Pengertian Efektivitas Adalah : Fungsi, Aspek dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Efektivitas Adalah  Fungsi, Aspek dan Contohnya
Pengertian Efektivitas Adalah Fungsi, Aspek dan Contohnya

Pengertian Efektivitas Adalah

Pengertian Efektivitas adalah diambil dari kata efektif dalam bahasa Inggris (effective) yang artinya berhasil. Dalam kamus ilmiah popular dijelaskan bahwa efektivitas hasil guna atau penunjang tujuan.

Sehingga bisa diartikan, Efektivitas merupakan sesuatu yang menandakan tingkat pencapaian atas suatu tujuan yang diukur menggunakan kualitas, kuantitas maupun waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

Disisi lain, efektivitas juga bisa diartikan sebagai indikator suatu keberhasilan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian efektivitas adalah sebagai berikut :

1. Gibson et al

Menurut pendapat Gibson et al tentang efektivitas merupakan suatu nilai yang disusun terkait dengan pencapaian individu, kelompok maupun organisasi.

Jika prestasi yang dicapai sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, maka kinerjanya akan dinilai semakin efektif.

2. Ravianto

Sementara itu menurut pendapat Ravianto, efektivitas merupakan seberapa baiknya pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang serta sejauh mana keluaran yang dihasilkan sesuai dengan harapan.

Hal ini juga bisa diartikan suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan memiliki mutu yang baik, bisa dikatakan pekerjaan yang dilakukan itu efektif.

3. Sondang P. Siagian

Sondang P. Siagian menyimpulkan bahwa efektivitas merupakan pemanfaatan sarana maupun prasarana, sumber daya dengan jumlah tertentu yang sebelumnya sudah ditetapkan guna menghasilkan barang atau jasa yang nantinya akan dijalankan oleh perusahaan atau individu.

4. Prasetya Budi Saksono

Prasetya Budi Saksono menjelaskan arti dari efektivitas yakni besarnya tingkat hubungan antara keluaran yang ingin dicapai dengan keluaran yang diharapkan berdasarkan dari jumlah masukan pada sistem perusahaan atau perorangan.

5. Schemerson John R. Jr.

Terakhir adalah pengertian efektivitas menurut Schemerhon John R. Jr yang menyatakan bahwa efektivitas merupakan suatu pencapaian target yang diukur dengan membandingkan keluaran anggaran dengan keluaran realisasi. Jika keluaran anggaran lebih besar daripada keluaran realisasi maka dinilai efektif.

Dari banyaknya pendapat mengenai pengertian efektivitas di atas, yang sebenarnya memiliki inti yang sama yakni sebagai indikator tercapainya suatu tujuan.

Namun, tidak sedikit pula yang memiliki perbedaan pendapat yang berkaitan dengan cara meningkatkan, cara mengatur maupun cara menentukan indikator efektivitas yang tepat.

Fungsi Efektivitas

Setelah memahami  pengertian efektivitas, lalu apa sajakah fungsi efektivitas? Nah, berikut ini merupakan fungsi dari efektivitas :

  • Sebagai upaya mengevaluasi jalannya kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi.
  • Indikator keberhasilan target sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
  • Penentu kualitas pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan.
  • Penunjang tujuan suatu kegiatan dalam organisasi atau tujuan.

Aspek Efektivitas

Dalam efektivitas, terdapat aspek – aspek yang nantinya akan dicapai dalam suatu perencanaan kegiatan. Aspek efektivitas ini juga mengacu pada pengertiannya dapat dijelaskan pada poin – poin berikut :

1. Aspek Program

Efektivitas pada suatu kegiatan akan muncul jika sudah ada rencana atau program yang disusun sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Sebaliknya, tidak adanya perencanaan atau program pada suatu kegiatan maka tujuan dari kegiatan tidak akan tercapai.

2. Aspek Tujuan

Aspek Tujuan dalam efektivitas merupakan suatu target atau tujuan yang ingin dicapai dari diadakannya suatu kegiatan dengan mengacu pada hasil serta proses yang direncanakan.

Suatu kegiatan bisa dikatakan berjalan secara efektif jika sesuai dengan hasil yang diharapkan. Contoh aspek tujuan adalah keberhasilan guru dalam mendidik siswanya di kelas yang dibuktikan dari pemahaman seluruh siswa di kelas mengenai materi yang diberikan gurunya dalam proses belajar mengajar.

3. Aspek Fungsi

Keefektifan akan muncul ketika seseorang atau suatu organisasi bisa melakukan tugas maupun fungsinya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Maka dari itu, setiap anggota dalam suatu perusahaan atau organisasi wajib memahami tugas dan fungsinya dalam organisasi dengan baik agar dapat bekerja dengan efektif.

4. Aspek Ketentuan

Ketentuan atau peraturan yang dibuat oleh suatu perusahaan berguna untuk menjaga keberlangsungan suatu kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Ketentuan yang telah ditetapkan ini harus dilaksanakan pada suatu kegiatan agar kegiatan berjalan secara efektif.

Contoh Efektivitas

Setelah memahami aspek – aspek efektivitas di atas, kita sebaiknya juga mengetahui contoh – contoh efektivitas dalam suatu organisasi atau perusahaan agar kita bisa dengan mudah memahami efektivitas.

Contoh efektivitas bisa dimisalkan, sebuah mesin fotocopy mampu melayani 20 pegawai diharapkan bisa mengkopi 500 lembar kertas per hari.

Namun, apa yang diharapkan melebihi yang diharapkan, ternyata mesin tersebut mampu mengkopi lebih dari 500 lembar kertas per hari. Karena kinerja yang yang baik, maka mesin tersebut dianggap efektif.

 Demikian ulasan tentang Pengertian Efektivitas Adalah : Fungsi, Aspek dan Contohnya. Dari beberapa uraian yang telah disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa efektivitas merupakan kemampuan melakukan aktivitas secara fisik maupun non fisik untuk mencapai tujuan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *