Pengertian Demografi Adalah : Manfaat, Tujuan dan Aspek

Diposting pada
Pengertian Demografi Adalah Manfaat, Tujuan dan Aspek
Pengertian Demografi Adalah Manfaat, Tujuan dan Aspek

Pengertian Demografi

Pengertian Demografi sering dikaitkan dengan sebuah catatan tentang kependudukan yang ada pada suatu negara. Saat ini, banyak sekali masalah kependudukan yang memerlukan ilmu demografi. Lantas, apa sebenarnya arti demografi itu?

Kata demografi diadaptasi dari bahasa Latin yakni “Demos” yang artinya rakyat, sedangkan “Grafien” yang artinya menulis.

Dari arti kata – kata  tersebut sehingga diartikan pengertian secara umum bahwa demografi merupakan sebuah catatan atau rekaman tentang kependudukan yang terdapat pada suatu negara. Namun, pengertian istilah demografi ini mengalami perkembangan yang dikemukakan beberapa ahli sebagai berikut :

1. Johan Sussmich

Menurut Johan Sussmich demografi merupakan sebuah ilmu yang memelajari tentang hukum Tuhan yang berkaitan dengan perubahan pada umat manusia yang berkaitan dengan jumlah angka kelahiran, kematian maupun pertumbuhannya.

2. W. Barclay

Barclay berpendapat bahwa demografi merupakan ilmu yang memberikan gambaran dari penduduk secara statistik melalui pembelajaran tentang segala tingkah lakunya.

3. Achille Guillard

Pada tahun 1855, Achille Guillard berpendapat bahwa demografi merupakan ilmu yang memelajari tentang suatu keadaan serta sikap manusia yang bisa diukur secara umum, fisiknya, peradaban, intelektualitasnya hingga kondisi moralnya.

4. David v. Glass

David v. Glas menjelaskan demografi memiliki batasan dalam studi tentang penduduk sebagai akibat dari pengaruh proses demografi yakni fertilitas, mortalitas maupun migrasi.

5. United Nations

Sedangkan menurut United Nations, demografi dijelaskan sebagai studi ilmiah tentang permasalahan penduduk yang berkaitan dengan struktur, jumlah maupun pertumbuhannya.

6. Philip m. Hauser & Otis Dudley Duncan

Terakhir adalah pendapat dari Philip m. Hauser dan Otis Dudley Duncan yang menjelaskan bahwa demografi adalah ilmu tentang jumlah, persebaran territorial, komposisi penduduk, perubahan serta sebab –sebab perubahan.

Dari pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa demografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang dinamika kependudukan manusia yang berkaitan dengan ukuran, struktur, distribusi penduduk, jumlah penduduk yang berubah setiap waktu.

Analisis tentang dinamika kependudukan ini bisa merujuk masyarakat secara keseluruhan maupun suatu kelompok tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Manfaat Demografi

Setelah mengenal tentang pengertian demografi, kita juga perlu mengetahui manfaat dari demografi sebagai berikut ;

  • Mengetahui tingkat perkembangan ekonomi suatu negara melalui jumlah ketersediaan lapangan kerja, jumlah resentasi penduduk yang sudah bekerja dan lain – lain.
  • Mengetahui tingkat harapan hidup rata – rata penduduk.
  • Membantu pemerintah dalam rangka perencanaan pembangunan di berbagai bidang seperti pertanian, pendidikan, perekonomian, pertahanan dan lain sebagainya.
  • Membantu pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan suatu negara. Disini, pemerintah memanfaatkan demografi untuk melihat jumlah komposisi penduduk antara masa lalu dan masa sekarang serta faktor – faktor yang memengaruhinya.

Tujuan Demografi

Demografi juga memiliki beberapa tujuan yang disampaikan para ahli demografi sebagai berikut ini adalah Tujuan Demografi:

  • Memelajari kuantitas dan distribusi penduduk yang berada pada daerah tertentu.
  • Menjelaskan tiap perkembangan penduduk yang berkaitan dengan latar belakang, tingkat perkembangan, tingkat persebaran dengan melihat data yang tersedia.
  • Memprediksi tingkat pertumbuhan penduduk di masa akan datang beserta kemungkinan konsekuensi yang akan diterima oleh penduduk.
  • Menelusuri hubungan sebab akibat antara jenis aspek organisasi sosial dengan perkembangan penduduk.

Aspek Demografi

Pembelajaran tentang aspek demografi mencakup beberapa diantaranya adalah :

1. Distribusi Penduduk

Distribusi penduduk sebenarnya berkaitan dengan aspek geografi atau wilayah bermukimnya penduduk di suatu negara. Perhitungan distribusi penduduk meliputi kepadatan penduduk dan persentase penduduk per wilayah.

Distribusi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keadaan ekonomi, sosial, geografi hingga politik. Namun, mengapa saat ini banyak terjadi urbanisasi? Nah, urbanisasi terjadi karena berbagai faktor yang berkaitan dengan pola pemukiman penduduk.

2. Pengelompokan Penduduk

Pengelompokan penduduk merupakan suatu upaya memilah penduduk berdasarkan variable – variable tertentu, seperti usia, status perkawinan, jenis kelamin, agama, kasta dan lain sebagainya.

3. Populasi Penduduk

Berdasarkan penjelasan pengertian demografi yang merupakan studi atau ilmu yang berkaitan dengan populasi penduduk. Populasi penduduk ini juga berkaitan dengan aspek kuantitas atau jumlah penduduk.

Di Indonesia sendiri, adanya perhitungan kuantitas penduduk dilakukan tiap sepuluh tahun sekali. Data yang didapatkan nantinya akan dianalisa oleh pemerintah untuk menentukan arah kebijakan kependudukan pada masa depan.

4. Kelahiran

Aspek demografi lainnya adalah kelahiran yang berkaitan dengan angka kelahiran, angka perkawinan, angka harapan hidup bayi dan kontrasepsi.

Tingkatan kelahiran yang sangat tinggi di suatu negara jika tanpa diimbangi dengan peningkatan taraf ekonomi akan berimbas pada kesejahteraan penduduk itu sendiri.

5. Kematian

Angka kematian suatu penduduk bisa diukur dengan angka kematian kasar. Kematian penduduk bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kecelakaan, penyakit, perang atau pembunuhan.

6. Tenaga Kerja

Tenaga kerja juga menjadi salah satu aspek dalam demografi. Hal ini karena penduduk dalam suatu negara memiliki berbagai profesi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pemantauan jumlah tenaga kerja pada suatu negara akan mempermudah dalam mendapatkan data perkembangan suatu negara.

7. Migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas territorial wilayah negara. Para ahli demografi menganalisis penyebaran penduduk melalui migrasi beserta dengan faktor pendukungnya.

8. Kelembagaan Penduduk

Aspek terakhir adalah kelembagaan penduduk yang berkaitan dengan pernikahan. Analisa tentang kelembagaan penduduk mencakup status pernikahan, faktor perceraian dan usia rata – rata penduduk yang menikah pada setiap area.

Demikian ulasan tentang pengertian, manfaat, tujuan dan aspek demografi. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pemahaman mengenai demografi dan pentingnya demografi untuk mengerti perkembangan penduduk dan pembangunan di suatu negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *