Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak – Bagi anda yang pencinta tanaman mungkin anda sudaj tidak asing lagi dengan tanaman jarak.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak

Akan tetapi jika anda adalah orang yang masih pemula atau belum mengetahui tentang apa itu tanaman jarak, maka disini kami akan menjelaskannya.

Tanaman jarak adalah sebuah tanaman yang bisa bertumbuh di berbagai wilayah, dimana tanaman jarak ini termasuk salah satu tanaman liar.

Tanaman jarak ini mampu menghasilkan minyak yang diolah untuk untuk bahan bakar atau pengganti dari minyak bumi. Nah untuk kesempatan yang indah ini, kami disini akan membahas tentang klasifikasi beserta dengan morfologi yang dimiliki oleh tanaman jarak.

Apa saja yang menjadi klasifikasi dan morfologi dari tanaman jarak ini? Langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Jarak

Hal yang pertama disini kami akan membahas tentang klasifikasi dari tanaman jarak. Umumnya klasifikasi dari tanaman jarak ini sangat unik dan menarik.

Nah seperti klasifikasi tanaman jarak ini? Anda bisa menyimpan pada pembahasan yang telah disusun oleh kami seperti yang ada dibawah ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub Kelas : Rosidae
  • Ordo : Malpighiales
  • Famili : Euphorbiaceae
  • Genus : Jatropha L.
  • Spesies : Jatropha Curcas L.

Morfologi Tanaman Jarak

Setelah anda menyimak tentang klasifikasi dari tanaman jarak, maka selanjutnya anda akan membaca morfologi dari tanaman jarak ini yang meliputi daun, bunga, batang, buah hingga biji. Tunggu apalagi langsung saja disimak ulasan yang sudah ditulis oleh kami, berikut ulasannya.

1. Daun

Tanaman jarak merupakan salah satu tanaman yang berjenis perdu dengan tinggi yang mencapai sekitar 1 hingga 7 meter. Morfologi daun dari tanaman jarak ini memiliki bentuk daun yang berlekuk serta bersudut tiga atau lima.

Secara umum daun tanaman jarak ini cukup lebar dan bulat yang berupa telur dan panjangnya bisa perkirakan mencapai sekitar 5 sampai 15 cm.

Perlu diketahui kalau tulang daunnya tanaman jarak ini menjari, serta daunnya dihubungkan pada tangkai daun dengan ukuran yang mencapai sekitar 4 hingga 15 cm.

2. Bunga

Bunga dari tanaman jarak ini memiliki bentuk yang malai dan menjadi salah satu Bungan yang majemuk. Bunga tanaman jarak ini berwarna kuning yang kehijauan dan berkelamin tunggal serta berumah satu atau biasanya disebut sebagai putik dan benang sari yang ada pada satu tanaman. Pada bunganya terdiri atas 5 kelopak dengan bentuk yang bulat oval dan memiliki panjang yang kurang lebih dari 4 mm.

Pada umumnya benang sari dari bunga tanaman jarak ini berada pada pangkal dengan warna yang kuning. Tangkai putik memiliki ukuran yang pendek dan disertai dengan warna yang hijau serta kepala putik terlihat melengkung keluar dengan warna yang kuning juga.

Bunga dari tanaman jarak ini memiliki memiliki 5 mahkota dengan dukungan warna yang keunguan. Pada tiap tanda terdapat kurang lebih 15 bunga dan proporsi dari bunga betina bisa mencapai 4 sampai 5 kali lipat jika dibandingkan dengan bunga jantan.

Bunga betina maupun bunga jantan tersusun pada rangkaian yang telah terbentuk cawan dan bertumbuh di ketiak daun atau ujung batang.

Tanaman jarak memiliki bunga yang berjenis uniseksual dan termasuk pada golongan tanaman yang monoecious. Akan tetapi seringkali muncul bunga hermaprodit dan memiliki warna yang hijau kekuningan.

3. Batang

Batang yang dimiliki oleh tanaman jarak ini memiliki bentuk yang berupa silindris. Jika batang ini terluka maka ini akan menimbulkan  getah.

Perlu diketahui kalau batang ini memiliki fungsi sebagai sistem percabangan untuk mendukung perluasan pada bidang fotosintesis. Hal ini merupakan suatu tranportasi utama udara, air dan bahan organik yang sebagai fotosintat serta unsur hara.

4. Buah

Morfologi dari buah jarak ini memiliki bentuk yang berupa bulat telur dan berdiameter yang berkisar 2 hingga 4 cm. Diperkirakan panjang dari buah tanaman jarak ini mencapai 2 cm dan lebarnya bisa mencapai 1 cm.

Umumnya buah tanaman jarak ini mempunyai dua warna yang sesuai dengan pertumbuhannya. Jika buah jarak ini masih mudah maka warnanya akan terlihat hijau, sementara buah jarak yang sudah matang memiliki warna yang kecoklatan sampai kehitaman.

Anda harus tahu kalau buah jarak ini memiliki 3 ruang dan masing-masing ruang terdapat 1 biji, dan hal ini berarti tiap buah jarak memiliki 3 biji.

5. Biji

Biji yang dimiliki oleh tanaman jarak ini memiliki bentuk yang oval lonjong dan disertai dengan warna coklat agak kehitaman. Untuk ukuran dari biji tanaman jarak ini terdapat ukuran panjang yang mencapai 2 cm dengan ketebalan bisa mencapai 1 cm dan disertai oleh berat yang berkisar 0,4 hingga mencapai 0,6 gram disetiap bijinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *