Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Tin

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Tin – Buah tin merupakan salah satu tanaman buah yang memiliki berbagai manfaat untuk pengobatan, jadi tak salah kalau buah tin ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anda. Selain buahnya yang memiliki manfaat, daunnya juga dapat digunakan bahan baku dari minuman kesehatan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Tin
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Tin

Mungkin anda yang belum pernah melihat atau mendengar dengan buah tin. Karena tanaman buah tin sedikit masyarakat yang membudidayakan tanaman dari buah tin.

Namun jika anda yang ingin mencari tahu tentang klasifikasi dan morfologi yang dimiliki oleh tanaman buah tin. Maka anda menjadi orang yang tepat jika berada disini, karena kami akan membahas tentang klasifikasi dan morfologinya. Berikut pembahasannya.

Klasifikasi Tanaman Buah Tin

Buah Tin atau biasanya dikenal dengan bahasa latin Ficus Carica memiliki klasifikasi yang wajib diketahui oleh anda. Nah berikut dibawah ini yang menjadi klasifikasi dari tanaman buah tin.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Sub Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Dilleniidae
  • Ordo – Urticales
  • Famili – Moraceae
  • Genus – Ficus
  • Spesies – Ficus Carica L.

Morfologi Tanaman Buah Tin

Apa saja yang menjadi morfologi dari tanaman buah tin ini? Pada umumnya pohon tin menjadi salah satu pohon yang mampu bertumbuh hingga mencapai sekitar 10 meter.

Anda harus tahu juga kalau batang dari pohon tin ini memiliki warna yang abu-abu kecoklatan serta lunak yang bisa mengeluarkan getah dan bisa mengiritasi kulit.  Apabila anda ingin penjelasan morfologi tanaman buah tin yang lebih lengkap, maka anda bisa melihat di ulasan berikut ini.

1. Daun

Morfologi dari daun tanaman buah tin ini memiliki ukuran yang besar dan berlekuk kedalam dengan tiga atau mungkin lima lobus.

Secara umum daun tanaman buah tin ini memiliki panjang yang bisa mencapai sekitar 12 sampai 25 cm dengan lebar yang berkisar 10 hingga 18 cm. Untuk warna daun tanaman buah tin memiliki warna yang hijau terang.

Bahkan memiliki bulu yang cukup kasar di bagian atas. Akan tetapi di bagian bawah memiliki bulu-bulu yang banyak. Namun di bagian bawah memiliki bulu-bulu yang lembut.

2. Buah

Perlu diketahui kalau bunga dari tanaman buah tin ini tidak bisa dilihat dengan jelas oleh kita, hal ini dikarenakan ditutup oleh receptaculum atau dasar bunga.

Jadi tak heran jika banyak orang yang mengira ini seperti buah tin dan bukan bunga tin. Pada hal yang sebenarnya buah tin itu merupakan dasar bunga dengan bentuk yang cukup bulat. Tipe yang seperti ini menjadi ciri khas dari anggota suku Moraceae atau ara-araan.

Apabila buah tin masih mudah maka warna buahnya akan terlihat seperti hijau, sedangkan buah tin yang sudah matang akan terlihat seperti warna ungu kecoklatan.

Selain itu buah tin juga memiliki warna yang kuning atau hal ini hanya tergantung dari varietas buah tinnya. Buahnya memiliki ukuran yang hampir sama seperti buah kelengkeng dengan panjang yang bisa mencapai sekitar 3 hingga 5 cm.

Buah tin yang kelihatannya masih mudah dapat dikonsumsi sebagai olahan sayur dengan cara yang dimasak. Akan tetapi buah tin yang sudah matang bisa kita konsumsi secara langsung, hal ini dikarenakan rasanya cukup lezat untuk dinikmati oleh kita. Bahkan anda juga harus tahu bahwa buah tin ini memiliki aroma yang cukup mirip dengan tanaman buah jambu.

Buah dari tanaman Tin ini memiliki tekstur daging yang empuk dan tingkat kemanisannya cukup sedang. Tak hanya itu saja, buah dari tanaman tin memiliki berbagai biji.

Warna dari daging buah tanaman tin ini memiliki warna yang coklat maupun ungu atau tergantung dari varietasnya saja, serta lembut dan basah apabila sudah matang. Semakin hitam atau semakin gelap maka buah tin akan memiliki rasa yang manis.

Habitat Tanaman Buah Tin

Tanaman buah tin ini dapat bertumbuh dengan baik apabila memiliki pencahayaan yang cukup dan kelembapan yang optimal serta memerlukan unsur-unsur hara sehingga bisa menjaga buahnya agar tetap mutu.

Dataran Mediterania merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyaknya pohon tanaman buah tin. Bahkan di negara yang memiliki empat musim apalagi beriklim tropis akan membuat pohon dari tanaman buah tin dapat bertumbuh dengan baik.

Peru diketahui kalau tiap musim mempunyai masing-masing varietas yang cocok untuk menanam tanaman buah tin. Sebagai contoh, jika daerah tersebut memiliki iklim tropis, maka pohon buah tin yang dapat ditanam merupakan pohon tin yang sesuai dengan varietasnya.

Begitu juga dengan pohon tin yang memiliki empat musim, tentu saja sebuah pohon buah tin memerlukan perawatan yang khusus.

Selain bisa dikembangkan secara generatif atau biasanya dikembangkan dengan cara menggunakan bijinya. Ternyata tanaman buah tin ini bisa dikembangbiakkan dengan cara yang vegetatif, misalnya melalui metode pencangkokan dan bisa juga melalui stek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *