Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi? Bagi pecinta burung atau yang hobi memelihara burung pasti sudah tidak asing lagi dengan burung Murai Batu.

Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi
Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi

Burung Murai Batu atau Kucica Hutan termasuk ke dalam famili Muscicapidae yang tersebar di pulau Sumatera dan sebagian pulau Jawa.

Di habitat aslinya, burung Murai Batu memilih hutan alam yang rapat atau hutan sekunder untuk tempat tinggalnya.

Burung Murai Batu merupakan hewan yang teritorial dan sangat kuat dalam mempertahankan daerah kekuasaannya.

Banyak sekali orang yang tertarik untuk memelihara burung Murai Batu karena burung Murai Batu memiliki kicauan yang bagus.

Tidak heran jika burung Murai Batu sering dipertandingkan atau diperlombakan suara kicauannya.

Burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung yang sangat umum diperlombakan dalam kompetisi antar pecinta Burung Murai Batu.

Tidak heran jika harga burung Murai Batu sangat fantastis hingga 800 juta Rupiah. Burung Murai Batu sangat bergengsi karena kicauannya sangat bagus.

Namun, ada hal yang paling ditakuti oleh pecinta burung Murai Batu yaitu burung Murai Batu tidak berkicau atau tidak berbunyi sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Jenis Makanan Murai Batu

Penyebab Murai Batu Tidak Berbunyi

Burung Murai Batu tidak berbunyi bukan sesuatu hal yang aneh karena ini memang biasa terjadi. Ada beberapa hal penyebab burung Murai Batu tidak berbunyi, diantaranya :

1. Mengalami Kesulitan Bernafas

Burung Murai Batu tidak mau berbunyi bisa jadi karena burung Murai Batu mengalami gangguan pernafasan yang disebabkan oleh tungau yang menginfeksi kantung udara atau air sac mites burung Murai Batu.

2. Terinfeksi Kutu

Burung Murai Batu dapat terinfeksi kutu yang ditandai dengan burung Murai Batu lebih sering diam tidak mau berbunyi, sering memasuki atau mencabuti bulu-bulunya sendiri.

Selain itu, burung Murai Batu yang terserag kutu dapat dilihat dari sayap-sayapnya yang rusak.

3. Sedang Stres

Burung Murai Batu yang stres biasanya tidak mau berbunyi. Sebenarnya burung Murai Batu bisa jadi stres karena terserang kutu dan tungau namun ada penyebab lain yang menyebabkan burung Murai Batu stres yaitu kalah mental ketika diperlombakan atau mendengar suara burung sejenis di rumah dalam waktu yang lama.

Burung Murai Batu bisa jadi mengalami stres karena sangkarnya terjatuh pada saat burung Murai Batu sedang ada di dalam sangkar sehingga burung Murai Baru kaget lalu stres.

Lalu, burung Murai Batu menjadi stres karena pernah terlepas dari sangkarnya kemudian tertangkap kembali.

4. Menjelang Mabung

Mabung adalah proses alami pada burung Murai Batu dimana bulu-bulu burung Murai Batu rontok. Pada umumnya proses mabung berlangsung setahun sekali namun ada juga yang berlangsung sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun.

Menjelang mabung biasanya burung Murai Batu tidak berbunyi seperti biasanya yang disertai dengan rontok atau berjatuhan beberapa bulu halus dan bulu ekor dari burung Murai Batu.

Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi

Jika burung Murai Batu anda mulai menunjukkan tanda-tanda tidak mau berbunyi sebaiknya jangan panik.

Ada beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi, diantaranya :

1. Memberi Pakan

Jika burung Murai Batu tidak berkicau seperti biasanya, berilah burung Murai Batu pakan yang dapat membantu burung Murai Batu berkicau seperti biasanya.

Pakan tersebut bisa berupa jangkrik 3 hingga 5 ekor dan kroto 1 cepuk di pagi hari dan di sore hari berikan burung Murak Batu 1 sendok teh kroto dan 3 hingga 5 ekor jangkrik serta pakan dari Voer yang mengandung anti stres.

2. Jauhkan Burung Murai Batu dari Kebisingan

Suara yang terlalu bising bisa membuat burung Murai Batu enggan bersuara. Oleh karena itu taruh burung Murai Batu di tempat yang jauh dari kebisingan.

3. Rutin Memandikan dan Menjemur Burung Murai Batu

Rutin memandikan burung Murai Batu bisa mencegah burung Murai Batu terinfeksi bakteri, jamur dan tungau yang bisa menyebabkan burung Murai Batu enggan berbunyi.

Jangan lupa juga untuk menjemur burung Murai Batu maksimal 1 jam.

4. Relaksasi

Tidak hanya manusia saja yang suka mendengarkan musik-musik relaksasi ketika sedang penat, tetapi burung Murai Batu juga menyukainya.

Jika burung Murai Batu anda tidak mau berbunyi seperti biasa tidak ada salahnya anda memutar musik-musik relaksasi dengan volume yang tieak terlalu kencang.

5. Suplementasi

Selain memberikan pakan yang bernutrisi, anda juga perlu memberikan suplemen khusus untuk Burung Murai Batu yang enggan berbunyi sehingga metabolisme burung menjadi lebih baik.

6. Memberikan Air Bersih

Pastikan burung Murai Batu meminum air bersih setiap harinya. Khusus untuk burung Murai yang sedang dalam kondisi tidak mau berbunyi, sebaiknya berikan 3 tetes EBOD VIT setiap kali mengganti air untuk burung Murai Batu untuk mengurangi stres pada burung Murai Batu sehingga burung Murai Batu kembali berkicau seperti biasanya.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Berbunyi. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Daftar Harga Burung Murai 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *