Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rimbang

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rimbang – Tanaman rimbang ataupun takokak merupakan tanaman yang berasal dari negara Amerika Serikat. Tanaman ini juga sudah dikenal lama oleh masyarakat yang tinggal di Meksiko sampai Brasil.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rimbang
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rimbang

Sekarang ini tanaman ini sudah sangat menyebar ke seluruh daerah yang beriklim tropis yang adadi dunia. Tanaman ini juga bisa hidup sampai ketinggian dataran sekitar 2000 meter di atas permukaan laut.

Berikut ini ada beberapa rincian klasifikasi dan morfologi rimban, yaitu :

Klasifikasi Tanaman Rimbang

Nama ilmiah untuk tanaman ini atau nama latin dari rimbang yaitu Solanum torvum. Untuk klasifikasi tumbuhan rimbang yaitu sebagai berikut :

  • KINGDOM : Plantae
  • SUB KINGDOM : Viridiplantae
  • INFRA KINGDOM : Streptophyta
  • SUPER DIVISI : Embryophyta
  • DIVISI : Tracheophyta
  • SUB DIVISI : Spermatophytina
  • KELAS : Magnoliopsida
  • SUPER ORDO : Asteranae
  • ORDO : Solanales
  • FAMILI : Solanaceae
  • GENUS : Solanum L.
  • SPESIES : Solanum torvum Sw.

Morfologi Tanaman Rimbang

1. Morfologi Akar Rimbang

Sistem dari perakaran tumbuhan rimbang ini yaitu perakaran tunggang, untuk akar tunggang ini kemudian akan bercabang-cabang.

Tumbuhan rimbang merupakan tanaman pohon kecil tahunan yang bisa tumbuh dengan tinggi sampai 3  meter bahkan kadang-kadang bisa lebih.

2. Morfologi Cabang Rimbang

Batang dari tanaman rimbang ini bercabang, berambut dan juga memiliki duri yang berwarna abu-abu. Batang dari rimbang ini jelas, sehingga batang ini bisa digolongkan ke dalam tipe sebuah batang perdu.

Bentuk dan juga permukaan batang terlihat membulat. Pohon takokak juga dikenal sangat tahan terhadap penyakit yang biasanya menyerang batang.

Tumbuhan  rimbang ini biasanyatumbuh di kebun ataupun di halaman rumah. Dalam sebuah kondisi tanah yang tidak terlalu berair dan juga cukup sinar matahari.

3. Morfologi Daun Rimbang

Daun tumbuhan rimbang ini yaitu daun tunggal dan mempunyai warna hijau. Daun tumbuhan rimbang ini juga termasuk daun tidak lengkap, hal ini karena daun tersebut hanya terdiri dari tangkai daun dan juga helaian daun.

Letak dari daun rimbang ini selang-seling. Bagian dari ujung daun rimbang ini terlihat meruncing dan pangkal daun terlihat bertoreh. Bentuk dari daun rimbang ini yaitu bulat telur.

Panjang daun rimbang ini sekitar 7 sampai 20 cm dengan lebar kira-kira sekitar 4 sampai 18 cm. Daunnya terlihat bercangap dan untuk permukaannya ditutupi oleh rambut tipis yang agak cukup rapat. Tangkai daun rimbang ini berambut rapat dengan ada beberapa duri tempel.

4. Morfologi Bunga Rimbang

Bunga tanaman ini termasuk dalam bunga majemuk dan majemuknya merupakan majemuk campuran karena diketahui pada satu tangkai bunga terdapat lebih dari satu bunga.

Sepal bunga memiliki warna hijau dan berjumlah lima dan saling berlekatan. Petal ini berwarna putih, dan berjumlah 5 serta saling berlekatan. Stamen juga berjumlah sama dengan petal.

Tangkai bunga tanaman rimbang ini pendek, sering terlihat bercabang-cabang dan bunganya juga banyak. Bunga tanaman ini berbentuk seperti halnya bintang dan mempunyai warna putih dan di tengahnya warna kuning.

Mahkota dari bunga rimbang ini berwarna putih dan berjumlah 5. Sedangkan untuk kepala sari berukuran cukup besar dan tegak yang menutupi putiknya.

5. Morfologi Buah Rimbang

Buah dari tumbuhan rimbang yaitu buah buni, banyak dan juga berbentuk bulat. Buahnya terlihat berwarna hijau muda ataupun hijau, dan jika sudah matang atau tua maka buah akan berwarna kuning oranye dan licin.

Buahnya ini bisa dimakan, baik buah yang muda maupun yang sudah tua. Buah rimbang ini merupakan buah yang majemuk sejati dan juga berbiji banyak.

Biji dari rimbang ini kusam, rata, mempunyai warna kecokelatan, panjangnya sekitar 1,5 – 2 mm dan berbentuk seperti cakram.

Berikut ini ada beberapa manfaat tumbuhan rimbang yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Memperlancar Peredaran Darah

Kandungan senyawa flavonoid pada tumbuhan rimbang ini baik itu daun maupun buahnya. Hal ini akan menjadi sebuah alasan kalau tanaman herbal yang satu ini dianggap bisa untuk memperlancar aliran darah yang ada di dalam tubuh. Lancarnya peredaran darah yang ada di dalam tubuh tentu saja menjadi hal yang sangat penting.

  • Mencegah Diabetes

Mengonsumsi tanaman rimbang ini secara rutin juga sangat dipercaya bisa mengendalikan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Sehingga risiko untuk terkena penyakit diabetes bisa diminimalisir.

  • Mencegah dan Mengatasi Peradangan

PadaPada tumbuhan rimbang juga terdapat sebuah kandungan senyawa yang bernama campesterol. Campesterol merupakan senyawa yang mempunyai sifat antiinflamasi.

Apabila mengkonsumsi rimbang ini secara tepat bisa mencegah tubuh Anda dari peradangan. Tumbuhan rimbang ini bisa dijadikan obat alternatif untuk mengatasi peradangan yang sudah telanjur menyerang.

  • Mengatasi Infeksi

Tubuh yang telah mengalami infeksi, baik itu infeksi yang diakibatkan oleh jamur ataupun bakteri, maka bisa diatasi dengan cara Anda mengkonsumsi rimbang ini.

Khasiat tumbuhan rimbang ini untuk mengobati berbagai infeksi diakibatkan tanaman herbal ini sangat diperkaya oleh berbagai zat antimikroba dan juga antibakteri.

Inilah klasifikasi dan morfologi tanaman rimbang beserta dengan manfaatnya. Apabila Anda sudah mengetahui secara detail morfologi tanaman ini maka Anda bisa melanjutkan tata cara menanamnya jika Anda berminat untuk menanamnya. Banyak manfaat yang dihasilkan oleh tanaman ini.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Rimbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *