Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ginseng

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ginseng – Tanaman ini sudah lama sekali terkanal karena khasiatnya yang luar biasa. Gingseng sendiri tumbuh di wilayah belahan bumi sebelah utara, terutama di Siberia, Machuria, Korea, dan Amerika Serikat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ginseng
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ginseng

Gingseng digunakan untuk pengobatan tradisional. Akar dari tanaman ini mampu memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah serta membantu pemulihan berbagai penyakit.

Biasanya akar dari tanaman gingseng yang terkenal memiliki banyak manfaat ini dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman seperti teh. Minuman teh gingseng biasanya dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, dan masih banyak lagi.

Berbagai manfaat bisa didapatkan dari tanaman ini, yang pertama adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif. Penelitian yang dipublikasikan oleh The Cochrane Library menunjukan bahwa gingseng memiliki manfaat terhadap kognitif, perilaku dan kualitas hidup.

Kandungan antioksidan dalam gingseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel otak, sehingga gingseng juga dapat mencegah demensia, alzhemeir, dan gangguan kognitif lainnya.

Manfaat yang kedua dari gingseng adalah meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki efek antiperadangan yang diproduksi dari senyawa ginsenoside.

Manfaat selanjutnya dari tanaman gingseng adalah dapat mengurangi stress yang dialami seseorang. Gingseng sendiri diketahui dapat memengaruhi system saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolism dan meningkatkan energi yang tersedia didalam tubuh seseorang.

Adaptogen adalah senyawa yang terkandung dalam gingseng dan memiliki peranan penting terhadap pengurangan stress yang dialami seseorang yang mana akan berakibat baik pada suasana hati seseorang.

Manfaat yang keempat dari tanaman gingsen adalah mampu mengontrol diabetes. Penelitian dalam American Journal of Chinese Medicine tahun 2005 menunjukan bahwa gingseng (baik jenis Amerika maupun Asia), termasuk akar, buah, dan daun dapat mengobati diabetes.

Manfaat kelima dari tanaman gingseng adalah mencegah kanker. Tanaman ini mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

Manfaat terakhir yang diketahui dari tanaman gingseng adalah mampu mencegah penuaan dini karena memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi sel – sel sehat yang ada dalam tubuh dari serangan radikal bebas.

Begitu banyak mafaat yang bisa kita gunakan ketika mengonsumsi gingseng, maka dari itu tidak ada salahnya jika kita memahami dan mengetahui klasifikasi serta morfologi dari tanaman ajaib ini, berikut ulasannya.

Klasifikasi Tanaman Gingseng

Klasifikasi tanaman gingseng dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Asteranae
  • Ordo : Apiales
  • Famili : Araliaceae
  • Genus : Panax L
  • Spesies : Panax Gingseng C.A. Mey.

Morfologi Tanaman Gingseng

Setelah kita mengetahui klasifikasi dari tanaman gingseng, maka kita harusnya juga memahami ciri morfologi apa saja yang dimiliki oleh tanaman gingseng tersebut, maka dari itu berikut adalah penjabarannya:

1. Akar

Akar gingseng bentuknya gembung dan menyerupai boneka, dan telah diketahui bahwa akar dari tanaman ini berukuran panjang sekitar 5 sampai 10 cm. Akar tanaman gingseng diketahui berwarna coklat kotor dan juga mampu menembus tanah hingga kedalaman 30 sampai 60 cm.

Fungsi dari akar tanaman ini adalah untuk menyimpan cadangan makanan serta bahan aktif lainnya.

Akar gingseng pada saat yang bersamaan adalah perpaduan antara rasa manis dan juga pahit, maka dari itu sering digunakan untuk pengobatan tradisional yang dicampur kedalam minuman seperti teh.

2. Batang

Tanaman gingseng ini mampu tumbuh hingga 70 sampai 80 cm, dimana batangnya berbentuk bulat, bercabang dibagian bawah, mengeras pada pangkalnya dan berwarna merah keunguan.

Pertumbuhan tanaman gingseng sangatlah lambat, karena pada umur lima tahun, tanaman ini baru mulai memiliki cabang dan berbatang dua. Cabang – cabang yang muncul tersebut akan muncul dari tanah.

3. Daun

Daun tanaman gingseng sendiri adalah daun tunggal dan berbentuk bulat oval. Tepi pada daunnya bergerigi dan atau merata serta memiliki pertulangan daun yang menyirip.

Daun tanaman gingseng berwarna hijau gelap dan disetiap tangkainya terdiri dari lima daun muda.

4. Bunga

Bunga gingseng merupakan bunga majemuk yang berbentuk malai dan muncul di ujung pangkal daun. Mahkota berlekuk lima, berbentuk bulat oval dengan panjang 3 sampai 4 mm. Benang sari berjumlah lima sampai lima belas dan tangkainya bercabang serta berwarna merah keungunan.

Buah

Buah tanaman gingseng berbentuk bulat telur, berwarna kecoklatan dan kekuningan dengan diameter 3 sampai 4 cm bahkan lebih. Dalam satu buah tanaman ginseng terdapat banyak biji dengan bentuk pipih, kecil dan berwarna kehitaman

Nah mungkin sekian dulu artikel terkait dengan klasifikasi dan morfologi dari tanaman gingseng, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Ginseng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *