5 Cara Menjinakkan Burung Kacer

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Menjinakkan Burung Kacer?  Burung kacer atau nama Inggrisnya adalah magpie-robin merupakan salah satu jenis burung yang habitat aslinya ada di Asia Selatan Tropis yaitu Bangladesh, India, Sri Lanka serta Pakistan Timur, Indonesia Timur, Thailand, Cina Selatan, Malaysia dan Singapura.

5 Cara Menjinakkan Burung Kacer
5 Cara Menjinakkan Burung Kacer

Di beberapa daerah tersebut, burung kacer dapat ditemukan di hutan terbuka.

JENIS-JENIS BURUNG KACER

Di Indonesia ada 2 jenis burung kacer yang paling mudah ditemui yakni burung kacer sumatera dan burung kacer jawa.

Selain itu ada beberapa jenis burung kacer lainnya seperti burung kacer madagaskar, burung kacer blorok dan burung kacer kalimantan, untuk lebih lanjutnya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Burung Kacer Sumatera

Burung kacer sumatera dikenal juga dengan nama burung kacer poci memiliki suara kicauan yang sangat indah.

Ciri-ciri burung kacer sumatera adalah bulunya berwarna kombinasi hitam serta putih, pada bagian kepala, leger hingga bagian ekornya berwarna hitam sedangkan bagian dada, perut, sayap bagian tengahnya berwarna putih. Burung kacer sumatera dapat menirukan suara burung jenis lainnya.

2. Burung Kacer Madagaskar

Burung kacer madagaskar merupakan burung kacer yang berasal dari afrika. Sekilas, burung kacer madagaskar mirip dengan burung kacer sumatera.

Burung kacer madagaskar berbentuk sedikit bulat dan suara kicauannya terkenal dengan suara kristal yang ekspresi sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

3. Burung Kacer Blorok

Burung kacer blorok merupakan salah satu jenis burung kacer yang sangat langka. Kacer blorok memiliki warna bulu yang belang pada bagian perut, leher, sayap hingga punggung.

4. Burung Kacer Kalimantan

Burung kacer kalimantan di habitat aslinya dikenal sebagai burung tinjau atau kacer borneo.

Jenis Burung kacer kalimantan di bagi atas 3 ras utama diantaranya adalah Copsycus, Adamsi serta Pluto. Ras Pluto memiliki warna bulunya hitam pekat dan terdapat sedikit bulu berwarna putih.

Ras Copsycus memiliki warna dominan hitam dan di perutnya hingga pantatnya berwarna putih. Perbedaan burung kacer kalimantan dengan burung kacer sumatera adalah pada warna bulunya pada bagian dada.

Jika warna bulu pada bagian dadanya berwarna putih maka itu adalah burung kacer sumatera sedangkan jika bulu dadanya berwarna hitam berarti itu burung kacer kalimantan.

Burung kacer kalimantan dapat ditemukan di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara. Beberapa jenis burung kacer kalimantan juga dapat ditemukan di Bali, Nias serta Bangka Belitung.

5. Burung Kacer Jawa

Burung kacer jawa memiliki warna bulu dominan hitam pekat. Jenis Burung kacer jawa ini kualitas kicauan maupun fisiknya sangat bagus. Oleh sebab ini burung kacer jawa diminati oleh pecinta burung.

Kelebihan dari burung kacer jawa adalah memiliki mental yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kacer poci. Hal ini tentu penting jika anda akan mengikutsertakan burung kacer dalam perlombaan.

CARA MENJINAKKAN BURUNG KACER

Setelah mengetahui jenis-jenis burung kacer maka tak kalah pentingnya mengetahui cara menjinakkan burung kacer, apalagi jika anda berencana untuk memelihara burung kacer.

1. Menaruh Burung Kacer di Sangkar yang Cukup Sempit

Apabila anda baru membeli burung kacer dan selama beberapa hari burung kacer anda belum juga jinak sebaiknya tempatkan burung kacer di sangkar yang cukup sempit.

Hal ini agar gerak burung kacer menjadi terbatas sehingga anda akan dengan mudah menjinakkan burung kacer.

Namun yang perlu diingat, jangan menempatkan burung kacer selama-lamanya di kandang sempit karena ini akan mengakibatkan burung kacer menjadi stres karena geraknya terbatas.

2. Sering Memberikan Siulan kepada Burung Kacer

Agar burung kacer jinak dan mengeluarkan kicauan yang gacor maka anda perlu sesering mungkin memberikan siulan kepada burung kacer. Hal ini terbukti ampuh agar burung kacer sering berkicau dan menjadi jinak.

3. Memandikan Burung Kacer

Rutin memandikan burung kacer juga dapat membuat burung kacer jinak dengan anda. Burung kacer akan merasa nyaman dan dekat dengan anda ketika anda sering memandikan burung kacer.

Selain itu, rutin memandikan burung kacer juga dapat menghindari burung kacer terinfeksi bakteri atau penyakit.

4. Memberikan Burung Kacer Makan dengan Menggunakan Tangan

Selain itu, memberikan makan burung kacer dapat membantu menjinakkan burung kacer. Awal mulanya mungkin burung kacer akan menolak namun jika sering melakukan hal ini lama-lama burung kacer akan terbiasa dan menjadi jinak.

5. Jangan pernah Kasar kepada Burung Kacer

Selain hal-hal di atas, hal lain yang harus diperhatikan jika ingin membuat burung kacer anda jinak adalah jangan pernah memperlakukan burung kacer dengan kasar.

Apabila anda memukul atau melakukan kekerasan fisik kepada burung kacer yang membuat burung kacer menjadi kaget hingga trauma, ini membuat burung kacer menjadi tidak jinak kepada anda dan tidak mau berkicau sama sekali akibat trauma karena kekerasan fisik yang dia alami.

Demikianlah informasi terkait jenis-jenis burung kacer serta bagaimana cara menjinakkan burung kacer. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Melatih Burung Kacer Agar Gacor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *