Pengertian, Ciri, dan Manfaat Tanah Top Soil

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Pengertian, Ciri, dan Manfaat Tanah Top Soil? Tanah dapat dikatakan sebagai titik awal dari segala sumber kehidupan mahluk hidup yang terjadi di bumi ini.

Pengertian, Ciri, dan Manfaat Tanah Top Soil
Pengertian, Ciri, dan Manfaat Tanah Top Soil

Pengertian Tanah sendiri merupakan salah satu bagian dari lapisan atmosfer kerak bumi yang posisinya terletak di bagian paling atas.

Tanah merupakan bagian utama dari adanya kehidupan organisme maupun mikroorganisme di bumi.

Hal ini dikarenakan dari tanah itu sendiri banyak sekali terkandung berbagai macam mineral serta materi-materi organic maupun anorganik.

Mengapa peranan tanah sangatlah vital bagi kehidupan di bumi? Pernahkah anda membayangkan bagaimana tumbuhan akan dapat hidup bila tidak adanya tanah?

Padahal sebagaimana kita tahu, tumbuhan itu sendiri merupakan dasar dari sebuah rantai makanan yang saling terkait.

Untuk itulah mengapa peran tanah disini sangat dibutuhkan dalam menunjang kehidupan berbagai macam mahluk hidup.

Tanah yang akan memberikan ketersediaan unsur-unsur hara yang dimilikinya kepada tumbuhan agar dapat tumbuh dan hidup lalu bisa dikonsumsi oleh mahluk hidup lainnya untuk berkembangbiak.

Sehingga dapat dikatakan bahwa tanah memang merupakan sumber vital dan titik awal kehidupan.

Tanah yang berada di planet bumi sendiri terdiri dari beberapa lapisan tanah yang tersusun berdasarkan tingkatan-tingkatannya.

Di artikel kali ini yang akan dibahas lebih jauh adalah terkait lapisan tanah paling atas atau yang biasa dikenal dengan sebutan tanah top soil.

Setiap lapisan tanah sebenarnya memiliki ciri tersendiri yang berbeda satu dan yang lainnya. Mulai dari perbedaan permukaan fisik tanahnya, warna tanah dan tekstur tanah itu sendiri.

Pengertian Tanah Top Soil

Tanah lapisan atas atau biasa dikenal dengan tanah top soil biasanya terletak pada bagian paling atas dan bisa mencapai hingga mencapai kedalaman 30 cm.

Tanah lapisan atas ini biasanya terbentuk ketika bebatuan telah melewati suatu proses geological yang mana membuat batu-batu tersebut hancur dan terurai menjadi serpihan- serpihan yang sangatlah kecil dan terkumpul diatas permukaan bumi.

Dalam prosesnya, tanah top soil ini terbentuk bukan dari jangka waktu yang sebentar, bahkan mungkin bisa terjadi atau terbentuk dalam ribuan tahun lamanya.

Biasanya untuk tanah top soil dengan kualitas yang sangat baik, bisa dapat ditemui didaerah yang belum banyak terjamah oleh manusia, misalnya saja seperti di hutan-hutan belantara.

Pada lapisan tanah top soil ini, banyak sekali terkandung bahan-bahan organik, humus dan bahan-bahan alami lainnya yang sifatnya akan menyuburkan tanah tersebut sehingga sangat baik bila digunakan untuk pertumbuhan tanaman.

Tanah ini berperan sangat penting dalam pertumbuhan tanaman, sehingga bila tanah top soil ini tidak ada, anda bisa bayangkan bagaimana tumbuhan akan dapat tumbuh dengan baik?

Bahkan mungkin bisa tidak tumbuh sama sekali, yang tentunya akan dapat mengganggu kelangsungan hidup mahluk hidup lainnya.

Ciri Tanah Top Soil

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas bahwa masing-masing lapisan tanah yang menyusun bumi ini memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda satu dan yang lainnya.

Untuk tanah top soil sendiri memiliki beberapa ciri tertentu, antara lain:

1. Tanah top soil berada pada bagian atas permukaan bumi

Salah satu ciri yang paling mudah untuk mengetahui tanah top soil adalah letak posisi keberadaan tanah itu sendiri, dimana terletak pada bagian paling atas dan dapat ditemukan hingga mencapai kedalaman 30 cm.

2. Merupakan tanah yang subur

Karena tanah top soil berada pada lapisan paling atas, biasanya tanah tersebut terbentuk karena adanya proses pelapukan bahan-bahan organic seperti dedaunan atau ranting-ranting kayu yang membusuk yang telah tercampur dengan bahan organic atau mikroorganisme lainnya dalam jumlah yang banyak.

Sehingga tanahnya banyak mengandung bahan organic dan terlihat lebih gembur.

3. Warna tanah cenderung paling gelap

Tanah top soil memiliki warna tanah yang cenderung lebih gelap dibanding dengan warna tanah pada lapisan bawahnya.

4. Terbentuk dari bebatuan yang telah hancur

Selain dari campuran bahan-bahan organic sebagaimana disebutkan pada poin 2, bahan utama dari tanah top soil sendiri juga merupakan bebatuan yang telah mengalami proses geological.

Sehingga tanah top soil ini juga kaya akan mineral yang berasal dari bebatuan yang telah hancur tersebut.

Manfaat Tanah Top Soil

Dengan berbagai macam kandungan yang dimiliki oleh tanah top soil, membuat tanah lapisan tanah ini memiliki banyak sekali manfaat.

Kondisi tanah yang subur, serta keberadaannya yang berada di posisi paling atas, membuat tanah top soil ini baik sekali untuk dimanfaatkan dalam bidang pertanian. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Dapat memperbaiki struktur tanah, dengan mencampurkan tanah top soil ini pada tanah di kawasan yang sedang dikembangkan untuk pertanian.
  2. Dapat digunakan sebagai media persemaian.
  3. Dan dapat memperbaiki udara yang berada di dalam tanah. Karena kandungan yang dimiliki tanah top soil seperti pasir, silt, loam, sehingga mampu membantu pengudaraan di dalam tanah.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tanah top soil dan manfaatnya yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan membantu kita lebih memahami tanah top soil itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian Lipatan Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.