Ayam Birma : Ciri Cirinya, Jenis dan Harga

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Ayam Birma : Ciri Cirinya, Jenis dan Harga? Pecinta unggas atau peternak ayam, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis Ayam Birma yang menawan ini. Ayam Birma atau ayam Burma biasana menjadi salah satu jenis ayam yang menjadi jagoan atau diadu dalam perlombaan kekuatan ayam jago.

Ayam Birma Ciri Cirinya, Jenis dan Harga
Ayam Birma Ciri Cirinya, Jenis dan Harga

Banyak orang yang senang memelihara dan membudidayakan Ayam Birma karena keuntungan yang sangat tinggi.

Ketika seekor Ayam Birma berhasil memenangkan lomba, maka harganya akan melejit seharga satu unit mobil. Tak heran jika lantas Ayam Birma adalah ayam primadona untuk ukuran ayam petarung atau ayam hias.

Ciri-ciri Ayam Birma

Dilihat dari penampakan secara fisik. Ayam Birma memang terlihat gagah, gesit dan kuat dibanding ayam lokal Indonesia.

Untuk mengetahui dan mengenali ciri ciri ayam birma, berikut ini adalah beberapa tanda fisiknya:

1. Badan kecil

Meski bertubuh kecil, tapi Ayam Birma adalah kecil – kecil cabe rawit alias jagoan. Dengan bobot tubuh antara 2 hingga 2,5 kilo gram saja, mampu mengalahkan ayam lokal jantan dewasa di arena pertarungan.

Agar memperoleh tubuh yang lebih kekar dan besar, para pecinta ternak ayam, biasanya menyilangkan Ayam Birma yang bertubuh kecil dan pendek dengan ayam Bangkok atau ayam lokal.

Hasilnya, ayam birma keturunan ini memiliki tubuh kekar, besar dan kuat. Superr…

Baca Juga : Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina

2. Bentuk wajah lurus dan garang

Memiliki insting petarung yang kuat. Ayam Birma sangat garang terlihat dari sepintas.

Bagian telinga besar dan paruh berukuran kecil tidak sebesar ayam Bangkok. Ada jenggot pada bawah paruh.

3. Mata tajam, cembung dan melotot

Mata Ayam Birma lebih cembung ke depan, sehingga tampak melotot untuk menakuti musuhnya.

Maka dari itu, Ayam Birma terlihat lebih garang dan galak. Bahkan, lebih galak ketimbang ayam aduan lain seperti ayam Thailand atau ayam Saigon.

4. Tulang kaki berukuran kecil

Seolah tak sebanding dengan kegarangannya, Ayam Birma malah memiliki bentuk kaki yang berukuran kecil dan tipis.

Akan tetapi, tulang kaki yang kecil dan tipis, membuat Ayam Birma terlihat lebih gesit ketika berjalan di sekitar kandang.

Untuk menjadikannya ayam aduan, para peternak harus menunggu beberapa waktu agar usia Ayam Birma bertambah hingga 15 bulan dan tulang – tulangnya mengeras.

5. Bulu berwarna campuran merah, abu abu dan wido

Permukaan tubuh Ayam Birma ditutupi bulu yang tebal dan menjuntai. Bulu Ayam Birma pun lebih banyak dan lebat ketimbang ayam Bangkok. Jika dilihat lebih teliti, warna Ayam Birma bervariasi.

Seperti merah, abu abu dan wido. Sementara, ayam Thailand atau ayam Bangkok berwarna kuning kemerahan, merah kehitaman atau abu-abu campuran merah.

6. Jengger tebal dan tegak

Jengger Ayam Birma yang asli memiliki bentuk seperti bantam ular atau tanduk ular. Posisinya berdiri tegak di atas kepala.

Jika Ayam Birma memiliki ukuran jengger yang kecil, ini menandakan bahwa Ayam Birma tersebut memiliki jiwa petarung yang kuat, gesit dan energik.

7. Telinga terdapat bercak putih

Satu lagi ciri khas Ayam Birma yang mungkin perlu diketahui. Yaitu, ada tanda putih di sekitar telinga.

Ini berarti Ayam Birma masih liar dan belum banyak dibudidayakan. Jika Anda menjumpai warna putih di sekitar telinga Ayam Birma, maka bisa dikatakan Ayam Birma tersebut tergolong asli dan langka.

Harganya pasti bisa fantastis alias selangit karena belum dikawin silang dengan jenis unggas lain.

Jenis-jenis Ayam Birma

Bila Anda ingin memelihara atau ternak ayam birma alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis ayam birma, silahkan simak dibawah ini :

1. Ayam Birma Super (Asli)

Jenis ayam birma ini merupakan jenis ayam birma yang masih asli dan belum ada campuran gen dengan jenis ayam yang lainnya.

Dalam bertarung jenis ayam ini juga memiliki mental yang sangat besar atau mental baja. Walaupun memiliki ukuran tubuh yang kecil namun kehebatannya tidak bisa diremehkan.

Dengan kelincahan dan teknik yang dimilikinya ayam ini bisa dengan mudah mengalahkan ayam bangkok thailan dalam sebuah pertarungan.

Kelebihan lain dari ayam ini adalah terletak dari pukulannya yang akurat dan cepat sehingga bisa mengalahkan lawan dengan mudah.

Apabila kita perhatikan dengan seksama pukulan nampak tidak keras dan tidak membahayakan namun terdapat beberapa pukulan simpanan yang bisa membuat lawan tumbang secara tiba tiba.

2. Ayam Birma Atret

Ciru utama yang bisa kita lihat adalah dari gaya bertarung yang dimilikinya. Di indonesia sendiri ayam ini  sangat digemari dalam pemburuan liar. Karena di wilayah perkebunan kelapa sawit masih banyak berkeliaran.

gaya bertarung yang dimilikinya adalah keakuratan dan kecepatan terutama pada bagian leher lawan. Pukulat yang dilancarkan tersebut membuat lawan kehilangan keseimbangan.

3. Ayam Birma Mabin

Di indonesia jenis ayam ini merupakan salah satu favorit untuk dijadikan ayam petarung yang memiliki postur yang mendukung dalam kemenangan disetiap pertarungan.

Ayam mabin memiliki bulu yang hampir mirip dengan ayam bangkok. Secara umum jenis ayam ini memiliki sisik yang berwarna hijau dan hitam.

Sedangkan bulunya memiliki warna hitam dan merah hati. Dalam bertarung ayam ini sangat gesit sehingga mudah dalam mengalahkan lawan dalam pertarungan.

4. Ayam Birma Rambong

Ciri terbaik ayam birma rambong ini adalah memiliki postur tubuh yang kekar dan gagah. kemudian ia juga memiliki kemampuan memukul yang tidak bisa diremehkan oleh lawannya.

Persentase pukulan yang tepat sasaran sangat tinggi dalam mengenai titik syaraf sehingga membuat tumbang semua lawannya.

Selain itu ayam ini juga memiliki bahu yang sangat kekar. Untuk pemula dalam dunia ayam biasanya ayam ini disebut sebagai ayam bangkok birma. Hal ini dikarenakan ayam ini sangat mirip dengan ayam bangkok namun postur tubuhnya lebih pendek.

5. Ayam Birma Berasil

Selanjutnya ayam birma berasil dimana ia merupakan hasil dari persilangan ayam birma asli dengan ayam Brazilian. Persilangan ini dilakukan dengan ayam betina dari jenis Brazilian dan yang jantan dari ayam birma asli.

Ayam ini memiliki mental yang baik dimana gaya bertarungnya mempunyai tipe atar atau kuda lari. Kemudian ia juga memiliki daya pukul yang sangat keras dan bisa melompat dengan ketinggian diatas rata rata ayam birma lainnya.

6. Ayam Birma Gostan

Birma Gostan memiliki warna yang sangat khas yakni warna wido jalak. Di kalangan pecinta ayam, jenis ayam ini sangat populer dan diminati. Hal ini disebabkan ia memiliki gaya bertarung yang sangat baik dan kecepatan yang tinggi.

gaya bertarung yang dimiliki tidak bisa diremehkan, oleh karena itu ayam ini sering kita jumpai di ajang kontes aduan ayam. Kemampun pukulan juga bertubi-tubi sehingga keagresifannya sangat tinggi.

7. Ayam Birma Malow

Ketahuilah jenis ayam ini memiliki gaya bertarung yang sangat unik dan khas yakni memiliki gaya gelandang atau kuda lari. Berbeda dengan jenis ayam bangkok secara umum, jenis ayam ini mempunyai corak sendiri yaitu berwarna kelabu emas.

Kelincahan dan kecekatan dalam bertarung menjadi jenis ayam ini lebih banyak diunggulkan. Dalam pertarungan tanpa melakukan pukulan ayam ini dengan mudah untuk menghindari pukulan lawan. Dengan teknik tersebut tentunya akan menghemat tenaga.

8. Ayam Birma Kradungton

Jenis ayam ini memiliki ciri tulang yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ayam birma lainnya. kemudian ia juga sangat mirip dengan ayam bangkok dalam hal ukuran tubuh dan tulangnya sehingga sering disebut sebagai ayam kancing mas.

Dalam pertarungan jenis ayam ini memiliki keunggulan  dari segi gaya gelandang yang dilakukan untuk menghindari serangan lawan. Ia juga mampu memukul balik tanpa melakukan patukan kepada lawannya.

Teknik ini sering digunakan oleh jenis ini untuk menumbangkan dan mengalahkan lawan.

9. Ayam Birma Mabuk

Ayam ini memiliki nama asli drunk yang memiliki arti mabuk. Untuk ukuran tubuh dan tulang ayam ini lebih besar dibandingkan dengan ayam birma asli atau orisinal dan ia hampir mirip dengan birma jenis kradungton.

Gaya bertarungnya sangat unik dan beda dari yang lainnya karena terkesan ngawur sesuai dengan namanya ayam mabuk.

Salah sedang bertarung dan terjatuh ayam ini masih bisa melakukan perlawanan dan juga serangan kepada lawannya. dengan alasan tersebutlah ayam jenis ini disebut sebagai birma mabuk.

10. Ayam Birma Mata Katak

Ayam ini memiliki nama yang unik karena ia mempunyai mata yang mirip sekali dengan mata katak. Mata ayam ini memiliki kombinasi yang sangat indah yakni warna hitam, coklat dan terdapat corak bercak-bercak yang berada disekitarnya.

Baca Juga : Jenis Ayam Aduan Paling Mahal

Harga Ayam Birma

Untuk bisa mendapatkan ayam birma tentunya tidak murah, berikut adalah beberapa harga ayam bira yang telah kami rangkum :

Jenis & Usia Ayam Birma Harga Ayam Birma
Ayam birma asli (indukan) 2.100.000
Ayam birma hasil silang dengan silang ayam bangkok 2.000.000
Ayam birma asli usia 6 bulan  1.600.000
Ayam birma sardot junior 7bln 1.000.000
Ayam birma saigon hasil silang dengan ayam bangkok.  900.000
Ayam birma tinggi dengan berat 4-5 kg.  800.000
Ayam birma anakan dengan usia 11 bulan.  600.000
Ayam birma betina F1.  500.000
Ayam birma anakan.  150.000
Ayam birma anakan vietnam  40.000

Demikian info tentang Ayam Birma : Ciri Cirinya, Jenis dan Harga. Semoga memberikan manfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *