Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Pandan

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Pandan – Pandan wangi ataupun yang biasa disebut dengan pandan saja merupakan sebuah tanaman yang bisa tumbuh di daerah yang beriklim tropis.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Pandan
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Pandan

Tanaman ini juga sering ditanam di sebuah pekarangan rumah ataupun kebun. Terkadang, daun pandan ini juga tumbuh liar di tepi sungai, atau tepi rawa, dan juga tempat yang agak sedikit lembab.

Tanaman ini merupakan jenis monokotil dari famili Pandanaceae. Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah pantai sampai dengan daerah yang ketinggiannya mencapai sekitar 500 m di atas permukaan laut.

Daun pandan ini merupakan bagian yang cukup penting bagi kuliner yang ada  di Indonesia dan biasanya akan sering digunakan sebagai sebuah pewangi makanan. Berikut ini ada beberapa rincian klasifikasi dan morfologi daun pandan, yaitu :

Klasifikasi Tanaman Pandan

  • KINGDOM : Plantae
  • SUB KINGDOM : Viridiplantae
  • INFRA KINGDOM : Streptophyta
  • SUPER DIVISI : Embryophyta
  • DIVISI : Tracheophyta
  • SUB DIVISI : Spermatophytina
  • KELAS : Magnoliopsida
  • SUPER ORDO : Lilianae
  • ORDO : Pandanales
  • FAMILI : Pandanaceae
  • GENUS : Pandanus L. f.
  • SPESIES : Pandanus amaryllifolius

Morfologi Batang Pandan Wangi

Tanaman daun pandan merupakan tanaman yang berupa perdu yang rendah dan tingginya hanya sekitar 2 meter. Batang tanaman ini menjalar, berbentuk bulat dengan memiliki bekas duduk daun. Tanaman ini juga bercabang dan pada bagian pangkal batang nantinya akan muncul berupa akar.

Tetapi, teradang untuk akar keluar dari bagian batang yang terlihat lebih tinggi, bahkan dari berbagai cabangnya. Akar dari tanaman pandan ini besar dan memiliki akar tunggang yang bisa menopang tanaman bila nanti sudah cukup besar.

1. Morfologi Daun Pandan Wangi

Daun tanaman ini memanjang seperti halnya daun palem dan terlihat tersusun secara roset yang rapat. Daun pandan ini merupakan daun tunggal, duduk seperti memeluk batang, bentuknya yang sempit serta memanjang.

Daunnya seperti pita, pada ujungnya meruncing dengan bagia tepi berduri kecil-kecil tajam. Terkadang duri-duri tersebut terdapat pada bagian sisi punggung ibu tulangnya. Daunnya terlihat tersusun dalam sebuah garis spiral yang biasanya ada berjumlah 3.

Tulang daun untuk pandan ini sejajar, panjang daun kira-kira swkitar 40 – 80 cm dengan lebar sekitar 3 – 5 cm dan mempunyai warna hijau kekuningan.

Bagian tepi daun pandan ini merata, tetapi ada juga beberapa varietas yang mempunyau bagian tepi daun yang bergerigi. Jika Anda remas maka daun ini beraroma sangat wangi.

2. Morfologi Bunga Pandan Wangi

Bunga tanaman daun pandan merupakan bunga majemuk, terlihat berbentuk bongkol, dan mempunyai warna putih. Bunga pandan ini diketahui berkelamin tunggal dan biasanya terletak di bagian ujung batang ataupun dalam ketiak berbagai daun pelindung yang ukurannya besar dan sering kali juga berwarna.

Bunga jantan memiliki ataupun tidak putik yang rudimenter, memiliki banyak sekali benang sari yang terdapat di sumbu bunga pendek ataupun panjang.

Tangkai sari bebas terlihat berlekatan, kepala sari terlihat tegak terdiri atas 2 ruang sari dan bunga betina tanpa memiliki benang sari, mandul atau jikapun ada pasti akan berukuran kecil dengan posisi yang terlihat hipogin.

3. Morfologi Buah Pandan

Buah daun pandan ini merupakan buah batu yang terlihat menggantung, berbentuk seperti bola dengan diameter sekitar 4 – 7,5 cm.

Dinding buah terlihat berambut dan mempunyai warna jingga. Bakal buah daun pandan ini menumpang, beruang satu, bebas ataupun berlekatan langsung dengan bakal buah yang ada di dekatnya.

Membentuk berbagai kelompok bakal buah dengan kondisi kepala putik yang telah menjadi satu. Biji daun pandan ini kecil, mempunyai sebuah endosperm berdaging dan juga lembaga yang kecil.

Manfaat Tanaman Daun Pandan

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat dari daun pandan yang pertama yaitu kemampuannya untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa ekstrak dari daun pandan ini mampu untukmenurunkan kadar gula darah postprandial.

Tak hanya itu, untuk ekstrak dari daun pandan ini juga mampu untuk meningkatkan produksi dari insulin yang ada pada sel pankreas. Hal tersebut tentu saja akan mencegah datangnya penyakit diabetes.

  • Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat lainnya dari tanaman daun pandan ini yaitu meningkatkan nafsu makan. Dengan menambahkan sedikit aroma pandan pada sebuah makanan, maka hal itu bisa merangsang nafsu makan dan juga rasa lapar. Pada akhirnya, daun pandan ini juga mempunyai khasiat khusus yang bisa meningkatkan nafsu makan.

  • Menetralisir Racun di Dalam Tubuh

Caranya, disini Anda bisa membuat semacam teh yang dibuat dari daun pandan sebagai sebuah pertolongan pertama. Kandungan dari daun pandan ini sangat dipercaya mampu untuk mendetoksifikasi racun yang terdapat pada tubuh khususnya di organ hati. Hal ini akan membantu untuk mengeluarkan racun dan juga zat tidak sehat dari hati ataupun tubuh Anda.

Inilah klasifikasi dan morfologi tanaman daun pandan serta beberapa manfaat yang dimilikinya. Tanaman pandan ini cukup mudah untuk ditanam. Tidak ada salahnya Anda menanam tanaman ini karena manfaatnya sangat baik buat tubuh.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Daun Pandan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *