Jenis, Klasifikasi dan Anatomi Nyamuk

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Jenis, Klasifikasi dan Anatomi Nyamuk? Nyamuk (bahasa latin: culicidae) merupakan salah satu hewan, yang biasa ditemui di berbagai tempat termasuk dalam kebun.

Jenis, Klasifikasi dan Anatomi Nyamuk
Jenis, Klasifikasi dan Anatomi Nyamuk

Untuk makanannya, hewan serangga ini mengambil sebuah cairan manis, yang ada pada sebuah tumbuhan.

Terkadang hewan serangga ini juga suka menggigit tubuh manusia, untuk mendapatkan darah sebagai makanannya.

Berikut adalah informasi lengkap mengenai tipe atau jenis dari nyamuk, beserta pengelompokan dan juga bagian tubuh dari hewan serangga ini.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Nyamuk di Kehidupan Kita?

Jenis Nyamuk

Ada beberapa tipe dari hewan serangga ini, dan berikut ini adalah informasi tipe tipenya:

1. Tipe Aedis

Aedis  merupakan hewan serangga, yang bisa hidup di daerah yang cukup panas cuacanya. Hewan ini pertama kali diteliti oleh seorang peneliti dari Jerman, bernama Johan Wilhem pada tahun 1818.

Tipe hewan serangga ini menyebabkan berbagai penyakit, seperti demam dan juga nyeri. Nyeri yang ditimbulkan oleh hewan serangga ini, misalnya seperti nyeri padaotot serta pada bagian persendian.

Tidak hanya membuat nyeri pada bagian otot serta persendian, tubuh juga akan menjadi lumpuh jika teinfeksi hewan ini.

2. Tipe Anoples

Tipe Anoples memiliki kesamaan seperti tipe Aedis, karena tipe ini bisa hidup didaerah yang cuacanya cukup panas. Hewan serangga ini pertama kali ditelti oleh ilmuwan bernama JW Meigen.

Hewan Serangga ini akan menularkan sebuah penyakit bernama malaria, dimana tubuh akan merasa demam dan juga membuat tubuh memiliki keringat yang berlebih.

Apabila manusia daya tahan tubuhnya sangat lemah, maka bisa mengakibatkan kematian pada manusia.

3. Tipe Culex

Tipe Culex merupakan hewan serangga, yang banyak ditemui di Negara Amerika Serikat. Hewan serangga ini dapat menularkan sebuah penyakit, bernama virus west nile. Virus west nile ini membuat saraf pada manusia, menjadi rusak dan juga tidak berfungsi.

Selain menginfeksi manusia, hewan serangga ini juga bisa menginfeksi hewan yang lainnya. Hewan serangga ini juga bisa menginfeksi hewan seperti burung, sehingga hewan burung tersebut menjadi lemah sakit.

4. Tipe Mansonia

Tipe Mansonia memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dibanding lainnya, dan biasanya mereka hidup dan berkembang disebuah tumbuh tumbuhan.

Untuk warnanya, hewan serangga ini memiliki warna hitam. Bagian kaki pada hewan serangga ini, sedikit memiliki kilauan.

Jenis hewan serangga ini akan menginfeksi manusia, sehingga nantinya tubuh bisa menjadi demam dan menggigil. Biasanya hewan serangga ini, dapat bertahan hdup didaerah pelosok atau perdesaan.

Klasifikasi Nyamuk

Hewan serangga ini terbagi dalam pengelompokan, dan berikut ini adalah informasinya:

  • Kingdom, Filum

Kingdom dari hewan ini, adalah Kingdom Animalia. Kindom Animalia ini memiliki turunan Filum bernama Artropoda, dimana hewan serangga ini termasuk golongan hewan parasit.

  • Kelas, Ordo

Untuk kelas, hewan ini termasuk serangga. Hewan jenis ini memiliki ciri khas ada antenanya, dimana antenna tersebut berfungsi untuk mengetahui sebuah aroma atau bau.

Untuk ordonya, hewan ini  termasuk ordo Diptera. Ordo Diptera ini adalah hewan serangga, yang dilengkapi sayap untuk terbang.

  • Family dan Sub Family

Hewan serangga ini, tergolong dalam Sub Family Culicidae. Family Culicidae memiliki turunan Sub Family Anopelinae, dan Culicinae. Contoh Sub Family Culinicae adalah Anoples, sedangkan Culicinae adalah Mansonia.

Anatomi Nyamuk

Hewan serangga  ini memiliki bagian tubuh, seperti  kepala dan juga anggota tubuh lainnya. Berikut ini adalah penjelasan, bagian tubuh yang dimiliki hewan serangga ini:

1. Bagian Kepala

Kepala hewan ini mempunyai antena pada bagian kepalanya, dimana antena ini berguna sebagai indera penciuman.

Bentuk antena pada jenis jantan, memiliki bulu yang tidak pendek namun tebal. Untuk antenna pada jenis betina, memiliki bulu agak pendek dan juga cukup tipis.

Hewan ini juga memiliki mata dekat kepalanya, sehingga memudahkan untuk melihat sekitar. Ada juga Palpu dekat kepala hewan ini, yang mana Palpu ini berguna sangat untuk mengambil atau menghisap makanannya.

2. Bagian Dada

Untuk bgian dadanya, hewan ini terdapat sayap disamping kanan dan juga kiri dadanya. Sayap ini sangat berguna untuk hewan ini, agar hewan ini bisa bergerak dengan mudah untuk mencari makanan.

Ada juga 6 buah kaki disekitar dada hewan ini, dimana kaki ini membantu hewan ini untuk hinggap di sebuah tempat.

Kaki pada hewan ini mempunyai ukuran sekitar 15 mm, dan biasanya kaki satu dengan yang lain jaraknya cukup berjauhan.

3. Perut 

Hewan ini juga memiliki perut, dimana perut hewan ini memiliki warna yang hitam. Warna hitam tersebut, ditambah dengan sebuah pola khusus. Ada ciri ciri khusus, yang membedakan perut jantan dengan betina.

Pada bagian perut juga terdapat alat kelamin, dan alat kelamin tersebut bisa membedakan jenis hewan  jantan atau betina. Alat kelamin ini juga berguna, untuk membuat hewan jantan dan juga betina bisa kawin.

Demikianlah informasi mengenai Jenis, Klasifikasi dan Anatomi Nyamuk. Semoga informasi ini bermanfaat, untuk anda mengetahui hewan nyamuk.

Baca Juga : Cara Kultur Jentik Nyamuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.