Pengertian Molekul Adalah : Jenis, Struktur dan Contohnya

Diposting pada

Di dalam teori kimia ada istilah penting, yaitu molekul. Biasanya materi ini dipelajari dalam ilmu kimia dasar. Kimia sendiri merupakan studi yang membahas tentang reaksi kimia dari aktivitas manusia dengan alam atau lingkungan. Karena reaksi kimia inilah muncul yang studi namanya molekul.

Pengertian Molekul Adalah  Jenis, Struktur dan Contohnya
Pengertian Molekul Adalah Jenis, Struktur dan Contohnya

Lantas apa definisi dari molekul tersebut? Apa jenis dan contoh-contohnya?  Berikut jawaban beserta jenis jenisnya. Sedangkan di akhir nanti kami juga menyertakan contoh-contohnya. Silakan disimak semoga ada manfaatnya.

Pengertian Molekul

Pengertian Molekul adalah istilah yang banyak dikenal orang. Bahkan orang yang ahli dan mahir di bidang ini juga banyak. Walaupun begitu, yang masyarakat belum memahami dengan sempurna juga tidak sedikit.

Sehingga mereka mentafsirkan molekul dengan salah kaprah dan asal-asalan. Atas dasar itulah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang pengertian molekul.

Sudah banyak ahli kimia yang menulis dan berbicara tentang pengertian molekul. Sebagian besar menyatakan kalau molekul merupakan kumpulan atom yang terkait satu sama lain.

Sebuah ikatan kuat bahkan berpola kovalen dengan ciri-ciri tertentu, yaitu muatannya netral dengan susunan khusus.  Cabang ilmu khusus yang mempelajari molekul disebut molekuler. Sebuah kajian ilmu yang juga ditemukan pada disiplin fisika dan disebut fisika molekuler dan disiplin kimia yang disebut kimia molekuler.

Yang membedakan ilmu molekul antar cabang dikarenakan konsep dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Fisika molekuler adalah ilmu atau materi studi yang mempelajari tentang molekul dari segi hukum ketika mengatur sifat dan struktur molekul. Sedangkan kimia molekuler, dasar kajiannya adalah hukum dari interaksi antar molekul yang terjadi.

Sekalipun fisika molekul dengan kimia molekul berbeda, tetapi tidak merubah esensi definisi dari molekul itu sendiri. Bahkan keduanya saling terkait erat sehingga menjadi ilmu pengetahuan yang populer dan digemari hingga saat ini.

Jenis-jenis Molekul

Menurut jenisnya, molekul dibagi menjadi dua macam yaitu molekul unsur dan molekul senyawa. Berikut ini kami jabarkan pengertian dan contohnya yang lebih detil, yaitu:

1. Molekul unsur

Molekul unsur adalah molekul yang dihasilkan dari kolaborasi antara unsur dengan atom yang berasal dari satu jenis yang sama.

Pengertian ringkasnya, molekul unsur adalah molekul yang hanya memiliki satu jenis atom/unsur saja. Ternyata, molekul ini disebut molekul unsur karena hasil penggabungan dari satu atom dan satu unsur yang melebur menjadi satu.

2. Molekul senyawa

Berbeda dengan molekul unsur, molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari berbagai macam atom dan unsur yang banyak.

Selain itu, ada ahli yang juga menyatakan kalau definisi molekul senyawa merupakan molekul yang dihasilkan oleh atom dan unsur dari varian berbeda.

Dari segi penamaan, molekul unsur dengan senyawa sudah berbeda secara signifikan. Molekul unsur dinamakan dari jumlah unsur dan atom yang hanya sejenis, sedangkan molekul senyawa namanya di ambil dari jumlah atom dan unsur yang banyak dan berbeda-beda.

 Memang keduanya memiliki kesamaan, namun untuk molekul senyawa, atom dan unsur yang diserapnya mencapai 4 bahkan 5 buah.

Salah satu sample konkrit-nya untuk molekul unsur adalah CO2. Yang mana senyawa ini merupakan kumpulan dari atom karbon, atom nitrogen, oksigen, atom hidrogen dengan jumlah berbeda-beda yang dikenal dengan istilah urea.

Struktur Molekul

Struktur molekul merupakan sebuah ikatan-ikatan unsur yang membentuk sebuah molekul. Dimana Molekul ini terdiri dari beberapa jumlah atom yang menjadi satu atau dnegan kata lain bergabung melalui ikatan kimia (bisa ikatan kovalen, ikatan hidrogen dan ikatan ion).

Bentuk kimia dan fisika molekul tersebut. Perlu diketahui bahwa Kebanyakan molekul mempunyai bentuk  geometri yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Molekul-molekul tersebut saling berikatan satu demaka harus sesuai dengan  aturan-aturan unsur-unsur tersebut dalam membentuk sebuah molekul.

Contoh-contoh Molekul

1. Contoh Molekul Unsur

Molekul unsur memiliki contoh yang lebih mudah. Karena atom dan unsurnya sama serta jumlahnya juga sama. Contohnya adalah Oksigen, Posfor, Hidrogen dan selainnya. Unsur-unsur ini dihasilkan dari Dwiatom, Triatom, Tetratom dan yang lainnya.

2. Contoh Molekul Senyawa

Contoh molekul senyawa yang populer adalah CO2 atau istilah kimianya adalah karbon dioksida. Molekul ini disebut molekul senyawa karena pembentuknya terdiri dari satu atom karbon dengan dua atom oksigen.  

Kolaborasi atom dengan jumlah berbeda. H2O atau air juga termasuk contoh molekul senyawa. Karena zat ini dibentuk dari dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen.

Contoh molekul senyawa yang lebih praktis dan penting adalah sistem pernafasan manusia. Dalam proses tersebut terdapat hubungan antara molekul senyawa dengan molekul unsur.

Terutama ketika sudah terjadi reaksi kimia. Ini kalkulasinya, yaitu: C6H12O6 + 6O2 diproses menjadi 6CO2 + Energi + 6H2O.

Bagaimana anda sudah memiliki gambaran tentang perbedaan antara molekul senyawa dengan molekul unsur? Apakah pengertiannya juga sudah anda cerna dengan baik?

Demikianlah artikel tentang Pengertian Molekul Adalah : Jenis, Struktur dan Contoh Molekul. Semoga bisa meningkatkan edukasi dan tambahan pengetahuan anda tentang kajian kimia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *