Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wijen

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wijen? Wijen meruapakan salah satu tumbuhan yang memiliki masa musiman dan juga masuk kedalam golongan famili pedaliaceace.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wijen
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wijen

Umumnya tanaman ini akan di budidayakan untuk kebutuhan minyak nabati. Wijen di olah menjadi minyak nabati akan melalui fase ektraksi.

Fase ini di lakukan dengan mengolah bijinya. Wijen tumbuh di daerah Afrika Timur yang lambat laun menyebar keseluruhpejuru dunia.

Di dalam wijen tekandung beberapa nutrisi seperti kalsium, fosfor dan nutrisi lainnya. meskipun wijen memiliki bentuk yang kecil namun siapa sangka di dalam wijen terkandung banyak nutrisi.

Dengan mengkonsumsi wijen secara teratur maka anda bisa tercukupi nutrisi di dalam tubuh. Dengan  mengkonsumsi wijen bisa menjadikan rasa sakit terhindari dan rematik yang anda miliki cepat sembuh.

Minyak wijen umumnya di gunakan untuk penyembuhan cidera pada tulang. Menggunakan minyak wijen maka pembengkakan pada tulang karena anda akan terhindarkan.

Siapa yang sering menggunakan minyak wijen untuk kulit? tentunya anda sering menggunakannya bukan. Nah, kandungan di dalam minyak wijen ini sangat baik untuk menutrisi kulit anda.

Pasalnya di dalam minyak wijen terkandung zat yang dapay membuat kulit anda semakin lembab dan tidak kering.

Jika anda saat ini sedang menderita eksim, maka minyak wijen sangat cocok untuk metode penyembuhan anda.

Gunakan minyak wijen secara rutin untuk membuat kulit anda semakin ternutrisi. Hanya cukup oleskan minyak wijen ke kulit maka kekeringan akan terhindarkan.

Selain itu,  di dalam kandungan minyak wijen terdapat zat yang mampu mematikan potagen di dalam kulit. Hal ini menyebabkan jerawat dan bekas wajah yang menghitam cepat hilang.

Kulit anda yag terkena bopeng atau bekas luka lainnya dapat hilang denan menggunakan minyak wijen. Dengan menggunakan minyak wijen sebelum tidur dan diamkan semalaman maka kulit anda jerawat anda akan hilang.

Klasifikasi Tanaman Wijen

Adapun klasifikasi tanaman wijen ini adalah sebagai berikut :

  • Kerajaan : Plantae
  • Sub kerajaan : Tracheobionta
  • Sub divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Asteridae
  • Ordo : Scrophulariales
  • Family : Pedaliaceae
  • Genus : Sesamum
  • Spesies : Sesamum indicum L

Morfologi Tanaman Wijen

Adapun morfologi tanaman wijen adalah sebagai berikut :

Morfologi Biji

Tanaman wijen memiliki bentuk yang sedikit kecil dibandingkan tanaman pada umumnya. Selain itu bijinya memiliki keruncingan pada ujung – ujungnya. Biji wijen memiliki berat sebesar 1000 biji hanya mencapai 2 hingga 5 gram saja.

Pada umumnya biji wijen memiliki kulit yang lembut pada permukaannya. Adapun pada varietas wijen lainnya yang meiliki kulit permukaan yang cukup kasar.

Terdapat hubungan dari minyak wijen dengan kasarnya kulit wijen, pasalnya jika semakin kulit wijen maka semakin seikit minyak di dalamnya.

Kualitas dari minyak wijen di ihat dari kulit wijen, jika semakin tebal kulit wijen maka kualitasnya rendah dan sebaliknya.

Varietas dari wijen menyebabkan kulit wijen memiliki berbagai macam warna seperti cokelat, abu – abu, kuning dan lain – lain.

Warna tersebut akan menandakan kandungan di dalam wijen tersebut seperti albumin, serat, karbohidrat dan lainnya.

Morfologi Akar

Akar wijen memiliki bentuk akar tunggang yang di lapisi bulu yang cukup banyak. Memiliki sistem yang berbeda-beda tergantung dari varietasnya.

Akar pada wijen akan semakin kedalam pada varietas yang tidak bercabang dan sebaliknya.

Morfologi Batang

Batang dari tumbuhan wijen ini cukup kokoh karena kmponennya sedikit seperti kayu dengan tegak dan memiliki 4 lekukan yang berbulu halus.

Pada umumnya tumbuhan wijen memiliki cabang dengan sedikit kuku – kuku di permukaannya.

Wijen memiliki 2 cabang yakni cabang dari bawah dan cabang yang tumbuh setelah wijen tinggi. batang wijen memiliki warna kekuningan hingga ungu.

Morfologi Daun

Tumbuhan wijen memiliki daun yang bentuknya seperi selang – seling di atas dan bawahnya. Daunnya memiliki panjang 4 hingga 17 cm dan lebarnyanya hingga 7 cm.

Letak daun yang ada di bawah berhadap – hadapnya dengan masing – masing tangkainya yang cukup berbulu.  Posisi daun ada yang menggantung ada juga yang tegak. Daun wijen memiliki warna hijau hingga sangat ungu.

Morfologi Buah

Buah dari wijen ini memiliki bentuk menyerupai polong dengan dindingnya yang berbentuk dari beberapa lapisan. Pada lapisan luar tanaman wijen di bentuk dari sel-sel parenkim.

Sedangkan bagian dalam dari buah wijen ini terbentuk dari guratan panjang. Di dalam buah wijen terdapat ruang polong yakni wadah biji wijen.

Ruang polong pada wijen terdapat 4 hingga 8 sesuai dengan varietasnya masing – masing. ruang polong yang memiliki ruangan 4 akan memiliki bentuk buah yang bermacam – macam.

Dari penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wijen di atas kita dapat menyimpulkan bahwa wijen memang sudah di kenal oleh masyarakat karena sering di gunakan untuk banyak hal termasuk bahan kecantikan.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Wijen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *