Syarat Tumbuh Tanaman Binahong

Diposting pada

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal tentang tanaman yang satu ini. Tanaman binahong merupakan tanaman herbal yang dapat tumbuh pada dataran rendah maupun tinggi serta memiliki banyak manfaatnya.

Syarat Tumbuh Tanaman Binahong
Syarat Tumbuh Tanaman Binahong

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia ini memiliki daun yang berbentuk hati dan berkhasiat untuk mengobati jerawat.

Tanaman binahong merupakan tanaman yang tumbuhnya merambat, batangnya lunak, berdaun tunggal serta memiliki bunga majemuk.

Sebenarnya tanaman ini sudah lama ada di Indonesia, namun baru akhir-akhir ini saja tanaman ini dijadikan sebagai alternatif pengobatan untuk penyakit berat atau ringan.

Konon, tanaman binahong berasal dari Korea. Lalu tanaman ini juga dikonsumsi oleh orang-orang Vietnam ketika sedang perang melawan Amerika Serikat.

Di Cina, tanaman ini dikenal dengan nama Dhen can Shi dan telah sejak ribuan tahun lalu dikonsumsi oleh mereka. Selain batang dan akarnya, bagian daun juga merupakan bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat.

Daun binahong memiliki dua variasi yang berbeda. Ada daun binahong yang memiliki warna yang hijau gelap serta ada juga daun yang memiliki warna yang merah. Kedua tanaman binahong ini tumbuhnya merayap.

Namun, hati-hati ya jika kamu mengkonsumsi tanaman binahong sebagai obat. Meskipun memiliki banyak khasiat, mengkonsumsi daun binahong juga memiliki efek samping seperti denyut jantung yang menjadi tidak teratur, gelisah, pusing, insomnia, serta sakit kepala.

Nah, apa saja yang menjadi Syarat Tumbuh Tanaman Binahong jika kamu ingin mulai membudidayakan tanaman ini? Berikut adalah ulasannya untuk kamu. Simak ya.

Syarat Tumbuh Tanaman Binahong

1. Iklim

Tanaman ini dapat tumbuh pada daerah dengan iklim tropis maupun subtropis. Suhu yang ideal agar tanaman binahong tumbuh dengan baik adalah suhu 20 hingga 30 derajat celcius pada bulan Januari serta suhu 10 hingga 30 derajat celcius pada bulan Juli dan seterusnya. Tanaman binahong juga banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias maupun obat.

2. Tanah

Hujan yang intensitasnya cukup sangat dibutuhkan agar tanaman binahong dapat tumbuh dengan baik. Distribusi curah hujan yang merata selawa periode awal tumbuh akan menjamin pertumbuhan vegetatif.

Jenis tanah yang lempung berpasit, atau tanah lempung liat berpasir juga sangat idealuntuk tanaman obat pada umumnya.

Harus perhatikan juga tingkat keasaman tanahnya ya. Tanaman binahong akan cocok tumbuh pada tanah yang memiliki tingkat keasaman 6 hingga 7 pH.

3. Ketinggian Tempat

Tanaman binahong dapat tumbuh pada tempat yang rendah maupun tinggi. Tanaman ini tergolong tanaman yang dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan.

Bahkan, tanaman binahong juga masih dapat tumbuh pada dataran dengan ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut.

Yang paling penting adalah perhatikan kelembapan tanah agar akar tanaman binahong mendapatkan asupan yang cukup untuk pertumbuhannya.

4. Intensitas Cahaya

Binahong akan lebih cepat tumbuh pada daerah yang intensitas cahayanya banyak. Jika cahayanya banyak dan tanahnya baik, binahong dapat tumbuh secara agresif setinggi 40 meter dan kemudian membentuk pohon kanopi.

Oleh karena itu, tanaman binahong dapat tumbuh dengan mudah dan baik di Indonesia karena negara kita ini merupakan negara tropis yang intensitas sinar mataharinya yang tinggi.

5. Curah Hujan

Curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman binahong adalah sekitar 500 hingga 2000 mm per tahun.

Curah hujan yang terlalu tinggi tidak baik sebab tanaman ini merupakan tanaman tropis. Jika curah hujan sedang tinggi, pastikan tidak ada air yang menggenang di sekitaran tanaman binahong.

Bagaimana? Sudah tahu Syarat Tumbuh Tanaman Binahong. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Binahong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *