Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau

Diposting pada

Air kolam berwarna hijau masih menjadi masalah para pembudidaya ikan. Maka dari itu, pembudidaya harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi air kolam berwarna hijau yang bisa membunuh ikan-ikan yang berada di dalamnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau
Penyebab dan Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan tentang dua hal di atas. Tujuannya supaya pembudidaya tetap memiliki ikan-ikan yang sehat dan bisa berenang dengan nyaman. Jadi silakan disimak, ini penyebab dan cara yang dimaksud:

Penyebab Air Kolam Berwarna Hijau

Salah satu penyebab air kolam berwarna hijau adalah banyaknya alga hijau yang menempel di dinding-dinding kolam dari permukaan hingga dasar.

Biasanya, hama pengganggu ini muncul di kolam yang kebersihannya tidak terawat dengan baik.

Nah, kalau kolam masih aktif tetapi tidak dirawat dengan baik, tentu alga hijau akan tumbuh dengan subur.

Apalagi kandungan almonia pada air sangat tinggi akibat sisa pakan ikan yang sudah kadung larut dengan air.

Sinar matahari yang masuk ke dalam kolam juga menjadi penyebab hama ini tumbuh dengan cepat.

Semakin banyak alga hijau di dalam kolam ikan, kesehatan ikan akan semakin terganggu. Pasalnya, air dan pakan bisa teracuni yang bisa membuat ikan sakit bahkan mati.

Selain itu, keberadaan alga hijau yang terlalu menumpuk akan membuat penampilan kolam tidak menarik.

Bahkan pembudidaya yang melihatnya akan merasa jijik dan risih. Tidak jarang para pembeli ikan juga malas untuk bertransaksi karena dikhawatirkan ikan sudah tidak steril.

Kerugian jika Kolam Ikan Berwarna Hijau

Ada banyak sekali kerugian pembudidaya jika kolam dibiarkan tetap berwarna hijau. Selain kerugian dari segi bisnis akibat tidak adanya konsumen yang memesan ikan, juga ada kerugian dari segi kesehatan masyarakat.

Pasalnya, kolam yang terlalu banyak ganggang hijau, berarti ikan di dalamnya sudah tidak sehat.

Pakan sebagus apapun bisa jadi sudah terkontaminasi dengan zat-zat yang mungkin tidak baik bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Cara Mengatasi Air Kolam Berwarna Hijau

Setelah mengetahui penyebab air kolam berwarna hijau, maka pada uraian berikut akan dijelaskan tentang cara untuk mengatasinya.

Harapannya ialah, supaya pembudidaya bisa mengikuti tips berikut sehingga kolam bisa kembali normal seperti sedia kala dan ini cara-caranya:

1. Bersihkan Kolam Ikan dengan Teratur

Cara yang pertama ialah, silakan bersihkan kolam ikan secara teratur. Pastikan dengan pengurasan air berkala, kandungan almonia di dalam kolam bisa dikurangi hingga batas ideal.

Namun, pembudidaya tidak perlu membersihkan lumut yang menempel sampai bersih.

Pasalnya, tanaman ini tidak termasuk pengganggu jika jumlahnya tidak terlalu banyak justru ikan akan menjadikannya sebagai pakan alami.

2. Pasang Alat Penyaring Kotoran di Kolam

Jika pembudidaya sampai membangun kolam ikan, berarti itu adalah jenis usaha yang serius dan mahal. Oleh sebab itu, jangan tanggung segera beli alat penyaring kotoran di kolam. Toh ini juga untuk kepentingan usaha itu sendiri.

Kalau ada alat penyaring kotoran di kolam, tentu kolam akan bersih dan ganggang pengganggu tidak akan berani bersarang di sana.

Memang harganya sangat mahal, tetapi tetap akan terbayarkan dengan keuntungan yang besar karena ikan yang dihasilkan sehat dan berukuran besar.

3. Menanam Tanaman Pembersih Air

Ada banyak cara untuk menghilangkan alga dari kolam, yang salah satunya ialah menanam tanaman pembersih air.

Silakan pembudidaya tanam tanaman ini di dalam kolam dan bisa dipastikan, kolam akan kembali bersih karena tanaman ini akan menyerap alga sampai habis.

Jika memilih cara ini, bukan hanya kolam terlihat lebih bersih tetapi juga indah. Bahkan sebagai pembudidaya akan lebih bersemangat untuk merawat kolam dan membudidayakan ikan di dalamnya.

Pastikan yang ditanam memang tanaman air. Sebab kalau tanaman biasa, dan ditanam di dalam kolam, tentu tanaman tersebut bisa mati.

Jadi, jangan asal memilih tanaman yang indah tetapi pastikan jenis lokasi pertumbuhannya juga diperhatikan.

4. Pastikan Jauhkan Kolam dari Sinar Matahari Langsung

Matahari adalah penyebab alga tumbuh subur di dalam kolam. Nah, kalau kolam terkena matahari secara langsung terus menerus, tentu lama kelamaan kolam akan berwarna hijau. Resikonya panen bisa gagal karena banyak ikan yang mati.

Untuk itu, silakan bangun kolam di dalam ruangan atau di luar ruangan dengan atap kanopi sebagai penyangga atasnya. Dengan adanya pengaturan ruang kolam seperti ini, tentu matahari tidak akan leluasa masuk ke dalam kolam.

Demikianlah cara dan penyebab kolam berwarna hijau yang perlu diketahui oleh para pembudidaya ikan.

Silakan terapkan cara-cara di atas, jika ingin panen lebih maksimal dan keuntungan pembudidaya semakin besar.

Memang untuk perawatan di atas butuh biaya mahal, tetapi itu akan tertutupi dengan profit yang berlimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *