Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus

Diposting pada

Tahukah anda Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus? Tanaman asparagus merupakan salah satu jenis tanaman yang berupa sayuran dan digunakan sebagai bahan atau bumbu dari makanan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Asparagus

Tanaman asparagus mempunyai rasa yang sedap dan juga bersifat diuretik. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami penyakit urin. Banyak khasiat yang terkandung pada tanaman yang satu ini, bahkan tak heran jika banyak orang yang telah akrab dengannya.

Tanaman yang satu ini memiliki harga yang bisa dibilang, ini juga sudah terbukti kalau tanaman asparagus mahal. Jadi, ini juga memungkinkan kalau anda akan bertindak untuk was-was.

Klasifikasi dan morfologi yang dimiliki oleh tanaman asparagus juga unik dan menarik. Berikut dibawah ini sudah disediakan untuk anda yang ingin mencari tahu tentang apa itu klasifikasi dan morfologinya.

Klasifikasi Tanaman Asparagus

Klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman asparagus dapat diuraikan seperti yang berikut ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliphyta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Liliopsida
  • Sub Kelas – Lilidae
  • Ordo – Liliales
  • Famili – Liliaceae
  • Genus – Asparagus
  • Spesies – Asparagus officinalis L.

Morfologi Tanaman Asparagus

Pada morfologi tanaman asparagus terdapat morfologi yang cukup unik dan yang pastinya berbeda dengan berbagai jenis tanaman lainnya.

Morfologi yang dimiliki oleh tanaman asparagus ini cukup mudah dipahami oleh kita, apalagi kita masih pemula dan baru pertama kali dengar sebutan naman tersebut.

Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi tentang morfologi tanaman asparagus, maka anda dapat menyimak pada pembahasan yang berikut ini.

1. Akar Tanaman Asparagus

Pada umumnya akar yang dimiliki oleh tanaman asparagus ini akan berbentuk menjalar dan memiliki serabut. Akar dari tanaman asparagus memiliki warna putih kotor yang telah diselimuti dengan tanah, seperti pada akar tanaman jenis lainnya. Namun ukurannya terlihat berbeda dengan ukuran akar tanaman lainnya.

Ukuran akar tanaman asparagus yang berbeda bisa dilihat dari panjangnya yang bisa mencapai sekitaran 5 hingga cm. Selain itu, anda juga harus tahu kalau pada tanaman asparagus ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat pada akarnya, bahkan akarnya bisa dijadikan sebagai herbal atau bahan obat-obatan yang tradisional.

2. Batang Tanaman Asparagus

Selain akar yang cukup uni, ada pula batang tanaman asparagus yang unik dan menarik untuk anda. Perlu diketahui, batang tanaman asparagus mempunyai Duan jenis batang yang berbeda, yaitu batang dalam dan juga batang luar. Pada batang dalam atau disebut sebagai rizoma akan terlihat pertumbuhan yang seperti rebung.

Sedangkan batang luar dari tanaman asparagus ini akan terlihat pertumbuhan dari daun, rantai dan juga cabang tanaman asparagus.

Tahukah anda kalau tanaman asparagus bisa bertumbuh dengan ketinggian yang diperkirakan mencapai kurang lebih dari 1 meter dan diameternya hanya mencapai 1 cm.

3. Daun Tanaman Asparagus

Berbeda dengan jenis tanaman yang lainnya, untuk daun yang dimiliki oleh tanaman asparagus memiliki bentuk yang berupa seperti jarum kecil.

Warna dari daun yang dimiliki oleh tanaman asparagus ini menghasilkan warna daun yang hijau mudah dan adapun yang hijau tua.

Pada morfologi daun tanaman asparagus terdapat daun yang bertangkai. Biasanya hany dengan satu tangkai daun, maka biasanya akan menimbulkan beberapa cabang bagi pertumbuhan daun tanaman asparagus. Selain itu, biasanya tanaman asparagus ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan tanaman kerisan atau pakisan.

4. Bunga Tanaman Asparagus

Bunga yang dimiliki oleh tanaman asparagus merupakan suatu bunga yang berfungsi untuk memperindah dan mempercantik jenis tanaman yang dimilikinya. Bunga tanaman asparagus termasuk pada bentuk bunga yang seperti majemuk dan terletak pada bagian ketiak daun tanaman asparagus.

Bunga yang dimiliki oleh tanaman asparagus terdiri atas benang sari dan juga mahkotanya. Nah, benang sari dari tanaman asparagus ini membentuk yang silindris dan disertai dengan ukuran tanaman yang bisa mencapai panjang kurang lebih sebesar. Selain itu bunga tanamannya terdapat putik dan juga berbentuk seperti bintang.

5. Buah dan Biji Tanaman Asparagus

Untuk morfologi yang terakhir adalah buah dan juga biji yang dimiliki oleh tanaman asparagus. Buah yang dimiliki oleh tanaman asparagus merupakan salah satu buah yang berbentuk bulat. Selain itu, buah yang dimiliki oleh tanaman asparagus ini memiliki diameter yang bisa mencapai 0,5  cm.

Berbeda dengan jenis tanaman yang lainnya, dimana buah yang dimiliki oleh tanaman asparagus termasuk pada tanaman yang cukup unik dan aneh. Warna yang dimiliki oleh buah tanaman asparagus ini bervariasi. Apabila tanaman asparagus masih mudah, maka warnanya menjadi bunga yang sesungguhnya.

Sementara itu tanaman asparagus yang sudah tua, maka buah yang akan dihasilkan buah yang berwarna coklat kehitaman. Biji dari tanaman asparagus memiliki jenis biji tanaman yang sama seperti jenis biji dari tanaman pepaya. Memiliki ukuran yang kecil dan keras serta dihiasin dengan warna yang hitam.

Kesimpulan

Asparagus merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Liliaceae dengan nama latin Asparagus officinalis L. Tanaman ini sering dikonsumsi sebagai sayuran dan sebagai bumbu masakan, tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan juga dapat menyembuhkan penyakit urin.

Tanaman asparagus memiliki akar jenis serabut dan menjalar, asparagus memiliki batang dalam yang disebut rizoma dan juga batang luar, daun asparagus bentuknya seperti daun kecil berwarna hijau, bunga asparagus merupakan bunga majemuk, buah asparagus berbentuk bulat sedangkan bijinya seperti biji pepaya berwarna hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *