Pengertian Apresiasi Adalah : Fungsi, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Tahap

Diposting pada

Setiap pemberian seseorang harusnya dapat di hargai dengan baik. Entah itu dengan di balas menggunakan materi atau sekedar verbal saja.

Pengertian Apresiasi Adalah  Fungsi, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Tahap
Pengertian Apresiasi Adalah Fungsi, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Tahap

Hal ini sangat penting untuk membuat orang yang sudah memberi semakin baik kedepannya. Perihal menghargai ini biasanya di sebut dengan apresiasi.

Apresiasi adalah salah satu bentuk pemberian penghargaan kepada orang lain karena telah berbuat baik kepada kita. Namun, secara formal memang apresiasi sangat berkaitan dengan karya seni.

Hal ini karena apresiasi sendiri biasanya lebih di kenal dengan bentuk penghargaan kepada seseorang yang memiliki karya. Biasanya bentuk apresiasi seperti penilaian terhadap karya itu sendiri.

Di dalam bahasa latin apresiasi yakni Apreciatio yang memiliki makna menghargai. Di dalam KBBI apresiasi di artikan sebagai “setiap penilaian baik, penghargaan, terhadap karya seni dan karya sastra”.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Beberapa pendapat para ahli mengnai apresiasi yang sudah di kemas dengan bentuk tabel adalah sebagai berikut :

No Nama Para Ahli Pendapat
1. Prayogi Semua aktivitas memberikan penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi juga merupakan bentuk rasa kagum yang keluar dari diri penikmat karya seni ataupun karya sastra tertentu.
2. S. E Effendi Aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.
3. Verbeek Suatu kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni dengan memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.
4. Hornby Pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.
5. Elliyati Setiap kegiatan yang mengakrabi karya sastra secara sungguh-sungguh yang berkaitan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai dan menghayati, sehingga dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.
6. Albert R. Candler Proses mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

Fungsi Apresiasi Secara Umum

Jika kita melihat pengertian diatas maka dapat di pastikan fungsi dari apresiasi yang mengacu pada penilaian karya adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi sarana untuk menunjukan sebuah penialian, empati, edukasi pada sebuah karya seni.
  2. Menjadi sarana untuk menumbuhkan dan menambahkan rasa cinta seseorang terhadap karya.
  3. Menjadi sebuah bentuk rasa peduli terhadap orang lain.
  4. Ikut berperan untuk memotivasi orang lain dalam berkarya.

Manfaat Apresiasi

Selain memiliki fungsi, apresiasi juga memiliki manfaat adapun beberapa manfaat dari apresiasi itu sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Menambah wawasan seseorang terhadap sebuah karya dari berbagai pandangan.
  2. Menumbuhkan rasa cinta terhadap karya.
  3. Meningkatkna pembelajaran, hiburan serta empati mengenai karya seni dan sastra.
  4. Ikut serta dalam mengambil peran meningkatkan karya seni di suatu daerah.

Tujuan Apresiasi

Jika kita sudah mengetahui beberapa manfaat dan fungsi. Maka, selanjutnya tujuan dari apresiasi itu sendiri. Seseorang yang melakukan apresiasi tentu memiliki tujuan tertentu diantaranya sebagai berikut :

  1. Untuk meningkatkan serta mengembangkan karya seni dari segi estetikanya.
  2. Untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan berpikir seseorang dengan cara berimajinasi dan berkreasi.
  3. Sebagai sarana untuk meningkatkan nilai karya seni berupa keindaan karya itu sendiri.

Jenis-Jenis Apresiasi

Selain beberapa hal yang sudah di jelaskan di atas ada beberapa jenis apreisasi yang kalian harus tahu dinatranya sebagai berikut :

1. Apresiasi Empatik

Apresiasi empatik adalah sebuah kegiatan sebagai penghargaan dengan cara menilai suatu objek karya yang hanya menggunakan indera saja tanpa di amati secara mendalam.

2. Apresiasi Estetis

Apresiasi estetis adalah sebuah kegiatan sebagai penghargaain dengan cara menilai suatu objek karya dengan menggunakan indera dan di nilai secara terperinci menggunakan penghayatan yang mendalam.

3. Apresiasi Kritik

Apresiasi kritik adalah sebuah kegiatan sebagai penghargaan dengan cara menilai suatu objek karya dengan menggunakan beberapa deksripsi, analisis, evaluasi dan biasanya di sertai dengan klarifikasi.

Tahap-Tahap Apresiasi

Beberapa tahapan dalam rangka apresiasi sebuah karya adalah sebagai berikut :

  • Melakukan pengamatan

Tahap ini biasanya di lakukan dengan cara menggunakan indera dan menggunakan penghayatan terdalam hingga terperinci.

  • Melakukan Aktivitas Fisiologis

Tahap ini adalah dimana seseorang melakukan aktivitas fisik untuk mengamati agar lebih jelas pada objek karya.

  • Melakukan Aktvitas Psikologis

Tahap ini bisa di katakan cukup sulit karena harus melakukan imajinasi yang mendalam hingga di interpretasikan untuk memicu kreatifitas.

  • Melakukan Aktivitas Penghayatan

Tahap ini adalah di mana seseorang yang melakukan apresiasi pada objek dengan menggunakan penghayatan sangat dalam dari sebelum – sebelumnya.

  • Melakukan Aktivitas Penghargaan

Tahap terkahit ini adalah memberikan sebuah evaluasi setelah pengamatan – pengamatan sebelumnya. Tahap ini bisa di intepretasikan pada penilaian atau sedikit kritik dan masukan.

Itulah beberapa hal mengenai Apresiasi semoga dapat menambaha wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *