Brainware Adalah : Pengertian, Macam, Komponen, Contoh dan Fungsi

Komputer kini sudah memiliki kemajuan dari mulai bentuk hingga fungsinya sekalipun.

Kebutuhan di lingkungan hidup manusia semakin meningkat maka dari itu komputer hadir untuk membantu anda dalam menyelesaikan masalah.

Pengertian Brainware Adalah
Pengertian Brainware Adalah

Jika anda suka menyukai dunia komputer maka sudah tidak asing dengan istilah seperti brainware, software dan hardware.

Ketiganya adalah perangkat lunak yang biasanya ada pada komputer. Hardware sebagai perangkat keras pada komputer yang biasanya berfungai untuk mmenjadikan perangkat lunak dapat d jalankan sistemnya. Hardware ini seperti monitor, CPU, keyboard, hardisk dan lain – lain.

Software adalah perangkat lunak yang di gunakan menggunakan hardware. Artinya bahwa software perangkat lunak yang tidak bisa di sentuh tetapi dapat di rasakan manfaatnya seperti pada aplikasi, internet dan lainnya.

Selanjutnya adalah brainware yang biasa di kenal dengan objek yang menjalankan perangkat lunak dan keras tersebut.

Tentunya, brainware adalah manusianya yang menjalankan komputer tersebut.

Namun, di jaman modern ini bukan hanya manusia saja yang menjalankan sistem komputer tetapi robot yang di buat menyerupai manusiapun dapat megoperasikan komputer.

Secara umum brainware sebagai salah satu penggerak yang mengerjakan segala hal yang ada pada komputer.

Brainware atau orang yang mengoperasikan komputer bertugas sebagai penggerak jalannya sistem komputer.

Selain itu, orang biasanya mengiperasikan komputer bukan hanya untuk bekerja tetapi juga untuk game atau sekedar mencarri – cari info di google.

Pengertian Brainware Adalah

Apa itu Brainware? Pengertian Brainware Adalah orang yang mengoperasikan komputer dengan keahlian tertentu dengan tujuan masing – masing dari yang mulai formal hingga sekedar untuk menghibur diri sendiri.

Keahlian yang di miliki manusia dala menjalankan komputer menjadikan istilah brainware memiliki berbagai macam jenisnya.

Kegiatanpun beragam yang di lakukan brainware dalam menjalankan komputer seperti untuk menghitung, bekerja dan bermain di game online ataupun offline.

Tak semua yang di oprasikan dengan menggunakan komputer berkaitan dengan uang. Hal ini karena bisa saja untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah atau skripsi bisa saja sekedar bersosialisasi dengan orang lain dengan jarak jauh.

Dengan menggunakan komputer maka brainware dapat berinteraksi dengan orang lain saling bertanya kabar, bertatap wajah dan interaksi lainnya dengan layar monitor.

User merupakan istilah yang sudah tidak asing anda dengar karena banayk orang lebih mengenal istiah user daripada brainware.

Tentunya user ini istilah keren dari brainware. Maka khalayak lebih sering mengenal brainware menjadi user.

Macam-macam Brainware

Dibawah ini kami akan jelaskan macam-macam brainware di antaranya seperti :

1. Programmer

Programmer sudah tak asing lagi tentu di telinga anda karena banyak orang yang berprofesi menjadi seorang progammer.

Progammer sendiri artinya seseorang yang memiliki skill dalam menjalankan progam komputer ataupun megembangkannya menjadi perangkat yang lebih canggih lagi.

Progammer memiliki macam – macam jenis di antaranya backend dan front end. Skill  yang dimiliki oleh seorang progamer tentu menjadi skill dewa karena betapa rumitnya sistem komputer hingga dapat di kembangkan lebih baik lagi.

2. Administrator

Administrator ini merupakan seseorang yang memiiki tugas untuk menjaga keamana dari sistem komputer atau jaringan suatu perusahaan dengan menggunakan perangkat lunak.

Seseorang yang bekerja menjadi administrator sangatlah tidak mudah karena secara tidak langsung anda harus bekerja secara penuh untuk melindungi server agar tidak terjangkit virus atau di bobol oleh pihak lain.

Dalam sebuah perusahaan administrator menjadi momok paling penting karena data perusahaan yang tekah di input pada perangkat lunak harus di jaga penuh kerahasiaannya.

Jika nantinya ada suatu insiden dimana data perusahaan bocor maka seorang administratorlah yang harus bertanggung jawab.

3. Operator

Operator menjadi salah satu istilah dalam brainware yang sudah tidak asing di telinga anda.

Nah, Operator sendiri adalah seseorang yang telah menjalankan sebuah sistem komputer biasanya dengan menyalurkan informasi.

Operator sebenarnya tak melulu di kaitkan dengan perusahaan karena jika anda sedang membaca sesuatu di internet maka anda sendiri menjadi opertaor atas apa yang anda baca dan kemudia di informasikan kepada orang lain.

4. System Analys

System Analys jarang di kenal istilahnnya oleh banyak orang karena orang lebih mengenal ini denga progammer.

Padahal sangatlah berbeda karena System Analys adalah seseorang yang  melakukan penelitian dan pengamatan langsung di lapangan.

Pengamatan ini sebagai salah satu tugas untuk melihat sebagaimana sistem yang telah di kembangkan oleh progammer dalam bekerja.

Hal ini di upayakan agar progammer menciptkana perangkat lunak dengan kehati – hatian yang penuh.

Pasalnya perangkat lunak yang di kembangkan oleh progammer belum tentu di terima dengan baik oleh masyarakat atau misalnya pengguna internet.

Maka disini System Analys harus meneliti seberapa jauh minat orang pada perangkat lunak yang di ciptakan oleh progammer.

Komponen Brainware

Memahami komponen brainware akan membantu untuk bisa mempermudah memilih seseorang yang tepat dalam menjalankan pekerjaannya.

Karena dalam setiap perusahaan komponen brainware harus ada untuk menjaga keteraturan sistem informasi dan manajemen.

Sistem informasi yang baik dalam perusahaan akan menghasilkan informasi yang tentunya bermanfaat sebagai perkembangan perusahaan.

Di dalam perusahaan, sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang tentu menentukan kemajuan perusahaan dan dapat membantu perusahaan untuk bersaing semakin kompetitif dengan perusahaan lain.  Beberapa komponen brainware adalah

1. Software Engineer

Software engineer merupakan orang yang memiliki keahlian dalam bidang jaringan komputer.

Tanggung jawab software engineer biasanya akan berkisar antara mengembangkan dan merangcang teknik baru dalam bidang jaringan komputer.

2. Hardware Engineer

Seseorang yang berperan sebagai hardware engineer biasanya memiliki keahlian dalam bidang perangkat keras komputer.

Hardware engineer bertanggung jawab dalam mengembangkan metode maupun teknik baru dalam pembuatan hardware sehingga dapat menghasilkan hardware baru yang tentu lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Hardware

3. Komponen Brainware berdasarkan Network Platform

Selain dibedakan berdasarkan engineer, brainware juga dibedakan berdasarkan pada platformnya, bila dibedakan berdasarkan platformnya, brainware terdiri atas user, power user, replicator, network config operator, administrator, guest, debugger user, backup operator, dan help service group.

4. Komponen Brainware berdasarkan Web Platform

Bila didasarkan pada web platform, maka brainware terdiri dari operator, programmer, serta analisis sistem.

Contoh Brainware

Setelah mengetahui beberapa komponen dari brainware, maka perlu diketahui juga beberapa contoh dari brainware.

1. Network System

Sebuah system operasi biasanya ditujukan untuk menangani banyak jaringan. Sistem operasi biasanya terdiri dari banyak layanan yang tak hanya ditujukan untuk melayani pengguna seperti berbagi berkas, layanan alat pencetak, HTTP Service, ataupun DNS service, tetapi juga banyak layanan lain.

2. Netter

Selain menangani network system, brainware juga bisa menangani netter. Netter merupakan seseorang atau organisasi yang menggunakan internet untuk melakukan penjelajahan informasi.

Kegiatan yang biasa dilakukan misalnya browsing melalui situs yang ada di internet berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu dan kemudian situs yang dituju akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci tersebut, itulah yang disebut dengan netter.

3. EDP

EDP merupakan pengolahan data elektronik. Pengolahan Data Elektronik mengacu pada metode otomatis yang digunakan untuk mengolah data komersial.

Aktivitas pengolahan data otomatis biasanya memproses data yang relatif sederhana dan berulang untuk kemudian memproses volume besar dengan informasi yang serupa.

Di dalam perusahaan biasanya akan ada departemen yang melakukan pengolahan dan melakukan seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan komputer. Biasanya departemen ini umum disebut dengan IT departemen atau ada pula yang dikenal dengan EDP Departemen.

Fungsi Brainware

Setiap perusahaan selalu membutuhkan brainware, setelah mengetahui mengenai komponen brainware serta beberapa contoh dari brainware, maka perlu diketahui fungsi dari brainware untuk meyakinkan bahwa dalam perusahaan tersebut brainware memiliki peran yang besar.

Karena tak hanya menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, brainware juga memiliki fungsi lain. Beberapa fungsi dari brainware seperti

1. Berperan sebagai administrator

Administrator yang berperan sebagai brainware memiliki tugas untuk mengelola struktur sistem dalam suatu program maupun suatu jaringan.

Brainware yang berperan sebagai administrator akan membantu untuk membuat sistem dan program dari suatu perusahaan menjadi lebih rapi dan memiliki struktur yang lebih tertata.

2. Berperan sebagai programmer

Tugas utama brainware biasanya berkisar pada merancang suatu perangkat agar bisa bekerja dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baik itu perangkat lunak yang dikenal dengan software, maupun perangkat keras yang dikenal sebagai hardware, keduanya berada di ranah brainware.

Brainware yang memiliki fungsi untuk programmer memiliki tugas untuk merancang serta membuat program yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Program yang dirancang tersebut harus bisa digunakan dalam sistem perangkat komputer baik itu melalui perangkat lunak maupun perangkat keras.

Tak hanya berperan untuk merancang program dalam sistem yang ada di perangkat lunak maupun perangkat keras, programmer juga memiliki fungsi untuk menjaga keamanan dan kelancaran dalam seluruh sistem yang ada di program yang dibuatnya bahkan juga dalam program lain.

3. Berperan sebagai Operator

Brainware yang sehari-harinya bekerja dengan komputer juga memiliki peran sebagai operator komputer. Sebagai operator komputer, brainware tentunya bertanggung jawab dalam sistem yang ada di komputer maupun program di dalam komputer.

Itulah pembahasan kita kali ini pengertian brainware adalah, semoga dapat membuat wawasan anda bertambah.

Satu pemikiran pada “Brainware Adalah : Pengertian, Macam, Komponen, Contoh dan Fungsi”

Tinggalkan komentar