkan atau memotong bagian pohon yang sudah terinfeksi.

Ini diperlukan supaya tingkat penyebaran penyakit bercak daun bisa diatasi dan tak menular ke bagian lain yang masih sehat. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman, dan yang paling efektif tentu saja dengan membuang bagian terinfeksi.

Baca Juga : Jenis Pestisida Tanaman Cabe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *