Syarat Tumbuh Tanaman Rotan

Diposting pada

Tanaman rotan menjadi suatu tanaman yang khas tropika dan dapat bertumbuh dikawasan hutan tropika. Umumnya, tanaman rotan ini termasuk pada family yang Palmae dan dapat bertumbuh dengan cara yang memanjat.

Syarat Tumbuh Tanaman Rotan
Syarat Tumbuh Tanaman Rotan

Biasanya tanaman ini akan berfungsi untuk dijadikan sebagai produk yang dapat ditentukan oleh jenis rotan itu sendiri.

Syarat tumbuh dari tanaman rotan ini memang benar-benar harus diperhatikan dan diterapkan oleh anda. Pasalnya, melalui syarat pertumbuhan yang baik dan benar, maka tanaman rotan tersebut dapat bertumbuh tinggi dengan cara yang baik tanpa adanya permasalahan terhadap proses pertumbuhan dari tanaman rotan tersebut.

Syarat Tumbuh Tanaman Rotan

Pada umumnya, untuk mengetahui syarat tumbuh dari tanaman rotan ini, maka anda dapat memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan oleh anda sehingga tanaman rotan bisa bertumbuh dengan baik. Mari kita simak secara bersamaan ulasan Syarat Tumbuh Tanaman Rotan berikut ini.

1. Ketinggian Tanah

Tanaman rotan merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki syarat-syarat sangat penting agar proses pertumbuhan dari tanaman rotan ini dapat tumbuh dengan cara yang baik.

Jika anda ingin membuat tanaman rotan anda bisa bertumbuh dengan baik, anda dapat memperhatikan ketinggian tanah dari tanaman rotan itu sendiri.

Dalam hal ini, ketinggian tanah yang bisa membuat tanaman rotan ini bertumbuh dengan baik adalah ketinggian tanah yang mencapai 2900 meter diatas permukaan laut.

Semakin tinggi ketinggian tanah tersebut, maka hal ini akan membuat rotan menjadi lebih sulit untuk ditemukan. Bahkan, tanaman rotan juga tidak bisa bertumbuh dengan baik apabila wilayah tersebut merupakan wilayah yang berbatu.

2. Media Tanam

Untuk media tanam dari tanaman rotan adalah campuran dari tanah dengan pupuk kompos organik, yakni 1:2. Usahakan anda memilih pupuk NPK yang sebanyak 5 gram.

Nah, dengan adanya hal ini, maka anda bisa menghasilkan persen dari pertumbuhan tanaman yang mencapai 90%. Selain itu, anda juga harus memperhatikan pemeliharaan terhadap tanaman rotan ini.

Lahan yang akan digunakan oleh tanaman rotan ini tidak perlu untuk mengelolahnya secara intensif. Biasanya penentuan letak untuk budidaya tanaman rotan ini akan memperhatikan pohon yang merambat rotan.

Hal ini dikarenakan akan menyesuaikan dengan sifat rotan yang fisiologis serta berkarakteristik fisik dan pertumbuhannya.

3. Cuaca

Tanaman rotan menjadi salah satu jenis tanaman yang dapat bertumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sub tropis ataupun tropis yang berupa Indonesia.

Secara habitatnya, tanaman rotan ini mampu juga bertumbuh di daerah yang memiliki tanah berawa dengan tanah yang kering, dan biasanya tanaman rotan ini dapat bertumbuh di pegunungan.

Jika kita lihat dari syarat suhu tumbuh tanaman rotan ini, dimana tanaman rotan dapat bertumbuh dengan cara yang baik ketika suhu udaranya bisa mencapai sekitaran 24 derajat celcius hingga sampai 30 derajat celcius.

Hal ini terlihat dari tipe tanaman rotan, dimana suhu yang seperti itu menandakan kalau tanaman rotan ini bertipe iklim Ferguson dan Schmidt.

Tanaman rotan ini akan memiliki syarat tumbuh yang harus berasal dari wailayah yang disertai dengan curah hujan sekitaran 2000 mm hingga sampai dengan 4000 mm.

Pertumbuhan tanaman rotan ini dapat bertumbuh dengan cepat apabila wilayah tersebut memiliki banyak intensitas cahaya matahari. Tanaman rotan harus ditanam dengan kelembaban tanah yang bebas dari genangan air.

4. Syarat Pemeliharaan Tanaman Rotan

Jika anda telah melakukan ketiga syarat yang ada diatas, namun pemeliharaan tanaman rotan ini tidak dilakukan dengan baik dan benar, tetap saja tanaman rotan akan mudah untuk terkena serangan penyakit hama.

Dengan begitu ini akan membuat tanaman rotan tidak bisa bertumbuh dengan cara yang baik dan sehat. Itulah sebabnya anda harus memperhatikan dengan pemeliharaan tanaman rotan.

Pemeliharaan tanaman rotan ini sama halnya dengan beberapa jenis tanaman yang lainnya. Hal ini diartikan kalau jenis tanaman rotan ini membutuhkan penyiraman, penyiangan serta pendangiran hingga pemupukan dan lain sebagainya sehingga tanaman rotan ini dapat bertumbuh dengan cara yang baik. Yang pastinya tanaman rotan tersebut akan terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang tanaman rotan.

5. Perhatikan Cara Memanen Tanaman Rotan

Selain syarat pemeliharaan, anda juga harus perhatikan dalam melakukan pemanenan terhadap tanaman rotan.

Meskipun tanaman rotan ini telah memenuhi beberapa syarat yang ada diatas, namun rotan tidak bisa dihasilkan dengan hasil yang baik jika anda salah dalam memanen tanaman rotan itu sendiri. Maka dari itu anda jangan sampai kelewatan untuk melakukan salah satu syarat ini.

Penebangan rotan akan dimulai dengan proses pembersihan dari duri serta pelepah daun yang berada di tanaman rotan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan paran yang berukuran 2 meter lebih  (Hal ini bertujuan agar anda bisa memotongnya dengan cara yang mudah).

Lalu anda dapat menarik tanaman rotan tersebut hingga semua batangnya keluar dari tempat bertumbuh dari tanaman rotan ini.

Demikianlah artikel Syarat Tumbuh Tanaman Rotan saya buat semoga bisa memberikan manfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rotan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *