5 Cara Mencegah dan Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Diposting pada

Tahukah Anda Cara Mencegah dan Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak? Memelihara ikan cupang adalah aktivitas yang sangat menguntungkan saat ini.

5 Cara Mencegah dan Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak
5 Cara Mencegah dan Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Pasalnya, ikan jenis tarung ini disukai oleh banyak kalangan termasuk anak-anak. Nah, oleh karena itu, pemelihara harus mengetahui cara mencegah dan mengobati ekor ikan cupang yang rusak supaya nilai harganya tetap tinggi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ikan Cupang Mati Secara Tiba-tiba

Cara Mencegah dan Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Terkait dengan hal tersebut, pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang cara merawat ekor ikan cupang yang rusak. Silakan disimak siapa tahu ada manfaatnya. Ini teknik dan cara yang bisa dicoba:

1. Beri Pakan yang Tepat

Kalau ekor ikan cupang sedang rusak, coba ganti jenis pakannya. Pemelihara bisa memberi pakan jentik nyamuk yang dianggap cukup bagus untuk melakukan perawatan terhadap kerusakan tulang, organ sirip, serta bisa mengganti ekor ikan cupang yang rusak dengan struktur ekor yang sehat.

Untuk itu, apabila ekor ikan cupang rusak, pemelihara tidak perlu risau terlebih dahulu. Tetapi beri saja pakan jentik nyamuk dengan rutin sesuai kadar yang normal.

Namun, agar ikan tidak bosan, pemelihara bisa mengelaborasikan jentik nyamuk dengan jenis pakan lain, semisal beri pakan pelet dan baby shrimp.

Agar hasilnya maksimal, pemelihara tidak boleh asal memberi jentik nyamuk melainkan pakan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Jika memang dibutuhkan, boleh pakan dibersihkan menggunakan air larutan obat.

2. Usahakan Kadar Air Tidak Berkurang

Sejatinya, ekor ikan cupang yang rusak akan segera baik, jika pertumbuhan ikan maksimal. Nah, terkait dengan hal tersebut, pemelihara harus bisa memastikan kalau kadar air di dalam wadah tidak berkurang.

Jika kadar air berkurang, bisa jadi pertumbuhan ikan cupang tidak akan maksimal. Yang ada, kerusakan ekor akan merambat ke yang lain hingga membuat ikan mengalami kematian.

Ini juga sama dengan kadar air yang terlalu berlebihan. Otomatis kondisi lingkungan yang semacam ini akan membuat pertumbuhan ikan cupang juga terhambat.

Sama saja dengan pemelihara memaksa ikan untuk bertumbuh dengan cepat, padahal kondisinya sedang tidak memungkinkan.

3. Ganti Air dalam Wadah secara Berkala

Jika memiliki ikan cupang yang ekornya rusak, pastikan si pemilik tidak membiarkan air wadah kotor dan keruh.

Sebab, ini justru bisa membuat ekor yang rusak semakin parah akibat adanya kuman air yang menempel di sana.

Oleh sebab itu, silakan ganti air dalam wadah secara berkala. Periksa air kalau dirasa sudah sedikit kotor, lebih baik ganti air dengan yang baru.

Pastikan tidak menunggu air kotor terlebih dahulu untuk melakukan pergantian air wadah.

Pemilik juga harus memperhatikan kebersihan wadah. Jika sudah banyak debu yang menempel segera kuras air dan bersihkan wadahnya.

Ini tidak hanya demi kesembuhan ekor ikan cupang tetapi juga untuk kejernihan wadah sehingga ikan cupang terlihat lebih elegan.

4. Larutkan Campuran Garam Ikan dengan Daun Ketapang ke Air

Kalau ingin menyembuhkan ekor ikan cupang tetapi tidak ingin menggunakan obat kimia, coba gunakan ramuan garam ikan dengan daun ketapang.

Caranya, haluskan ke dua bahan tersebut lalu tabur ke dalam wadah dengan kadar secukupnya.

Ramuan garam ikan dengan daun ketapang, akan membantu mempercepat pertumbuhan ekor baru. Sehingga, secara otomatis ekor yang lama akan lepas dan terbuang.

Nah, dalam fase ini, tentu ekor yang rusak sudah sembuh dan ikan cupang bisa kembali berenang dengan nyaman.

Sejatinya, obat kimia untuk ekor ikan cupang sudah ada. Namun ini cukup riskan digunakan dan bahkan bisa meracuni air. Oleh sebab itu, pakai saja ramuan di atas yang lebih aman.

5. Teteskan Metil Biru ke Wadah

Cara mencegah dan mengobati ekor ikan cupang yang rusak yang terakhir ialah meneteskan metil biru ke dalam wadah. Ini merupakan obat khusus untuk pertumbuhan sirip dan pertulangan ikan yang direkomendasikan.

Jika menggunakan metil biru, pemilik tidak boleh sembarangan meneteskannya ke dalam wadah.

Sebab, jika berlebihan, pertumbuhan ikan tidak akan maksimal bahkan bisa berbahaya pada makanan yang biasa disantap oleh ikan.

Maka dari itu, silakan teteskan metil biru sebanyak 5 tetesan saja setelah itu biarkan. Biasanya, dalam satu minggu, ekor ikan cupang yang baru akan mulai muncul.

Namun, jika tingkat kerusakannya sangat parah, pertumbuhan ekor baru bisa tumbuh jika sudah mencapai satu bulan.

Nah, jika ekor ikan sudah bertumbuh akibat metil biru, segera lakukan pencegahan terbaik.

Termasuk jangan ditarung serta harus dijaga agar ekor tidak dimakan oleh si ikan itu sendiri. Jika ini tidak dilakukan, tentu harga jualnya akan menurun drastis.

Itulah ulasan singkat tentang cara mencegah dan mengobati ekor ikan cupang yang rusak. Semoga apa yang telah dituliskan ini bisa menjadi informasi bahagia terutama bagi para pencinta ikan cupang di Indonesia.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.