Pengertian Komputer Mainframe Adalah : Ciri, Contoh dan Fungsi

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat. Dengan kemajuan teknologi tersebut sangat membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Komputer Mainframe Adalah Ciri, Contoh dan Fungsi
Pengertian Komputer Mainframe Adalah Ciri, Contoh dan Fungsi

Inovasi demi inovasi terus dikembangkan untuk memperbaiki teknologi tersebut.

Salah satu teknologi dalam bidang komputer disebut dengan nama komputer mainframe.

Pengertian Komputer Mainframe

Pengertian komputer mainframe adalah istilah dalam dunia teknologi informasi yang mengacu pada kasta paling atas dalam dunia komputer. Komputer mainframe terdiri dari banyak komputer yang akan melakukan tugas rumit dengan sangat cepat.

Jenis ini mampu melayani banyak program aplikasi, mampu melayani banyak transaksi secara bersamaan, serta masih banyak lagi kelebihannya.

Dengan tugas yang begitu berat, tidak heran bila komputer mainframe menggunakan prosesor yang mampu digunakan untuk multi user.

Komputer mainframe memiliki central processing unit dan storage device dengan ukuran sebesar lemari pakaian.

Selain memiliki kecepatan dalam pengolahan data. Komputer mainframe juga sangat tangguh dan bisa diandalkan bekerja dalam waktu yang lama.

Dengan teknologi secanggih itu, komputer ini berfungsi sebagai pusat semua data di dalam sebuah perusahaan besar.

Ciri-Ciri Komputer Mainframe

Sebagai komputer tingkat atas, tentu saja komputer mainframe memiliki ciri-ciri yang membuatnya berbeda dari komputer pada umumnya.

Berikut beberapa ciri-ciri komputer mainframe yang perlu kamu tahu.

  • Hal yang membedakan komputer biasa dengan komputer mainframe adalah jumlah prosesornya. Komputer mainframe memiliki prosesor lebih dari satu agar mendapatkan kecepatan dalam mengolah data.
  • Prosesor komputer mainframe sendiri sangat cepat, yang mana kecepatannya bisa mencapai 1 GOPS atau Giga Operations Per Second.
  • Dari segi kecepatan. Komputer mainframe mampu mengakses informasi sangat banyak dengan waktu bersamaan.
  • Komputer mainframe mampu mengakses banyak program, atau yang biasa dikenal timesharing secara bersama-sama sekaligus.
  • Membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk menjalankannya.
  • Komputer mainframe menggunakan interface yang masih bersifat teks.

Contoh Komputer Mainframe

Ada beberapa komputer mainframe, berikut beberapa contoh komputer mainframe.

  • IBM System 360.
  • IBM System 390.
  • Cray 1 dari Cray Research.
  • Honeywell Bull DPS 7.

Fungsi Komputer Mainframe

Dengan spesifikasi yang sangat tinggi tersebut, komputer mainframe biasanya dipakai dalam perusahaan yang memiliki skala besar. Karena perusahaan yang besar tentunya harus didukung dengan operasional yang mumpuni.

Berikut beberapa fungsi dari komputer mainframe yang harus kamu ketahui:

  • Komputer mainframe adalah komputer khusus dalam skala besar. Baik digunakan untuk pengolahan data atau menyimpan data.
  • Komputer mainframe mampu membuka banyak aplikasi sekaligus di waktu yang bersamaan. Keahlian tersebut biasa disebut dengan multitasking.
  • Komputer mainframe bisa digunakan sebagai pengawas dalam lalu lintas data.
  • Komputer mainframe menggunakan teknologi time sharing yang mampu membuatmu berbagi informasi juga mendapatkan informasi penting.

Dengan teknologi yang sangat canggih tersebut, komputer mainframe juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dari komputer mainframe sendiri antara lain:

  • Komputer ini memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan berkali lipat lebih besar daripada komputer pada umumnya.
  • Tampilan interfaces masih menggunakan teks. Sehingga kamu harus menguasai bahasa pemrograman untuk menguasai komputer mainframe.
  • Harga dari komputer ini sangat mahal. Mengingat kemampuan dari komputer ini memang tidak bisa diragukan lagi karena diperuntukkan bagi bisnis dengan skala besar.
  • Daya listrik yang dipakai komputer mainframe juga sangat besar. Jika kamu berniat memiliki komputer tersebut di perusahaanmu, pastikan listrikmu cukup.

Perbedaan Komputer Mainframe Dengan Superkomputer

Meski sama-sama memiliki spesifikasi yang tinggi, namun komputer mainframe berbeda dengan superkomputer.

Superkomputer bisa dibilang sebagai komputer khusus karena mampu diandalkan untuk bekerja dan pengolahan data.

Superkomputer adalah alat teknologi yang yang tidak bisa dimiliki oleh orang sembarangan. Biasanya komputer ini dimiliki oleh organisasi besar seperti NASA.

Penggunaan superkomputer ini juga berbeda, superkomputer biasanya digunakan untuk penelitian.

Superkomputer juga memiliki ukuran yang sangat besar seperti komputer mainframe dan untuk perawatannya, harus berada didalam ruangan ber AC agar komputer bisa berjalan optimal.

1. Beberapa Tugas Superkomputer

Dengan kemampuan yang sangat canggih tersebut. Superkomputer diperuntukkan bagi lembaga yang fokus melakukan penelitian lebih mendalam tentang alam semesta.

Berikut beberapa fungsi superkomputer yang harus kamu ketahui.

  • Ilmuwan di National Laboratory Los Alamos menggunakan superkomputer IBM Roadrunner untuk meneliti tentang alam semesta ini.
  • Superkomputer mampu digunakan untuk menganalisis gempa bumi yang ada di seluruh dunia. Selain itu, komputer ini mampu mengeksplorasi sumber daya alam seperti batubara, minyak bumi, gas alam dan lain sebagainya.
  • Superkomputer juga mampu melihat fenomena cuaca seperti meramal cuaca, mempelajari tingkat dan sifat dari sebuah badai, angin, hujan dan lain sebagainya.
  • Yang paling mengerikan adalah superkomputer mampu menembakkan nuklir dengan satu sentuhan tangan saja, jika hal tersebut terjadi, bisa dipastikan akan terjadi perang dunia.

2. Contoh Super komputer Yang Paling Populer Di Dunia

  • IBM Sequoia yang berada di Amerika Serikat.
  • Fujitsu K Computer yang berada di Jepang.
  • IBM Mira yang berada di Amerika Serikat.
  • IBM Supermuc yang berada di Jerman.
  • NUDT Tianhe 1A yang berada di China.

Perbandingan Mainframe dan Superkomputer

Mainframe dan superkomputer memiliki beberapa perbedaan. Komputer besar yang mampu mengolah aplikasi dalam jumlah besar serta memproses data yang besar dikenal dengan mainframe.

Mainframe lebih sering digunakan oleh organisasi maupun perusahaan untuk menangani data seperti riset, transaksi finansial, sensus, hingga keperluan militer.

Hal ini karena kemampuan mainframe untuk menanganai ratusan pengguna dalam waktu bersamaan. Pada umumnya, komputer jenis mainframe digunakan oleh perusahaan besar yang mampu untuk menggunakan mainframe.

Sedangkan superkomputer hanya mampu digunakan untuk melakukan perhitungan intensif seperti melakukan perhitungan riset iklim pemanasan global, maupun melakukan perhitungan pemodelan molekul, serta analisikrip dan simulasi fisik seperti simulasi peledakan, simulasi kapal terbang, hingga simulasi senjata nuklir.

Tugas Superkomputer

Selain mengetahui mengenai perbandingan dari mainframe dan superkomputer, maka perlu juga untuk mengetahui mengenai tugas dari superkomputer.

Beberapa tugas dari superkomputer antara lain yaitu diperuntukkan agar lembaga dapat lebih fokus dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan alam semesta. Selain itu, fungsi superkomputer antara lain

  1. Mampu digunakan untuk menganalisa gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia. Superkomputer juga bisa mengeksplorasi sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, batubara, dan sumber daya alam lain
  2. Terkadang, superkomputer digunakan untuk menganalisa nuklir. Bahkan, superkomputer juga bisa digunakan untuk menembakkan nuklir dengan hanya satu sentuhan jari atau tangan saja
  3. Selain itu, superkomputer juga bisa digunakan untuk melihat beragam fenomena cuaca serta mempelajari mengenai sifat dari badai, hujan, angin, serta fenomena alam lain

Kelebihan dan Kekurangan Superkomputer

Superkomputer yang mampu melakukan tugas rumit dan mengolah data secara intensif. Namun bukan berarti data superkomputer hanya memiliki kelebihan dan tak memiliki kekurangan.

Sehingga perlu diketahui juga yang menjadi kelebihan serta kekurangan dari superkomputer.

1. Kelebihan Superkomputer

Superkomputer tentu memiliki kelebihan yaitu bisa melakukan perhitungan secara cepat hingga melakukan operasi yang mencapai triliunan operasi per detik.

Perhitungan yang dilakukan oleh superkomputer juga tergolong cukup akurat sehingga bisa dijadikan sebagai pendetekasi dari bencana serta bisa digunakan untuk melakukan simulasi fisik seperti simulasi senjata nuklir dan simulai kapal terbang.

Superkomputer juga tentunya memiliki spesifikasi yang sangat tinggi sehingga dapat melakukan operasi yang cepat dan ketika melakukan operasi yang cepat dibutuhkan hardware dengan kemampuan yang tinggi serta core dengan puluhan ribu lebih. Hal ini tentu berbeda dengan komputer biasa yang berada pada 4 core.

2. Kekurangan Superkomputer

Superkomputer memang memiliki kelebihan yang menggiurkan. Namun, bukan berarti superkomputer tak memiliki kekurangan.

Kekurangan yang ada pada superkomputer seperti harga yang dipatok sangat tinggi karena kemampuan dengan kualitas hardware yang besar.

Superkomputer biasanya juga memakan banyak tempat karena bentuknya yang besar dan melibatkan hardware pendukung sehingga dibutuhkan tempat tersendiri untuk meletakkan superkomputer.

Selain itu, untuk mendapatkan superkomputer juga terbilang cukup sulit karena superkomputer dibuat secara terbatas oleh masing-masing perusahaan seperti IBM, Cray, dan perusahaan lain.

Karena superkomputer dibuat secara terbatas, maka perbaikan dan perawatan pada superkomputer pun terbilang cukup sulit karena harus menemui pihak pembuat secara langsung. Ini berbeda dengan PC biasa yang memiliki banyak tempat untuk melakukan perbaikan.

Contoh Superkomputer Paling Popular di Dunia

Superkomputer telah ada sejak tahun 1960an. Sejak saat itu, superkomputer telah mengalami perubahan yang drastis hingga mampu melakukan perhitungan dengan lebih cepat dari superkomputer awal.

Dari beberapa superkomputer yang digunakan dan dijual, ada beberapa superkomputer yang popular baik itu karena kecepatan operasi maupun karena presisi yang tinggi.

Beberapa superkomputer yang populer di dunia misalnya Fujitsu K Computer yang diciptakan oleh negara Jepang, IBM Mira yang diciptakan oleh Amerika Serikat, IBM Sequoia yang ada di Amerika Serikat, serta NUDT Tianhe 1A yang berasal dari Tiongkok.

Itulah kilasan pembahasan mengenai Pengertian Komputer Mainframe Adalah : Ciri, Contoh dan Fungsi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar