Fungsi dan Manfaat tRNA

Diposting pada

Fungsi dan Manfaat tRNA – Pada ilmu biologi yang lebih khusus membahas mengenai genetik, tentunya kita sering mendengar tentang istilah DNA dan RNA.

Fungsi dan Manfaat tRNA
Fungsi dan Manfaat tRNA

Materi enetic merupakan informasi pada setiap sel makhluk hidup yang dapat diturunkan pada keturunan selanjutnya.

Biasanya, materi enetic juga disebut sebagai asam nukleat atau faktor hereditas. Pada makhluk hidup, materi enetic yang terdiri atas kromosom, gen, DNA, dan RNA akan diturunkan melalui proses reproduksi.

Senyawa kimia RNA selalu berada dalam sebuah sel maupun virus, yaitu dimana ketika berada di dalam sel, senyawa ini dapat dibagi dalam 3 kelompok, diantaranya adalah Messenger atau mRNA, Transfer atau tRNA dan yang terkahir adalah Ribosomal atau rNA. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai fungsi dan manfaat penting tRNA. Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian tRNA

tRNA merupakan salah satu jenis dari RNA, maka dari itu mari kita bahas terlebih dahulu RNA nya. RNA (Ribonucleic Acid) atau dalam bahasa Indonesia-nya asam ribonukleat adalah rangkaian tunggal nukleotida.

Nukleotida RNA dibentuk oleh molekul gula ribosa, fosfat dan basa nitrogen. RNA juga untuk mensintesis protein. (Baca Juga : Pengertian Sintesis Protein)

Dilansir dari Wikipedia, RNA atau Asam ribonukleat merupakan suatu molekul polimer yang memiliki peran dalam berbagai aktivitas biologis dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi gen.

Sama halnya dengan DNA, RNA juga disusun oleh asam nukleat, dan, bersama dengan protein dan karbohidrat, yang merupakan 4 makromolekul utama yang penting bagi kehidupan makhluk hidup.

Jadi apakah itu tRNA? RNA pemindah atau tRNA, rantai tunggal pendek yang dibentuk DNA di dalam inti sel kemudian diangkut ke sitoplasma.

Fungsi singkat dari tRNA adalah sebagai penerjemah kodon dari mRNA dan pengangkut asam-asam amino dari sitoplasma ke ribosom.

RNA transfer atau disebut dengan tRN merupakan salah satu anggota dari kelompok asam nukleat yaitu asam ribonukleat.

Molekul RNA terdiri dari nukleotida, yang merupakan bahan bangunan kecil untuk kedua RNA dan DNA. RNA transfer atau tRNA ini merupakan molekul RNA khusus yang memiliki tujuan yang sangat spesifik, yaitu untuk membawa sub unit protein atau asam amino ke tempat protein dibangun yaitu ke ribosom.

Salah satu penemu DNA, Francis Crick, pertama menyarankan bahwa tRNA harus ada. Pada saat itu, para ilmuwan tahu bahwa informasi genetik disimpan dalam inti DNA dan DNA yang membawa petunjuk tentang cara untuk membuat protein.

Sel-sel yang kita miliki membuat salinan DNA yang disebut RNA (mRNA), maka dari itu DNA tidak meninggalkan inti. Namun mRNA akan meninggalkan nukleus dan terikat oleh ribosom yaitu mesin molekuler yang bertindak sebagai pabrik yang membuat protein.

Baca Juga : Pengertian mRNA

Fungsi tRNA

tRNA merupakan suatu molekul yang mempunyai struktur yang khas seperti lipatan dengan tiga penjepit yang membentuk bentuk seperti semanggi berdaun tiga.

Fungsi tRNA di lokasi tertentu dalam ribosom selama translasi, yang merupakan proses yang mensintesis protein dari molekul mRNA. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah fungsi dari tRNA:

  1. Sementara mRNA mengandung pesan mengenai bagaimana menyusun asam amino menjadi suatu rantai, tRNA yang menjadi penerjemah sebenarnya. Terjemahan bahasa RNA ke dalam bahasa protein dimungkinkan, alasannya karena ada banyak bentuk tRNA yang masing masing mewakili asam amino (blok bangunan protein) dan mampu menghubungkan dengan kodon RNA. Jadi, molekuk tRNA untuk asam amino alanine memiliki area atau situs pengikatan untuk alanin dan situs pengikatan lain untuk 3 buah nukleotida RNA, kodon untuk alanin.
  2. tRNA menerjemahkan sekuense RNA kodon ke dalam sekuens asam amino lalu ke dalam protein spesifik. Proses ini terjadi di ribosom, yang terbuat dari rRNA dan berbagai protein. Selama penerjamahan berlangsung, untaian mRNA melewati ribosom, seperti kaset kaset kuno yang bergerrak melalui pembaca pita. Saat mRNA bergerak, molekul tRNA membawa asam amino yang tepat berikatan dengan RNA yang cocok dengannya, dan urutan asam amino disatukan.
  3. Dalam proses penerjemahannya, tRNA memutuskan asam amino apa yang dibutuhkan dengan melihat mRNA. Molekul mRNA punya tiga nukleotuda yang berhubungan dengan asam amino tertentu.
  4. tRNA memasukkan dan menjadi pentransfer, yaitu menggerakan asam amino ke dalam rantai asam amino yang sedang dalam proses bertumbuh.

Manfaat tRNA

tRNA memiliki manfaat sebagai penerjemah supaya RNA bisa terbaca oleh protein, seperti mRNA lebih berguna untuk memberikan informasi bagaimana urutan asam amino menuju ke rantai yang paling tepat.

Hal ini bisa terjadi karena tRNA memiliki banyak bentuk yang masing-masing mewakili asam amino dan dapat menjadi penghubung dengan kodon RNA.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai fungsi dan manfaat penting tRNA yang juga dilengkap dengan definisi dari tRNA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian!

Baca Juga : Pengertian RNA Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *