5 Cara Stek Pohon Asam Jawa

Diposting pada

Cara Stek Pohon Asam Jawa – Asam Jawa dengan nama latin Tamarindus Indica termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae) merupakan buah dengan rasa asam dan bisa digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia seperti sayur asem dan cuka empek-empek Palembang atau menjadi campuran ramuan minuman herbal.

5 Cara Stek Pohon Asam Jawa
5 Cara Stek Pohon Asam Jawa

Sebenarnya, asam jawa berasal dari Afrika dan akhirnya tersebar di banyak negara asia tenggara seperti Filipina, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand dan termasuk Indonesia.

Asam jawa biasanya tumbuh di tanah berpasir ataupun tanah liat baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dari 1000-1500 meter di atas permukaan laut. Hidup di daerah tropis basah dengan curah hujan lebih dari 4000 mm.

Sudah menjadi tradisi sejak dulu jika daun dan buah asam jawa memiliki manfaat sebagai obat tradisional yang digunakan turun menurun untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan.

Khasiat buah asam jawa diantaranya bisa digunakan untuk mengobati sariawan, eksim, disentri dan mengatasi gigitan serangga.

Daun dari pohon asam jawa bisa digunakan untuk mengobati demam dan nyeri saat datang bulan. Sementara khasiat buah asam jawa untuk kesehatan diantaranya adalah:

  • Mengobati sariawan
  • Mengobati eksim
  • Mengobati disentri
  • Mengatasi gigitan serangga
  • Melancarkan pencernaan.
  • Menurunkan berat badan karena punya asam hidroksi sirat yang bisa menghambat proses penyimpanan lemak.
  • Mengobati luka di usus karena di dalamnya ada senyawa polifenol yang bisa megobati luka
  • Memperbaiki jantung karena memiliki kandungan flavonoid yang bisa menurunkan kolesterol jahat
  • Menyembuhkan luka karena punya efek antiseptik.
  • Mengobati penyakit gagal ginjal dan kanker ginjal karena zat antioksidannya bisa mengurangi tingkat keparahan gagal ginjal.
  • Mengobati penyakit flu dan batuk.
  • Mengobati asma karena memiliki zat antihistamin.
  • Memperbaiki hati yang rusak karena banyak mengkonsumsi alkohol dan baik untuk penderita diabetes karena memiliki enzim alfa-amilase yang bisa mengurangi dan menstabilkan kadar glukosa.

Karena khasiat dari pohon asam jawa inilah, para petani membudidayakan pohon asam jawa. Kelebihan lainnya antara lain prospek budidaya tanaman yang cukup tinggi sehingga dilirik oleh pebisnis pemula maupun senior.

Proses pembudidayaan pohon asam jawa ini pun tidaklah sulit. Keuntungan lainnya juga Anda tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk menikmati buahnya, tidak seperti pohon asam jawa biasa.

Kalau menggunakan vegetatif alami, Anda akan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu cara yang disarankan yaitu dengan menggunakan vegetatif buatan seperti stek.

Baca Juga : Cara Stek Tanaman Hias Gantung

5 Cara Stek Pohon Asam Jawa

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas bagaimana langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk men-stek pohon asam jawa.

1). Pemilihan dan Persiapan Media Tanam

Langkah yang pertama yaitu Anda harus memilih media tanam yang cocok untuk budidaya pohon asam jawa ini.

Prosedur yang tepatnya meliputi persiapan media tanam yang sudah dicampur dengan bahan organic seperti pupuk kandang.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan cocopeat yang dicampur dengan sedikit cocofiber, tanah basah dan pasir.

Perbandingannya adalah 1:1:1. Terakhir, gunakan pot berukuran sedang atau dengan menggunakan polybag sedang yang kemudian isi dengan media tanam sebanyak satu per tiga bagian pot atau polybag tersebut.

2). Pemilihan dan Persiapan Dahan Pohon Asam Jawa

Langkah selanjutnya untuk stek pohon asam jawa yaitu dengan melakukan pemilihan dan persiapan pada dahan atau batang pohon asam jawa. Langkah-langkah ini meliputi:

  • Pilihlah pohon yang buahnya berkualitas dan proses berbuahnya cepat. Carilah yang umurnya lima tahun lebih.
  • Pilihlah dahan yang proses berbuahnya cepat atau sering berbuah.
  • Lalu potonglah dengan gergaji.
  • Bersihkan hasil potongan gergaji dengan pisau dan bersihkan pula daun-daunnya untuk mengurai penguapan
  • Bersihkan kulit dahan dari bawah ke atas kira-kira mulai dari lima hingga tujuh centimeter. Ini berguna supaya akar tidak tumbuh hanya di sisi bawah. Tapi juga ke atas. Pertumbuhan akar yang baik sangat diperlukan supaya bisa menopang tanaman

3). Manfaatkan Perangsang Akar

Sesuai namanya, perangsang akar berguna menstimulasi atau mempercepat pertumbuhan akar. Selain berfungsi sebagai pemercepat, fungsi lainnya yaitu anti bakteri dan anti jamur supaya akar tidak membusuk.

  • Pilihlah produk perangsang akar yang sesuai. Cukup banyak produk perangsang akar yang tersedia.
  • Jika perangsang akar berbentuk serbuk, maka tuangkan serbuk secukupnya. Lalu tuangkan air sehingga berbentuk pasta.
  • Oleskan campuran berbentuk pasta tadi ke seluruh bagian bawah yang sudah dibersihkan tadi. Jika pengolesan sudah selesai, pasta tadi mengering.

4). Penanaman Hasil Stek

Tahap terakhir adalah penanaman hasil stek ke media tanam. Lakukan ini ketika perangsang akar sudah mengering.

  • Tancapkan hasil stek ke media tanam dan jangan lupa rapatkan supaya pertumbuhan akarnya tidak goyah. Pastikan agar penanaman stabil agar pertumbuhan akar tidak terganggu.
  • Letakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari.
  • Tiga minggu kemudian, anda bisa memindahkannya ke luar.

5). Pemeliharaan Pohon Asam Jawa

Tahap yang tidak kalah penting adalah pemeliharaan setelah penanaman. Untuk pemeliharaan pada pohon asam bisa di lakukan dengan cara intensif yaitu dengan cara pemupukan secara berkala atau rutin, penyiraman lakukan lah selama 2 hari dalam 1 hari.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk mempercepat pertumbuhan pada pohon asam jawa. Biasanya pohon asam yang tidak terawat itu akan di serang oleh hama dan penyakit asam, seperti hama yang biasa menyerang pada pohon asam ini berupa serangga kecil, ulat pemakan daun, kutu perisai dan kutu bubuk, tetapi hal ini bisa di atasi dengan penyemprotan herbisida dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk budidaya pohon asam jawa dengan metode vegetatif buatan yaitu stek.

Dengan perawatan yang benar, diharapkan Anda bisa mendapatkan hasil produksi  yang baik dan besar sehingga keuntungan pun meningkat.

Baca Juga : Mengapa Tanaman Cangkok Cepat Berbuah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *