Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gamal

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gamal? Tanaman Gamal merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, tidak heran karena memang tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali kegunaan yang bisa dimanfaatkan, contohnya seperti batangnya yang dapat digunakan sebagai kayu bakar, arang, hingga alat pertanian.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gamal
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gamal

Tanaman yang satu ini berasal dari amerika tengah, disana tanaman ini digunakan sebagai pelindung untuk tanaman cokelat, sekitar tahun 1900-an tanaman ini masuk ke Indonesia lewat perkebunan teh yang dikelola oleh pemerintah Belanda.

Selain itu tanaman ini memiliki adaptasi yang sangat baik sehingga dapat tumbuh dengan mudah.

Tidak heran bila saat ini tanaman Gamal banyak dibudidayakan karena termasuk tanaman yang rewel, atau tidak mudah terkena serangan hama.

Meskipun masih mungkin terserang oleh beberapa hama seperti kutu, namun kerusakan yang timbulkannya tergolong kecil.

Klasifikasi Tanaman Gamal

Seperti yang tekah disebutkan diatas bahwa tanaman ini berasal dari benua Amerika, dimana pada mulanya bangsa Eropa membawa tanaman tersebut ke benua Asia untuk dikembangkan, dinegara asalnya tanaman Gamal difungsikan untuk melindungi tanaman coklat dari berbagai gangguan.

Kemudia masuk ke Indonesia lewat perkebunan teh yang dikelola pemerintah belanda, karena tertarik untuk menggunakannya karena bisa melindungi tanaman lain dari berbagai macam gangguan seperti hama, untuk klasifikasi lebih rincinya akan dijabarkan sebagi berikut ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophytha
  • Divisi : Tracheophytha
  • Sub Divisi : Spermathopyhtina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Rosanae
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Genus : Gliricidia Kunt
  • Spesies : Gliricidia sepium Kunt

Morfologi Tanaman Gamal

Untuk mengetahui ciri dan morfologi tanaman gamal silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Morfologi Batang Gamal

Batang pada tanaman Gamal ini bervariasi ada yang tunggal dan ada yang bercabang, namun jarang ditemukan yang menyemak, tingginya sendiri bervariasi bisa mencapai 2 sampai 15 meter dengan diameter batang 5 sampai 30 Cm.

Kulit batang luarnya memiliki warna coklat keabu-abuan dengan variasi alur alur kecil pada batang ya g sudah berumur, selain itu batang nya memiliki bercak putih.

2. Morfologi Daun Gamal

Sedangkan untuk daun pada tanaman Gamal agak menyirip dengan bentuk daunnya yang oval, satu daun dengan daun yang lain saling berhadap hadapan dengan panjang 4 sampai 17 cm, selain itu juga daunnya runcing dan sangat jarang ditemukan yang berbentuk bulat.

Panjang daunnya sendiri bervariasi dari 9 – 19 cm, dimana semakin kedepan daunnya semakin mengerucut tajam, daunnya sendiri Berjumlah 7 sampai dengan 17 helai dengan bentuk jorong yang saling berhadapan, bewarna hijau serta keputihan pada bagian bawah daunnya.

3. Morfologi Bunga Gamal

Morfologi yang selanjutnya yaitu bunga pada tanaman Gamal, dimana bunga ini cenderung bewarna merah mudah hingga kemerahan, dan biasanya terdapat titik kuning yang tersebar pada area kelopaknya.

Susunan bunganya tegak, dimana bunganya membentuk sebuah kelompok pada tangkai muda maupun tua, kelopak bunganya berbentuk bulat dan hampir berdiri tegak dengan ukuran 15 – 20 mm dan lebar 4 – 7 mm.

Karangan bunga pada tanaman Gamal ini berupa malai yang berisikan 25 – 50 kuntum dengan panjang kurang lebih 5 – 12 cm, sedangkan mahkota bunganya memiliki warna putih keunguan dengan 10 helai benang sari, biasanya akan mulai tumbuh di penghujung musim kemarau.

4. Morfologi Buah Gamal

Sedangkan untuk buah dari tanaman Gamal sendiri merupakan polong bewarna hijau dan kuning kecoklatan saat memasuki tua, pada buahnya terdapat 3 sampai 8 biji, memiliki bentuk pipih yang memanjang, bewarna hijau saat muda, serta kuning dan coklat pada saat tua, selain itu ujungnya memilki sedikit warna hitam saat tua.

Budidaya Tanaman Gamal

Sebenarnya ada beberapa cara untuk pengembangbiakan tanaman yang satu ini, pertama dengan penyebaran biji dan kedua dengan cara stek.

Stek batang merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan dalam membudidayakan tanaman yang satu ini.

Sedikit tips bila anda hendak melakukan cara yang satu ini akan lebih bagus bila menggunakan batang bawah yang berusia di atas 2 tahun dengan diameter batang 4 cm serta panjang 40 sampai 1,5 m.

Selain itu juga kamu harus memperhatikan jarak tanamnya, kurang lebih diberi jarak sekitar 40 – 50 cm tergantung dari kebutuhan anda.

Perlu diketahui juga bahwa dengan penanaman stek ini, biasanya Gamal akan tumbuh lebih cepat, penanaman yang tepat dapat mendapatkan hasil 90% dari Gamal tersebut, biasanya penanaman ini dilakukan di penghujung musim hujan.

Mungkin itu saja untuk ulasan kali ini mengenai tanaman Gamal, dimana Gamal ini banyak dibudidayakan oleh para peternak kebun untuk melindungi tanaman mereka yang lain seperti tanaman cokelat hingga kebun teh dari gangguan hama dan lainnya, itu saja semoga bermanfaat terimakasih.

Demikianlah penjelasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gamal. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *