Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

Diposting pada

Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah sangat akrab dengan tanaman yang satu ini. Ya kelapa sawit. Kelapa sawit atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Elaeis (berasal dari bahasa Yunani yang berarti minyak) merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah tropis dan menjadi salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi sebab menjadi sumber penghasil minyak yang biasa digunakan manusia sehari-hari.

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit
Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

Kelapa sawit ini menjadi bahan baku utama dalam pembuatan minyak, baik minyak untuk memasak, bahkan hingga minyak untuk bahan bakar kendaraan.

Tentu merupakan sebuah manfaat yang besar sekali. Dan tanaman kelapa sawit di Indonesia ini merupakan salah satu asset terbaik yang dimiliki oleh negara.

Perkebunan kelapa sawit di Indonesia ini menjadi perkebunan terbesar di dunia. Bagaimana tidak, coba lihat di pulau Sumatera.

Berapa ribu hektare lahan dan hutan yang dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Tentunya ini bisa menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia untuk turut membudidaya tanaman kelapa sawit.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Kelapa Sawit

Banyak yang mengira, bahwa menanam kelapa sawit susah untuk dilakukan. Bagi yang menginginkan untuk menanam sendiri di halaman rumah, sepertinya harus pandai-pandai belajar kepada ahlinya.

Sebab kelapa sawit ini membutuhkan cara khusus serta perawatan ekstra agar bisa tetap tumbuh. Wah, menarik sekali ya!

Ada kiat-kiat untuk bisa menanam kelapa sawit yang bisa Anda baca di bawah ini. Jika Anda ingin mempraktikkannya, cobalah untuk menilik terlebih dahulu kondisi lingkungan sekitar.

Agar ketika memulai menanam, Anda bisa lebih faham dalam merawatnya supaya bisa menghasilkan sawit yang lebih baik. Perhatikan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit di bawah ini ya!

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

1. Iklim

Kelapa sawit biasa tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis atau berada di wilayah dengan titik koordinat 15 derajat LU – 15 derajat LS.

Dengan curah hujan berkisar antara : 1.250 – 3.000 mm/thn (optimalnya 1.750 – 2.500 mm/thn). Curah hujan optimal yang berarti tidak tergenang air saat hujan dan tidak pula kekeringan saat musim kemarau.

Melihat kondisi iklim yang demikian, sebenarnya di Pulau Sumatera, Kalimantan, bahkan Jawa sangat cocok untuk menanam kelapa sawit.

Namun kebanyakan kelapa sawit ditanam di pulau Sumatera dengan perkebunan yang cukup luas, dan hasilnya yang cukup besar.

2. Suhu

Berada di daerah yang dilintasi garis katulistiwa membuat kelapa sawit membutuhkan suhu yang berkisar antara 24 sampai 28 derajat celcius dengan suhu terendah 18 derajat dan suhu tertinggi 32 derajat untuk bisa bertahan hidup.

Di Indonesia suhu yang  sedemikian masuk dalam standar untuk bisa menanam kelapa sawit. Asalkan suhu tidak lebih rendah dari 18 derajat, maka kelapa sawit bisa tumbuh dengan sempurna. Sebenarnya di Indonesia ini merupakan lokasi paling cocok untuk menanam kelapa sawit loh. Hebat!

3. Kelembapan

Tak cukup berada pada suhu seperti disebutkan diatas, kelapa sawit juga membutuhkan kelembaban udara antara 50 % – 90 % (tetapi optimum 80 %). Dengan lama penyinaran matahari sekitar 5-7 jam setiap harinya.

Banyak hutan Indonesia yang dirubah menjadi kebun kelapa sawit karena kelembaban hutan masih sangat terjaga. Rindangnya daun kelapa sawit akan turut menjaga intensitas cahaya matahari yang masuk.

Jika diamati, banyaknya perkebunan kelapa sawit ini turut menjaga paruh bumi agar terhindar dari kerusakan udara akibat aktivitas manusia.

4. Media tanam

Kelapa sawit akan tumbuh baik pada tanah jenis Podsolik, Latosol, Resosol, Aluvial dan Hidromorfik, Andosol, dan Gambut.

Diantara beberapa jenis tanah itu yang sering ditemui ialah tanah gambut, dan kelapa sawit bisa tumbuh subur di tanah itu.

Perlu di garis bawahi bahwasannya kondisi tanah yang baik akan mempengaruhi minimalitas dampak buruk akibat curah hujan yang kurang sesuai. Jadi pastikan Anda menanam kelapa sawit di medan yang sesuai ya!

5. Ketinggian tempat

Banyak pohon kelapa sawit yang tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian antara 0-500 meter dari permukaan laut. Ini membuktikan bahwa di dataran rendahpun kelapa sawit bisa tumbuh dengan baik.

Oke itulah penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit ya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, sekaligus menambah rasa bangga kepada tanah air yang menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di dunia ini. Salam Lestari.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *