Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Bougenville

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Bougenville – Tanaman hias yang juga populer di Indonesia adalah tanaman bougenville. Bahkan saking indahnya, tanaman ini mulai dibudidayakan di seluruh nusantara.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Bougenville
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Bougenville

Tak hanya itu, hampir di pinggir-pinggir jalan besar ada tanaman ini. Karena tanaman ini tidak terlalu tinggi, tentu tidak layak dijadikan sebagai alat bernaung. Akan tetapi ternyata tanaman ini dijadikan sebagai sarana memperindah jalanan.

Nah pada artikel berikut akan dijelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bougenville. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Klasifikasi Tanaman Bougenville

Tanaman bougenville kadang disebut juga sebagai tanaman bunga kertas. Penyebutan ini disebabkan oleh bunga dari tanaman ini yang memang sangat indah. Tak hanya itu bunga ini juga memiliki seludang yang sangat cantik. Karena memiliki ketebalan yang minim layaknya seperti kertas.

Karena itu jika dilihat dari kejauhan tanaman bougenville atau bunga kertas terlihat sangat menarik. Apalagi jika di stik menggabungkan antar bunga, maka tanaman ini terlihat seperti kumpulan bunga puspa rupa dan warna.

Tanaman bougenvil memiliki nama Latin bouganvillea glabra choisi. Sedangkan kingdom-nya adalah plantae dengan jenis subkingdom viridi plantae. Tanaman ini memiliki infra kingdom streptophyta dengan super divisi bryophyta.

Bentuk kelasnya adalah magnoliopsida yang memiliki karakter ordo karyopylales. Tanaman bougenville termasuk kedalam famili nyctaginaceae. Sedangkan genusnya ialah bougenvillea comm.

Morfologi Tanaman Bougenville

Tanaman bougenville atau bunga kertas juga memiliki ciri-ciri khusus. Ini dia ciri-ciri yang dimaksud yang kami ulas secara rinci dan menyeluruh:

1. Morfologi Akar

Tanaman bougenville atau bunga kertas memiliki akar tunggang. Yang mana tumbuhnya cukup unik karena berbentuk vertikal.

Tak hanya itu ada beberapa akar yang tumbuh melebar. Kedalamannya tidak terlalu signifikan karena berkisar hanya 80 cm saja.

Akar tanaman inilah yang sejatinya menjadi faktor penentu tumbuhnya tanaman. Untunglah kemampuannya yang tinggi dalam menyerap nutrisi dan hara tanah membuat tanaman bunga kertas mudah tumbuh dengan subur.

2. Morfologi Batang

Tanaman bougenvil memiliki batang jenis perdu berpostur tegak. Biasanya batang ini akan tumbuh lurus dengan panjang 2 sampai 4 meter.

Batang tanaman bunga kertas jenis berkayu. Sedangkan di bagian buku-bukunya terkadang tersimpan duri-duri dengan ukuran kecil.

Untuk bentuk batang sebagian besar berbentuk bulat dan kaku. Sedangkan warnanya adalah coklat tua baik batang yang sudah tua maupun yang masih muda.

3. Morfologi Daun

Tanaman bougenville memiliki daun dengan bentuk yang unik. Pada dasarnya ada tiga bentuk daun pada tanaman ini yaitu berbentuk melebar, memanjang dan semi bulat.

Apapun bentuk daunnya hampir semuanya memiliki tepian yang rata. Sedangkan pertulangan daun menyirip dengan jumlah tulang ada yang satu bahkan ada yang lima tulang.

Pada tanaman bunga kertas atau bougenville juga ada daun yang disebut daun pelindung duduk. Biasanya ukurannya tidak sampai 4 cm dengan bentuk bulat telur.

Daun-daun ini bergerombol membuat satu kerimbunan. Sedangkan warna daun yang paling dominan adalah hijau gelap.

4. Morfologi Bunga

Yang perlu dijelaskan berikutnya dari tanaman bougenville adalah morfologi bunga nya. Karena unsur tanaman inilah yang sejatinya membuat tanaman ini layak disebut sebagai tanaman hias yang cantik.

Bunga tanaman bougenville tergolong bunga yang tidak lengkap. Pasalnya hanya ada beberapa unsur pembentuk di dalamnya seperti tenda bunga, kepala putik, tangkai putik, benang sari dan tangkai sari saja.

Bunga tanaman bougenville tumbuh pada area ketiak daun. Maka dari itu sebagian besar bunga tergolong majemuk yang jika dilihat secara detil terlihat seperti susunan payung.

Bunga pada tanaman ini memiliki susunan anak payung lengkap dengan tangkainya. Bahkan dalam satu kerumunan ada yang berisi 7 anak payung yang dalam satu anak payungnya terdapat tiga bunga.

Bunga-bunga semacam ini berkumpul menjadi satu yang disebut dengan malay. Malai inilah yang sejatinya membuat tanaman bougenville ini begitu indah jika dilihat dari jauh.

Tanaman bunga kertas juga memiliki tenda bunga yang berbentuk seperti tabung segi lima. Biasanya unsur terkecil dari bunga ini memiliki rambut yang berwarna hijau. Untuk panjangnya hanya 1 sampai 2 cm saja.

Untuk tangkai bunga bougenville terdapat putik bunga yang ukurannya lebih pendek. Yang unik postur kepala putik nya tidak tegak melainkan miring dan condong,

5. Morfologi Buah

Tanaman bougenville memiliki buah jenis buni. Biasanya jika buah sudah matang maka warnanya mulai menghitam dan mengkilat.

Buah tanaman ini memiliki diameter 1 cm. Jika dibelah akan terdapat dua biji yang tidak disertai dengan lakukan. Namun di varietas lain ada yang hanya berbiji satu.

Itulah penjelasan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bougenvill yang perlu diketahui. Sebuah penjelasan terkait dengan taksonomi tanaman yang berisi tentang ciri-ciri serta klasifikasinya yang lengkap.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Kertas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *