Syarat Tumbuh Tanaman Manggis

Diposting pada

Manggis, buah ini belakangan mulai terkenal karena khasiat kulitnya. Buah manggis tak hanya menjadi primadona di Indonesia namun di luar negeri buah manggis juga terkenal dan diminati.

Syarat Tumbuh Tanaman Manggis
Syarat Tumbuh Tanaman Manggis

Terdapat berbagai macam versi tentang asal usul tanaman manggis. Ada yang mengatakan bahwa manggis berasal dari Asia Tenggara tepatnya semenanjung Malaya.

Tanaman manggis kemudian menyebar ke daerah Asia seperti Indonesia, Vietnam, Filipina, Thailand serta Srilanka. Saat ini manggis tumbuh hampir di berbagai negara seperti Amerika Tengah, Myanmar, Filipina, Thailand, Australia dan Indonesia.

Di Indonesia, tanaman manggis tersebar hampir di semua wilayah namun pusat penanaman manggis ada di daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Barat terutama Ciamis dan Wanayasa, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Tanaman manggis dapat tumbuh antara 7 hingga 25 meter. Tanaman manggis merupakan tanaman berumah dua dengan batang lurus dan memiliki tajuk berbentuk kerucut. Batang tanaman manggis memiliki bentuk bulat dan mengeluarkan getah apabila dipotong.

Diameter batang tanaman manggis mencapai 60 cm. Bagian daun tanaman manggis memiliki bentuk lonjong dengan tekstur kaku menyerupai kulit serta permukaan berwarna hijau kekuningan dan licin. Daun yang masih muda memiliki warna coklat kemerahan.

Daun tanaman manggis tumbuh lebat dan lebar berukuran 13-26 cm dengan lebar 6-12 cm. Bunga tanaman manggis merupakan bunga tunggal yang berpasangan dengan kelopak berdaun empat dan tersusun dalam dua pasang dengan empat daun mahkota yang tebal berdaging dengan ujung kemerah-merahan.

Buah tanaman manggis dijuluki ratu buah. Rasa yang manis dan bentuknya yang artistik serta berbagai khasiatnya membuat buah manggis dinamai sebagai ratu buah.

Buah manggis berbentuk bulat dan berwarna ungu gelap dengan kelopak hijau menempel pada buahnya. Daging buah manggis berwarna putih ketika dibelah akan muncul cairan dari kulitnya yang berwarna ungu kemerahan.

Daging buah memiliki warna putih yang menyelaputi biji di dalam buah. Biji dalam satu buah tanaman manggis biasanya mencapai 3-4 buah.

Syarat Tumbuh Tanaman Manggis

Tahukan anda untuk memulai budidaya tanaman manggis yang pertama yang harus dilakukan adalah memahami Syarat Tumbuh Tanaman Manggis terlebih dahulu agar tanaman yang ditanam menghasilkan, Simak penjelasannya :

1. Iklim

Tanaman manggis merupakan tanaman yang dapat tumbuh pada berbagai iklim mulai dari tempat tanpa iklim kering hingga tempat dengan iklim kering mencapai 4-6 bulan.

Daerah dengan curah hujan sekitar 1250 mm per tahun cocok untuk dijadikan tempat menanam tanaman manggis dengan kelembapan udara sekitar 80%.

Suhu tempat yang dapat ditanami tanaman manggis berkisar antara 25-35°C. Pada awal pertumbuhannya, tanaman manggis membutuhkan tempat yang memiliki intensitas cahaya sekitar 50% namun seiring semakin tua tanaman, intensitas cahaya yang dibutuhkan akan lebih banyak.

2. Media tanam

Tanaman manggis akan berkembang bila ditanam pada tanah dengan topografi rata dan tidak berlereng. Tanah jenis alluvial, podsolik merah kuning ataupun latosol juga cocok bila ditanami tanaman manggis.

Tanah jenis ini memiliki tekstur gembur dan drainase yang baik serta kaya akan kandungan bahan organik. pH tanah yang ditanami tanaman manggis juga harus berada pada kisaran 5-7.

3. Ketinggian tempat

Tanaman manggis termasuk pada tanaman yang dapat tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Ketinggian tempat yang cocok untuk ditanami tanaman manggis harus tidak lebih dari 800 mdpl.

Namun tanaman manggis akan lebih optimal pertumbuhannya bila ditanam di tempat dengan ketinggian sekitar 500 mdpl, bila tanaman manggis ditanam di tempat yang terlalu tinggi maka pertumbuhan tanaman manggis akan terhambat sehingga perkembangan buah dan buahnya akan makin lambat.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Manggis. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Manggis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *