Pengertian Diskusi Adalah : Unsur, Tujuan, dan Jenisnya

Pengertian Diskusi Adalah

Apa itu diskusi? Pengertian Diskusi adalah sebuah komunikasi atau percakapan antara dua orang atau lebih atau berkelompok. Dan komunikasi biasanya bersama-sama dalam jenis ilmu atau pengetahuan dasar tunggal yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik.

Pengertian Diskusi Adalah  Unsur, Tujuan, dan Jenisnya
Pengertian Diskusi Adalah Unsur, Tujuan, dan Jenisnya

Dalam diskusi dapat berupa bahasan apa saja yang awalnya disebut sebagai topik. Selain itu pembahasan topik ini dan ulasan berkembang yang pada akhirnya memberikan pemahaman kepada para pembicara tentang topik tersebut.

Diadakannya proses diskusi ditujukan untuk bisa memperoleh suatu kesepakatan dan keputusan bersama atas masalah yang dihadapi dan bisa menyelesaikannya. Dan didalam forum diskusi, adanya proses tanya jawab merupakan suatu unsur yang sangat penting.

Jadi berikut merupakan pengertian diskusi dari beberapa ahli, yaitu :

  1. Pertama menurut moh.uzer usman, yang dinamakan dengan diskusi ialah suatu proses yang teratur. Dalam proses ini melibatkan beberapa orang dalam setiap interaksi yang dilakukan yang bertujuan untuk mengambil kesepakatan dan kesimpulan dari sebuah masalah yang ada.
  2. Lalu menurut hasibuan berpendapat bahwa yang dinamakan dengan diskusi merupakan suatu proses penglihatan yang melibatkan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal. Lalu saling bertatap muka mengenai tujuan atau sasaran yang sudah tertentu melalui tukar menukar informasi mempertahankan pendapat, atau memecahkan masalah.
  3. Dan menurut  moh.surya, menyatahkan bawah pengertian diskusi adalah suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk bisa memberikan sumbangan berupa ide dan pemikiran masing-masing. Untuk memecahkan masalah bersama. Pasa diskusi ini tertanam pula rasa tanggung jawab dan harga diri.

Unsur-unsur Diskusi

Ketahuilah bahwa unsur unsur diskusi adalah perangkat yang diperlukan untuk pondasi dan penujang terlaksananya proses diskusi tersebut. Unsur-unsur tersebut adalah:

Moderator

Unsure pertama ialah moderator. Jadi moderator yaitu orang yang bertugas untuk memimpin jalannya diskusi. Karena seorang moderator pemimpin sebuah diskusi, maka seorang moderator juga sering disebut dengan pempimpin diskusi.

Fungsi lainnya adalah harus bisa menjadi penengah diskusi bila terjadi perdebatan antara dua belah pihak. Jadi sebab itu, moderator merupakan unsur yang sangat penting di dalam diskusi.

Panelis atau narasumber

Unsur selanjutnya yaitu panelis atau narasumber. Nah, panelis atau narasumber ini merupakan orang yang bertugas untuk memberikan materi di dalam suatu diskusi.

Dan panelis atau narasumber bisa terdiri dari satu orang atau bahkan lebih. Panelis atau narasumber selain memberikan materi terhadap permasalahan diskusi.

Panelis juga memiliki sebuah tugas untuk memaparkan beberapa alternatif guna bisa memecahkan masalah yang ada, hal ini bertujuan agar peserta diskusi memahami masalah yang diangkat pada proses diskusi tersebut.

Selain itu, panelis juga harus siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyan dari peserta atau anggota diskusi.

Notulen

Kemudian notulen atau sering juga disebut dengan notulis merupakan orang yang bertugas untuk mencatat keseluruhan jalannya diskusi dari awal hingga akhir.

Jadi seorang notulen harus mampu dan terampil dalam menyaring informasi-informasi yang dikemukakan oleh anggota diskusi. Baik itu sanggahan, pertanyaan, maupun pernyataan.

Tugas lain dari notulen adalah mampu membuat sebuah ringkasan yang detail atau hasil dari sebuah diskusi.

Peserta diskusi

Bagi peserta diskusi atau anggota diskusi harus terlibat di dalam sebuah diskusi. Dan seorang peserta diskusi juga dituntut untuk aktif memberikan pendapat atau pikirannya yang berguna bagi pemecahan permasalahan yang terdapat di dalam diskusi.

Materi

Jadi materi ini merupakan bahan yang diperlukan di dalam diskusi. Materi biasanya disampaikan oleh panelis atau narasumber. Materi haruslah sesuai dengan masalah yang sedang di diskusikan.

Peralatan

Nah jadi satu hal yang tidak kalah penting di dalam diskusi ialah kehadiran perlengkapan ataupun peralatan penunjang.

Jadi peralatan disini tergantung dari jenis diskusi yang dibuat. Sebagai contohnya seperti microphone, meja, kursi, proyektor, dan lain-lain.

Tujuan Diskusi

  • Agar dapat menyadari & menguji bukti-bukti system nilai, pendapat & respon dari suatu gagasan atau orang lain
  • Lalu untuk menguji secara kolektif tentang suatu gagasan yang dikemukakan orang lain
  • Dan juga untuk bertukar pikiran & ide, belajar mengungkapkan serta menanggapi keterangan yang relevan
  • Mampu mengaitkan data & keadaan dari berbagai pandangan orang lain & latar belakangnya berbeda-beda

Jenis-jenis diskusi

Seminar

Seminar adalah sebuah pertemuan yang dilakukan oleh para pakar atau orang yang ahli dalam bidang tertentu yang berusaha mendapatkan kata sepakat

Sarasehan

Dalam pertemuan atau diskusi yang diadakan untuk menyimak pendapat para ahli mengenai permasalahan permasalahan yang diangkat dalam diskusi.

Lokakarya/sanggar kerja

Dilakukan pertemuan dengan tujuan yang membahas suatu karya.

Simposium

Untuk pertemuan yang diadakan atau diselenggarakan yang memiliki tujuan memberikan pengarahan singkat sebelum pelaksanaan kegiatan tertentu.

Konferensi

Untuk pertemuan untuk melakukan sebuah diskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Diskusi panel

Yaitu diskusi yang berlangsung oleh paneis atau peserta diskusi panel dan akan disaksikan oleh peserta lainnya yang diatur oleh moderator.

Diskusi kelompok

Dan penyelesaian masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil.

Nah jadi inilah postingan kali ini mengenai Pengertian Diskusi Adalah : Unsur, Tujuan, dan Jenisnya. Dan semoga dapat menambah ilmu bagi para pembaca semuanya.

Tinggalkan komentar