Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hitam

Diposting pada

Tanaman kacang hitam merupakan jenis kacang-kacangan yang tidak kalah menarik dengan jenis tanaman kacang lainnya.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hitam
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kacang Hitam

Secara umum, tanaman kacang hitam ini termasuk pada jenis tanaman yang memiliki tipe ataupun kebiasaan yang berbeda pada pertumbuhannya. Dalam artinya, tanaman kacang hitam ini mampu bersaing dengan jenis tanaman lainnya.

Pada tanaman kacang hitam ini terdapat berbagai jenis spesies, dimana setiap namanya memiliki nama yang berbeda. Jika kita lihat pada klasifikasinya, tanaman kacang hitam ini memilik famili yang Papilionoidae dan termasuk pada ordo yang Rosales.

Nah, untuk pembahasan yang lengkap tentang klasifikasi beserta dengan morfologinya, maka simak saja pembahasan berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Kacang Hitam

Untuk klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam ini anda bisa lihat pada pembahasan yang ada dibawah ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Divisi – Spermatophyta
  • Sub Divisi – Angiospermae
  • Kelas – Dicotyledonae
  • Ordo – Rosales
  • Super Ordo – Leguminosae
  • Famili – Papilionoideae
  • Genus – Phaseolus
  • Spesies – Phaseolus vulgaris L.

Morfologi Tanaman Kacang Hitam

Bagi anda yang sudah mengetahui klasifikasi dari tanaman kacang hitam ini, maka selanjutnya kami disini akan menguraikan pembahasan tentang morfologinya. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Akar Tanaman Kacang Hitam

Tanaman kacang hitam merupakan salah satu jenis tanaman yang unik dan menarik. Mungkin anda akan merasa aneh jika anda mengetahui morfologi dari akar yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam.

Pada umumnya, tanaman kacang hitam ini termasuk pada jenis akar yang tunggang. Dan, akar tunggang dari tanaman kacang hitam ini memiliki serabut.

Nah, yang membuat akar tanaman kacang hitam ini unik dan berbeda dengan jenis tanaman lainnya adalah akar dari tanaman kacang hitam ini tidak akan tahan terhadap air yang berlebihan.

Jadi, jika anda ingin pertumbuhan tanaman kacang hitam menjadi lebih baik. Maka, akan menjadi lebih baik jika anda selalu memperhatikan kandungan air dari tanaman kacang hitam ini.

2. Batang Tanaman Kacang Hitam

Sama halnya dengan akar yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam ini, dimana tanaman kacang hitam memiliki batang yang sangat unik dan menarik untuk anda.

Biasanya, tanaman kacang hitam ini dapat bertumbuh dengan baik dan berdiri tegak keatas apabila tahap pertumbuhannya dilakukan dengan baik.

Batang tanaman kacang hitam ini memiliki bentuk yang bulat, dan terdapat bulu-bulu halus pada batang yang dimilikinya.

Namun, tanaman kacang hitam ini memiliki batang yang masih lunak dan tidak keras. Tapi, batangnya juga termasuk pada batang yang kuat dan memiliki sistem percabangan yang secara menyebar merata. Hal ini akan menciptakan  rimbun tanaman kacang hitam.

Tanaman kacang hitam ini termasuk pada jenis batang yang memiliki buku-buku dan disertai dengan warna yang unik dan menarik untuk dilihat oleh kita.

3. Daun Tanaman Kacang Hitam

Salah satu hal yang membuat tanaman kacang hitam menjadi lebih unik dan menarik adalah morfologi daun yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam.

Tanaman kacang hitam ini memiliki daun yang berbentuk bulat dan juga agak sedkit lonjong. Pada umumnya, daun yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam ini memiliki warna yang hijau muda dan juga hijau gelap.

Pada tanaman kacang hitam ini terdapat daun yang memiliki bulu-bulu halus dibagian permukaan daun yang dimilikinya.

Secara umum, tanaman kacang hitam ini memiliki tepi serta ujung daun yang berbentuk berbeda-beda. Untuki tepi daunnya akan berbentuk yang rata dan ujung daun yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam ini akan terlihat seperti meruncing.

4. Bunga Tanaman Kacang Hitam

Morfologi tanaman kacang hitam yang selanjutnya adalah bunga. Bunga tanaman kacang hitam ini termasuk pada jenis bunga yang bergolongan bunga majemuk.

Tentu saja bunga tanaman kacang hitam ini akan menampilkan morfologi yang lebih menarik. Umumnya, tanaman kacang hitam ini memiliki bunga yang berbentuk bulat dan agak sedikit memanjang.

Ukuran panjang dari bunga yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam ini bisa mencapai kurang lebih 1,5 cm. Sedangkan, untuk lebar bunganya kurang lebih mencapai 0,4 cm pada bagian tengahnya.

Bunga kacang hitam ini akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan beberapa jenis tanaman kacang-kacangan lainnya. Tanaman kacang hitam ini memiliki mahkota dan berjumlah 3 saja.

5. Buah dan Biji Kacang Hitam

Nah, pada morfologi yang terakhir adalah buah dan disertai dengan biji yang dimiliki oleh tanaman kacang hitam. Jenis tanaman kacang hitam ini memiliki buah yang berbentuk unik dan menarik.

Dimana buahnya akan terlihat seperti bulat yang memanjang atau biasanya. Pertumbuhan buahnya bisa bertumbuh dengan cara yang baik apabila buahnya memiliki sistem perkembangan biakan yang baik.

Biji tanaman kacang hitam ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis tanaman kacang lainnya. Dalam hal ini, tanaman kacang hitam ini memiliki bentuk biji yang berbentuk pipih atau biasanya hal ini disebut sebagai biji yang berbentuk secara pipih.

Pada umumnya, tanaman kacang hitam ini termasuk pada jenis tanaman yang digunakan untuk sebuah benih dalam melakukan perbanyakan dengan cara yang generatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *