Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Markisa

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Markisa – Markisa adalah salah satu tanaman yang termasuk pada famili Passifloraceae. Buah markisa yang terkenal, yaitu markisa asam atau Passiflora Edulis Sims dan sudah dibagi menjadi 2 forma, yakni forma flavicarpa dan forma edulis.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Markisa
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Markisa

Pada umumnya tanaman markisa ini memiliki berbagai manfaat yang bias didapatkan oleh kita. Dimana tanaman markisa ini mampu menghilangkan penyakit serangan asma.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Markisa

Kenapa tanaman markisa ini mampu menghilangkan penyakit serangan asma? Ini dikarenakan tanaman markisa ini memiliki vitamin C.

Nah, dengan demikian ini akan membantu untuk menghilangkan histamin yang membuat penyakit tersebut terjadi.

Selain menghilangkan serangan penyakit asma, tanaman markisa ini juga mampu membantu anda dalam menurunkan berat badan. Jadi, tak salah lagi kalau banyak orang yang mengkonsumsi buah markisa ini.

Di artikel ini anda akan mengetahui secara lengkap mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman markisa.

Ini dikarenakan pada artikel ini kami akan membahas mengenai hal tersebut, nah tanpa basa-basi langsung saja disimak pembahasannya, seperti yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Markisa

Untuk klasifikasi dari tanaman atau buah markisa ini memiliki klasifikasi yang menarik. Seperti klasifikasinya? Berikut dibawah ini yang merupakan beberapa klasifikasi dari tanaman markisa.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Malpighiales
  • Super Ordo : Rosanae
  • Famili : Passifloraceae
  • Genus : Passiflora L
  • Spesies : Passiflora Edulis Sims

Morfologi Tanaman Markisa

Morfologi dari tanaman markisa memiliki perbedaan disetiap jenis markisa yang ada. Seperti yang sudah diketahui oleh kita bersama, dimana tanaman markisa memiliki tiga jenis, yaitu markisa ungu, markisa merah dan markisa kuning. Lalu bagaimana morfologi dari tanaman markisa? Yuk kita simak bersama ulasan yang ada dibawah ini.

1. Morfologi Dari Tanaman Markisa Ungu

Passiflora Edulis F. Edulis Sims atau biasanya disebut sebagai markisa ungu merupakan salah satu markisa yang sudah termasuk pada forma edulis.

Tanaman markisa ungu memiliki ciri-ciri morfologi, seperti bentuk daun yang menjari serta ukuran yang menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan markisa kuning maupun markisa merah.

Panjang tangkai dari markisa ungu telah mencapai 2 hingga 3 cm dengan panjang daun yang berkisar 9 hingga 12 cm dan lebar sebesar 7 hingga 9 cm.

Morfologi batang dari tanaman markisa ungu memiliki ruas batang yang lebih pendek, apabila dibandingkan dengan markisa kuning dan juga markisa merah.

Panjangnya hanya mencapai 5 hingga 7 cm dengan ukuran bunganya pun menjadi lebih kecil. Warna dari pangkal bunganya, seperti warna putih keunguan dengan tiga baris pada papilla yang lebih pendek serta berujung warnanya adalah ungu.

Selain itu, tambahan mahkota bunga memiliki 2 baris luar yang bergelombang dan disertai dengan panjang yang mencapai 2 sampai 3 cm.

Buah dari markisa ungu ini terlihat warna hijau apabila buahnya masih dalam keadaan mudah yang berkulit agak tipis serta keras.

Buah markisa ini memiliki bentuk yang bulat hingga oval dan berdiameter 4 hingga 6 cm dengan berat yang mencapai 60 kg. Adapun sari buah yang berwarna kuning oranye dengan rasannya yang cukup manis-masam.

2. Morfologi Dari Tanaman Markisa Merah

Sama seperti dengan markisa ungu dimana markisa merah ini masih dalam suatu forma, yaitu edulis. Tanaman markisa merah memiliki ciri-ciri morfologi yang seperti bentuk dari daun yang menjari dan disertai dengan panjang tangkainya berkisar 3 sampai 5 cm.

Panjang daunnya adalah sekitaran 10 hingga 13 cm serta lebar yang mencapai 11 sampai 14 cm. Daun dan tangkai dari tanaman markisa ini berwarna hijau yang kecoklatan.

Panjang ruas dari batang markisa merah telah mencapai 7 sampai 10 cm. Ukuran bunga dari markisa merah mencapai 7 hingga 8 cm dan tambahan mahkota bunga yang berbentuk benang serta panjang yang berkisar 4 cm.

Pangkal bunga dari tanaman markisa ini berwarna ungu  dan juga ujung markisa merah ini berwarna putih.

Perlu diketrahui kalau markisa merah memiliki warna yang hijau apabila markisa merah dalam keadaan yang belum matang.

Markisa ini juga memiliki kesamaan dengan markisa ungu dimana markisa merah memiliki bentuk oval dengan diameter yang mencapai 6 hingga 7,5 dengan berat yang mencapai bobot 120 gram, rasa dari buahnya sendiri belum hilang.

3. Morfologi Dari Tanaman Markisa Kuning

Berbeda dengan kedua jenis yang ada diatas, dimana markisa memiliki rasa yang begitu manis dengan harga yang lebih murah serta markisa kuning masuk kedalam forma flavicarpa.

Morfologi dari daun markisa ini menjari serta panjang yang mencapai 2-4 cm serta lebar daun yang mencapai 10 hingga 13 cm dan diserta dengan lebar lebar yang mencapai 9-12 cm.

Pada umumnya daun dari markisa kuning berwarna hijau serta tangkai yang berwarna hijau agak kecoklatan. Tambahan bunga mahkota yang berbentuk benang dengan panjang yang mencapai 3,5 cm.

Rasa dari buah markisa kuning sangat enak dan nikmat, dimana rasa buahnya cukup manis keasaman serta aroma yang sama seperti jambu biji. (Baca : Klasifikasi dan Morfologi Jambu Biji)

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga melalui artikel ini anda bias mendapatkan manfaatnya… Terimakasih dan sampai ketemu di artikel yang selanjutnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *