Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Alamanda

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Alamanda – Bunga alamanda atau berbentuk bunga yang seperti terompet merupakan sebuah tanaman yang termasuk pada tanaman hias.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Alamanda
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Alamanda

Biasanya tanamn ini disebut sebagai bunga buttercup dan adapun yang menyebutnya sebagai bunga seperti lonceng yang berwarna kuning.

Pada saat ini kami akan menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda. Untuk pembahasan yang pertama kita akan masuk pada pembahasan yang mengenai klasifikasinya terlebih dahulu. Berikut ini pembasahannya.

Klasifikasi Tanaman Bunga Alamanda

Klasifikasi dari tanaman bunga alamanda terlihat cukup unik dan bervariatif. Dimana klasifikasi yang akan dibahas akan menjadi sebagai berikut.

  • Klasifikasi – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Asteridae
  • Ordo – Gentianales
  • Famili – Apocynaceae
  • Genus – Allamanda
  • Spesies – Allamanda Cathartica L.

Morfologi Tanaman Bunga Alamanda

Morfologi yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda ini terdiri dari akar serta batang, daun dan bunga, buah dan biji. Untuk penjelasan yang lebih lengkap dari morfologinya, maka anda dapat menyimak pada ulasan yang sudah tersedia seperti yang ada dibawah ini.

1. Akar Tanaman Bunga Alamanda

Dapat dikatakan akar dari tanaman bunga alamanda ini terlihat cukup unik, dimana akar yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda bisa mencapai ketinggian 3 hingga sampai dengan 8 meter.

Akarnya pun termasuk pada salah satu tanaman yang memiliki sistem perakaran yang tunggang. Selain itu, tamanan bunga alamanda ini juga memiliki akar yang bertumbuh secara perdu.

Tahukah anda kalau tanaman akar ini mengandung getah? Ya, inilah yang membuat tanaman bunga alamanda memiliki keunikan yang tersendiri dan berbeda dengan beberapa jenis tanaman yang lainnya.

Meskipun begitu, tetap saja akar dari tanaman alamanda ini akan menampilkan warna yang berupa coklat kotor dan sama dengan jenis tanaman pada umumnya.

2. Batang Tanaman Bunga Alamanda

Tanaman bunga alamanda merupakan suatu tanaman yang berbentuk silindris dan disertai dengan batang yang berkayu. Batang yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda ini sangat berbeda dengan jenis batang dari tanaman yang lainnya.

Dalam hal ini, batang dari tanaman bunga alamanda tersedia percabangan yang monodial dan permukaan yang terlihat seperti berbuku-buku.

Nah, disetiap buku yang berada di bagian daun yang melingkar terdiri atas 4 hingga sampai dengan 5 helai daun.

Pada umumnya, batang yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda ini terdapat berbagai macam varian warna yang berbeda.

Warna-warnanya terdiri dari warna hijau, ungu dan adapun warna seperti putih yang agak kehijauan. Batang tanaman bunga alamanda ini juga bergetah.

3. Daun Tanaman Bunga Alamanda

Daun yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda merupakan daun yang tunggal dan terlihat seperti bulat telur atau lonjong bentuknya.

Berkarang dan berbilangan yang sekitaran 3 hingga sampai dengan 4 serta tersusun secara berhadapan atau Folia Oposita.

Tentu saja daun yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda ini memiliki morfologi yang cukup berbeda dengan beberapa tanaman lainnya.

Nah, di tanaman bunga alamanda ini teradapat daun yang memiliki diameter dengan ukuran panjang yang bisa mencapai 5 hingga sampai dengan 15 cm.

Untuk lebar daun yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda ini biasanya kisaran 2,5 sampai 5 cm. Tepi daunnya terlihat rata dan melipat kebawah serta dibagian pangkal ataupun ujungnya seperti daun yang meruncing. Warna daunnya, yakni warna hijau seperti daun pada umumnya.

4. Bunga Tanaman Bunga Alamanda

Untuk bunganya berbentuk tandan dan termasuk pada bunga yang majemuk. Selain itu, dibagian bunga tanaman ini berkelamin dua dan terdapat di bagian ujung ketiak daun.

Tangkainya akan membentuk seperti silindris dan pendek dengan warna yang hijau. Terlihat unik dan menarik tanaman bunga alamanda ini, bahkan berbeda bunganya dengan yang lainnya.

Kelopak bunga berbentuk seperti lanset dan permukaan yang terlihat halus dengan warna yang hijau. Sedangkan, benang sari yang tertancap dibagian mahkotanya berwarnang kuning. Mahkotanya berbentuk seperti corong yang berupa terompet.

Mahkota yang berselang-seling di lekukan dengan bentuk tangkai putik yang bersilindris dan kepala putikĀ  yang bercangap dua.

5. Buah dan Biji Tanaman Alamanda

Morfologi yang terakhit dari tanaman bunga alamanda ini bisa dilihat dari segi buah dan biji yang dimilikinya. Umumnya, pada tanaman bunga alamanda terdapat bentuk buah yang cukup unik dan menarik.

Hal ini dikarenakan buah yang dimilikinya berbentuk kotak atau bisa diartikan sebagai buah dengan bentuk capsula serta berkatup dua, dan bentuk bulat seperti telur.

Yang membuat tanaman bunga alamanda ini menjadi buah yang unik adalah buahnya memiliki rambut pada bagian kulit permukaannya.

Dimana buahnya juga berdiameter yang berkisaran 1,5 cm. Buah yang dimiliki oleh tanaman bunga alamanda ini terdapat biji yang berbentuk segitiga. Untuk warnanya seperti hijau apabila masih mudah, dan jika sudah tua akan terlihat warna yang hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *