Syarat Tumbuh Tanaman Rosella

Diposting pada

Rosella merupakan jenis tanaman yang memiliki keindahan terhadap bunganya dan disertai dengan berbagai macam manfaat.

Syarat Tumbuh Tanaman Rosella
Syarat Tumbuh Tanaman Rosella

Tanaman rosella ini biasanya akan diolah ke berbagai macam jenis kemasam makanan dan minuman ataupun obat-obatan tradisional dengan bahan alami untuk produk kecantikan.

Tanaman yang satu ini menjadi suatu tanaman yang baik saat mengonsumsinya, karena tanaman ini memiliki khasiat tubuh.

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman rosella ini. Dimana tanaman rosella ini sangat terpopuler apalagi bagi anda yang kaum hawa.

Apakah anda ingin menanam tanaman rosella ini? Maka, pastikan anda telah mengetahui syarat tumbuh tanaman rosella.

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh anda dalam menanam tanaman ini. Dengan adanya syarat untuk pertumbuhan tanaman rosella, maka ini dapat membuat tanaman tersebut bisa bertumbuh dengan cara yang sempurna.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Rosella

Syarat Tumbuh Tanaman Rosella

1. Iklim

Iklim menjadi salah satu syarat yang paling utama dari proses pertumbuhan tanaman rosella. Pada umumnya, tanaman rosella ini mampu bertumbuh di curah hujan yang berkisaran 1700 hingga sampai dengan 3000 mm selama satu tahun.

Tanaman rosella menjadi salah satu jenis tanaman yang mampu bertumbuh dengan baik di awal pertumbuhan dengan keadaan musim yang hujan.

Itulah yang menjadi alasan kenapa tanaman ini tidak bisa diperlakukan dengan cara seperti palawijaya sesudah padi meskipun air yang tersedia sudah cukup dalam mengairi. Tanaman rosella ini dapat tumbuh dengan iklim yang sub tropis maupun tropis.

Dengan adanya iklim yang seperti itu, maka tanaman rosella ini mampu bertumbuh dengan cara yang baik dan disertai dengan batang yang tegak lurus keatas.

2. Suhu

Biasanya suatu tanaman bisa bertumbuh apabila suhu ataupun cuaca yang dalam keadaan menentu. Begitupun dengan tanaman rosella ini dimana tanaman rosella mampu bertumbuh subur apabila di cuaca bercurah hujan maupun mendung dengan suhu yang berikisaran 24 derajat celcius hingga sampai dengan 32 derajat celcius

Namun, tanaman rosella masih bisa diperhitungkan kalau tanaman ini dapat bertumbuh pada suhu yang berkisaran 10 hingga 36 derajat celcius.

Nah, suhu yang seperti ini dapat mengartikan kalau jenis tanaman rosella bisa bertumbuh dan berkembang dengan cara yang baik serta optimal. Rosella ini membutuhkan waktu selama 4 sampai 5 bulan yang disertai dengan suhu malam dan tidak kurang dari 20 derajat celcius.

3. Ketinggian Tanah

Tanaman rosella merupakan sebuah jenis tanaman yang memiliki proses terketat dalam pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Dalam hal ini anda harus memperhatikan beberapa hal, salah satu hal yang harus diperhatikan oleh anda adalah ketinggian tanah yang akan ditanam tanaman rosella tersebut. Pastikan anda sudah memenuhi syarat ini dalam menanam tanaman rosella

Dengan adanya, ketinggian tanah yang tepat maka tanaman rosella bisa berdiri dengan baik. Umumnya, tanaman rosella ini mampu bertumbuh di dataran rendah.

Hal ini dikarenakan, tanaman rosella ini hanya mampu bertumbuh di ketinggian tanah yang mencapai sekitaran 20 hingga sampai dengan 650 meter diatas permukaan laut.

Perlu diketahui oleh anda dalam menanam tanaman rosella ini, dimana anda harus memperhatikan dari keadaan tanah.

Dalam hal ini, keadaan tanah untuk menanam tanaman rosella ini harus datar sehingga bisa memperoleh sebuah proses pertumbuhan yang tinggi dan rata.

Jika tanaman rosella ini ditanam pada ketinggian tanah 650 mdpl, maka tanaman tersebut tidak bisa bertumbuh dengan cepat. Pasalnya, tanaman rosella tidak mampu menghisap serta melepaskan air yang besar.

4. Kelembaban

Tanaman rosella ini membutuhkan kelambaban tanah yang agak sedikit lembab dan subur tanahnya. Jika cuaca dalam keadaan yang kering, maka anda dapat untuk mentoleransi.

Dimana tanaman ini akan membutuhkan dalam bulan yang terakhir untuk proses pertumbuhannya. Hujan maupun kelembaban yang tinggi dalam memanen dan pengeringan terhadap kali, ini biasanya akan mengurangi kualitas dari clyces hingga mengurangi hasilnya.

Secara umum, tanaman rosella ini sangat sensitif terhadap cuaca dipanjang hari yang sering berubah. Fotoperiodisme ini akan membutuhkan waktu untuk tanam yang benar-benar sesuai dengan hari panjang daripada persyaratan dari curah hujan.

5. Tanah

Berbagai macam jenis tanah bisa ditanami oleh tanaman yang satu ini, apalagi struktur yang sedikit dalam dengan tekstur ringan dan memiliki drainase yang baik.

Tanaman rosella ini agak alkalin, akan tetapi tanaman ini tidak cocok untuk ditanam pada tanah salin atau memiliki kadar garam yang tinggi.

Kemasaman tanah optimum untuk tanaman ini yakni 5,5 hingga 7. Selain itu, tanaman ini masih toleran terhadap tanah yang memiliki pH 4,5 hingga 8,5.

Bukan hanya itu saja, tanaman rosella ini tidak bisa bertahan dari genangan air. Struktur terbaik dalam membudidayakan tanaman rosella adalah struktur tanah yang gembur atau remah serta tanah mudah untuk mengikat air.

Tanah terbaik untuk menanam tanah  yang memiliki berbagai bahan organic dan disertai dengan banyaknya organisme tanah. Nah, dengan adanya Syarat Tumbuh Tanaman Rosella, maka tanaman rosella ini dapat bertumbuh dengan baik.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rosella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *