6 Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak

Diposting pada

Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Tahukah Anda Ternyata terdapat Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak?

6 Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak
6 Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak

Mungkin informasi ini masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Selain itu, beberapa orang berpikir bahwa memiliki hewan peliharaan hanya akan membuat mereka repot.

Padahal ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan. Terlebih lagi hewan peliharaan tersebut juga bermanfaat bagi perkembangan buah hati. Kira-kira apa saja manfaatnya? Kami akan menjelaskannya di bawah ini.

Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak

1. Untuk Melatih Kedewasaan Anak

Berdasarkan keterangan dari Psychology Research and Behavior Development, memelihara hewan memiliki manfaat untuk membantu perkembangan kedewasaan dan psikologi anak.

Kegiatan ini bermanfaat untuk mengajarkan kepada anak tentang rasa tanggung jawab, kepedulian, dan juga kasih sayang.

Bahkan balita juga bisa diajarkan mengenai tanggung jawab dan kepedulian terhadap hewan peliharaan.

Cara ini juga membantu anak agar memahami tugas perawatan secara sederhana. Contohnya seperti memberi minum atau menuangkan makanan ke piring.

Meskipun di sini Anda mengerjakan hampir semua perawatan hewan tersebut. Namun anak akan sedikit demi sedikit mempelajari perilaku Anda meskipun Anda tidak mencontohkannya secara langsung.

2. Mengajarkan Anak Agar Menjadi Pribadi yang Penyayang

Manfaat yang kedua dengan adanya hewan peliharaan di rumah adalah Anda bisa mengajarkan anak agar menjadi seseorang yang penyayang.

Anak Anda akan mulai terbentuk karakternya sehingga menjadi anak yang lembut, berempati, serta penuh kasih sayang.

Ketika Anda melibatkan anak Anda secara langsung di dalam mengurus peliharaan, buah hati Anda akan menyadari bahwa hewan peliharaan seperti manusia yaitu membutuhkan tempat tinggal, makan, dan juga kasih sayang.

Rasa belas kasihan tidak serta merta muncul ketika Anda dewasa. Melainkan sebuah perasaan yang memang harus dibentuk sejak dini.

Maka dari itu, diperlukan sebuah usaha tertentu untuk terus memupuk rasa belas kasihan tersebut karena ini akan bermanfaat terhadap kehidupannya kelak. Terutama ketika harus berbaur dengan masyarakat.

3. Terlatih untuk Menjalin Hubungan

Kita semua tahu bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain dan memang tidak akan bisa hidup sendiri.

Menjalin serta mempertahankan suatu hubungan merupakan hal yang wajib dimiliki setiap orang. Dengan begitu, dia bisa berinteraksi dengan nyaman.

Menurut penjelasan dari Shelby H. Wanser yang berasal dari Oregon University Amerika Serikat, memelihara hewan bisa melatih anak di dalam berinteraksi serta menjalin hubungan dengan orang lain.

Tentunya ini akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan sosialnya kelak.

4. Membantu dalam Hal Perkembangan Belajar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Andrea Beetz dari University of Rostock Jerman, menjelaskan bahwa memelihara hewan bisa memberikan manfaat untuk perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus.

Terutama jika berkaitan dengan interaksi sosial.

Hal ini karena dengan memelihara hewan maka akan timbul rasa empati, melatih sensorik maupun motorik, meningkatkan konsentrasi, serta mampu membuat emosi anak tersebut menjadi lebih stabil.

Meskipun begitu, Anda harus tetap mempertimbangkan faktor usia serta kondisi anak.

Jangan sampai Anda memelihara hewan yang malah menyebabkan anak Anda mengalami cedera atau tidak merasa aman.

Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan para ahli sebelum nantinya Anda memutuskan untuk memelihara hewan.

5. Mencegah Anak Mengalami Alergi

Mungkin Anda sering mendengar orang-orang yang tidak ingin memelihara hewan karena mereka takut alergi.

Padahal hasil studi dari Dennis Ownby yang berasal dari Augusta University Amerika Serikat memberikan kesimpulan yang berbeda.

Dia berpendapat bahwa interaksi yang dilakukan dengan hewan sejak balita malah mampu menurunkan risiko mengalami alergi.

Studi ini dibuktikan dengan hasil tes kulit dari orang-orang yang memiliki alergi terhadap debu, serbuk sari, tungau, maupun getah tanaman.

Meskipun sebenarnya hal ini masih belum bisa dipastikan, Dr. Ownby menjelaskan bahwa pada saat hewan menjilat tubuh anak, bakteri yang berasal dari hewan tersebut dapat meningkatkan sistem imun sehingga membuat anak kebal terhadap alergi.

6. Menurunkan Risiko Mengalami Asma

Banyak juga orang yang berpendapat bahwa memelihara hewan hanya akan meningkatkan risiko anak mengalami asma.

Padahal pernyataan ini berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Penelitian yang sudah dilakukan pada 442 anak yang masih umumr 7 tahun menyatakan jika anak ketika bayi atau balita kerap berinteraksi dengan hewan peliharaan, membuat anak tersebut lebih kebal dari berbagai alergen maupun infeksi bakteri yang menjadi sebab penyakit asma.

Meskipun begitu, hubungan anak hewan peliharaan dengan asma pada anak-anak juga masih harus dikaji secara lebih mendalam.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter jika memang Anda memiliki indikasi mengalami asma.

Demikian informasi seputar manfaat memelihara hewan bagi perkembangan anak. Beberapa manfaat lainnya yang juga bisa Anda rasakan yaitu:

  • Menghilangkan stres
  • Membuat anak tidak kesepian
  • Meningkatkan kepercayaan diri anak
  • Meningkatkan solidaritas keluarga

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *