5 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Ikan Cupang Paling Mahal? Sobat pasti tahu dengan ikan cupang! Ikan yang kecil namun memiliki warna yang indah dan unik.

Ikan cupang ternyata selain menjadi hiasan di Aqurium rumah, namun ikan ini juga memiliki nilai yang sangat fantastik. Ingin tahu jenis-jenis ikan cupang yang seperti apa yang bernilai fantastik itu? Simak ulasan berikut ini:

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang mudah dibudidayakan serta memiliki keindahan tentang warna, corak, serta bentuk tubuh dan siripnya.

Baca Juga : Jenis-jenis Makanan Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang Paling Mahal

Memiliki warna yang beragam dengan perpaduan yang unik yang menjadikan harga ikan cupang semakin kesininya mengalami kenaikan. Di bawah ini adalah 5 jenis ikan cupang dengan harga yang fantastik:

1. Cupang Serit

Cupang Serit

Cupang Serit cukup digemari oleh pecinta cupang dimana ia memiliki ciri-ciri yakni sirip bagian atas, bawah dan ekor berbentuk runcing.

Jenis cupang serit ini berbeda dengan jenis cupang lainnya. Perbedaannya sangat mudah untuk dibedakan. Salah satu yang membedakan adalah jenis ikan ini memiliki runcingan yang menyerupai sapu yang merekah.

Kombinasi warna seripnya tersebut dapat mengkombinasi beberapa warna. Harga ikan jenis Serit ini masih bisa dijangkau yakni sekitar 400 ribu rupiah.

2. Cupang Plakat

Cupang Plakat
Cupang Plakat

Jenis Cupang Plakat sangat berbeda dengan Cupang Serit. Cupang ini memiliki bentuk sirip dan ekor yang berbetuk kipas kecil namun tidak bergerigi (pada ekor lebih menyerupai setengah lingkaran kecil).

Ukuran sirip dan ekor dari jenis ikan cupang ini lebih kecil dibandingkan dengan ukuran seluruh tubuhnya. Namun ikan ini disukai karena bentuknya yang lebih simple dan lincah.

Ikan ini memiliki jenis yakni Gold Plakat, Blue Gold Plakat, Red Dragon Plakat, dan Blue Sea Plakat. Harga ikan Cupang Plakat dengan kualitas terbaik bisa mencapai 1,6 Juta rupiah.

3. Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon
Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon memiliki sirip dan ekor yang sangat lebar sehingga terkesan lebih indah, mewah serta elegan dari jenis Cupang Serit dan Plakat.

Ciri-cirinya sangat mencolok yakni sirip bagian atas dan ekor dapat menyatu (tanpa sekat) membentuk ¾ lingkaran seperti gaun yang mengembang.

Ikan cupang jenis ini merupakan jenis yang paling digemari karena bentuk sirip dan ekornya yang indah serta warnanya yang menawan.

Beberapa jenis dari ikan cupang Halfmoon adalah Red Milk Haflmoon, Blue Halfmoon, Blue Sea Halfmoon, dan Red Shadow Halfmoon. Harga ikan jenis Halfmoon ini dapat mencapai 700 ribu rupiah.

4. Cupang Halfmoon Big Ear

Cupang Halfmoon Big Ear
Cupang Halfmoon Big Ear

Jenis Cupang Halfmoon Big Ear hampir sama dengan jenis lainnya seperti ikan Cupang Halfmoon namun yang membedakannya hanya pada bentuk telinganya yang lebih lebar.

Jenis ini juga sangat disukai seperti jenis Cupang Halfmoon. Harga ikan Cupang Halfmoon Big Ear terogolong cuku bisa dijangkau oleh pecinta ikan cupang, harganya sekitar 700 ribu rupiah.

5. Cupang Halfmoon Double Tail

Cupang Halfmoon Double Tail
Cupang Halfmoon Double Tail

Jenis cupang ini sedikit berbeda dengan yang lainnya. Cupang jenis Halfmoon Double Tail memiliki ekor yang bercabang dua. Ekor tersebut berbetuk memanjang dan seolah terpotong pada bagian tengahnya.

Namun walaupun demikian,ikan jenis ini masih tergolong elegan karena memiliki warna yang kebanyakan cerah dan masih tergolong ikan Cupang Halfmoon.

Harga ikan cupang jenis Double Tail ini hampir sama dengan harga ikan cupang jenis Halfmoon yakni bekisar antara 500 – 700 ribu rupiah.

Harga ikan tersebut adalah harga standar Internasional dengan kualitas yang sudah bagus sobat. Keunikan maupun kelangkaan corak dan warna menjadikan nilai tersendiri bagi harga ikan Cupang.

Bahkan di Thailand, ikan Cupang jenis Halfmoon dinobatkan termahal di Dunia karena memecahkan rekor dengan harga tertinggi yakni sebesar 20 juta rupiah.

Keunikan ikan cupang tersebut adalah warnanya yang mirip dengan warna bendera Negara Thailand.

Nah bagaimana sobat tentang penjelasan saya tadi? Semoga sobat puas yah dan semakin menambah wawasan tentang ikan Cupang.

Demikian sobat tentang ulasan ikan Cupang. Sampai ketemu di ulasan-ulasan berikutnya yang lebih menarik. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *