Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki – Tanaman sri rejek merupakan sebuah tanaman yang berbahasa latin adalah Aglaonema.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki ini dapat dijuluki sebagai tanaman hias, karena memiliki daya tarik yang terlihat dari keindahan daun-daun yang dimilikinya.

Bagaimana dengan klasifikasi dan morfologinya? Mungkin anda adalah orang yang beruntung jika berada disini.

Karena, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman sri rejeki. Berikut ini adalah pembahasannya.

Klasifikasi Tanaman Sri Rejeki

Klasifikasi tanaman dari sri rejeki ini akan dibahas sebagai berikut.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridiplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophytina
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Arecidae
  • Ordo – Arales
  • Super Ordo – Lilianae
  • Famili – Araceae
  • Genus – Aglaonema
  • Spesies – Aglaonema crispum

Morfologi Tanaman Sri Rejeki

Secara umum morfologinya akan dibahas mulai dari akarnya hingga pada buahnya, berikut ini pembahasannya.

1. Akar Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki merupakan salah satu tanaman yang termasuk monokotil atau sering disebut sebagai tanaman berbiji tunggal.

Pada umumnya, akar yang berasal dari tanaman sri rejeki ini mempunyai serabut akar yang akan berfungsi sebagai tempat untuk mencari dan menyerap air ataupun nutrisi yang ada di dalam tanah.

Dengan adanya penyerapan air ataupun nutrisi dari akar tanaman sri rejeki, maka kemungkinan besar tanaman sri rejeki ini dapat bertumbuh dengan sehat.

Sebenarnya, akar tanaman dari sri rejeki ini memiliki ciri khas dan keunikan yang tersendiri serta berbeda dengan tanaman yang lainnya.

Akar tanaman sri rejeki ini akan memperlihat warna yang bervariasi. Dimana, apabila tanaman sri rejeki ini masih kelihatan sehat, maka akarnya akan berwarna putih serta berair. Namun, jika tanaman sri rejeki ini kelihatan tidak sehat, maka akarnya akan berwarnya coklat dan kurus.

2. Batang Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki ini memiliki batang yang cukup unik dan menarik. Hal ini dikarenakan pada batangnya akan memperlihat varian warna yang berbeda-beda.

Dan, inilah yang membuat tanaman sri rejeki ini sangat berbeda dan lebih menarik jika dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Tanaman sri rejeki ini mempunyai batang yang cukup pendek, mungkin sangat pendek daripada tanaman yang lainnya.

Dalam hal ini, batang dari tanaman sri rejeki mempunyai diameter yang berkisaran 1 hingga sampai dengan 3 cm. Namun, seringkali beberapa tanaman sri rejeki ini memiliki diameter yang lebih dari itu.

Batang yang dimiiki oleh tanaman sri rejeki ini tersedia beberapa variasi warna yang sangat menarik.

Dikarenakan, batang yang berasal dari tanaman sri rejeki ini memiliki warna yang mulai dari warna putih serta hijau hingga merah. Batang tanaman sri rejeki berbuku-buku serta cenderung berair dan tidak berkayu.

3. Daun Tanaman Sri Rejeki

Bentuk daun yang dimiliki oleh tanaman sri rejeki ini bermacam-macam, ada yang berbentuk oval tak beraturan hingga oval yang berujung lancip dan lanset.

Daun tanaman sri rejeki ini tipi, tapi memiliki tekstur kaku. Daunnya berwarna hijau yang bercorak-corak, namun adapun daun yang berwarna merah, ini disebut sebagai Aglaonema Rotundum atau Red Aglaonema.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Aglaonema

Tangkai daunnya akan terlihat panjang apabila dibandingkan dengan permukaan luas daun. Berbagai daun yang dimilikinya akan saling bertaut dengan bentuk yang seperti sebuah pelepah.

Corak daun menampilkan warna yang indah dengan warnanya seperti abu-abu yang keperakan. Tentu saja ini menjadi salah satu daun yang unik dan menarik untuk dilihat.

4. Bunga Tanaman Sri Rejeki

Bunga yang dimiliki oleh tanaman sri rejeki ini kurang menarik apabila dibandingkan dengan beberapa tanaman pada umumnya. Serbuk sari dari bunga yang dimilikinya diposisikan dibagian atas.

Sementara putik bunganya terletak dibagian bawah yang berdekatan dengan pangkalnya. Bunga tanaman sri rejeki terbungkus pada seludang yang dengan warna yang hijau pucat.

Bunga tanaman sri rejeki ini akan terbentuk seperti keladi yang akan keluar dari ketiak daun.  Memiliki warna yang putih dan ditopang dengan batang yang memanjang.

Pada umumnya, bunga yang dimiliki oleh tanaman sri rejeki merupakan bunga yang uniseksual. Dikarenakan pada bagian bunga jantan maupun betina terdapat di dalam suatu bunga.

Penyerbukan dari tanaman sri rejeki ini adalah penyerbukan yang silang. Hal ini dikarenakan, bunga bunga betina yang berasal dari suatu tanaman akan diserbuki oleh jantan yang berasal dari bunga tanaman lainnya.

Apabila penyerbukannya sudah selesai, maka bunga terlihat seperti mengering, lalu bakal buah bisa menjadi lebih besar.

5. Buah Tanaman Sri Rejeki

Jika penyerbukannya berhasil, ini akan membuat bakal buahnya menjadi lebih besar dan kemudian buah-buah akan berbentuk lonjong, hal ini sama seperti dengan buah melinjo.

Awal mulanya buah ini akan terlihat warna hijau, dan hingga pada proses pertumbuhannya buah akan terlihat warna putih.

Lalu warnanya akan menjadi kuning, nah jika buahnya sudah matang maka warnanya akan berwarna merah. Buah tanaman sri rejeki ini cukup unik dan menarik pada saat proses pertumbuhannya.

Buah ini akan muncul dari pangkal bunga dengan bentuk yang lonjong, ukurannya bisa mencapai 1 cm seperti biji kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *