Klasifikasi, Ciri, Harga, dan Fakta Burung Lovebird

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Klasifikasi, Ciri, Harga, dan Fakta Burung Lovebird? Lovebird atau burung beo saku merupakan jenis burung peliharaan yang unik.

Klasifikasi, Ciri, Harga, dan Fakta Burung Lovebird
Klasifikasi, Ciri, Harga, dan Fakta Burung Lovebird

Mereka memiliki tubuh dengan ukuran panjang 12-15 cm dengan angka harapan hidup hingga 15 tahun. Burung yang berasal dari Afrika ini terbagi atas sembilan spesies.

Tiga spesies di antaranya merupakan jenis burung yang umum dipelihara. Namun, beberapa spesies lovebird seperti Nyasa, pipi hitam, dan Fischer tergolong dalam daftar hewan yang dilindungi.

Klasifikasi Burung Lovebird

Burung lovebird terbagi dalam sembilan spesies yaitu Rosy-Faced, Fischer, Yellow-Collared, Lilian, Grey-Headed, Black-Cheeked, Red-Headed, Abyssinian, dan Swindern.

1. Burung Lovebird Rosy-Faced

Burung lovebird rosy-faced atau Agapornis roseicollis merupakan jenis lovebird yang paling sering dipelihara. Mereka memiliki bulu yang indah dan mudah dirawat.

Tubuh lovebird rosy-faced didominasi oleh warna oranye hingga merah. Wajah dan tenggorokan mereka berwarna kemerahan.

Beberapa bagian tubuh berbulu lainnya seperti sayap mereka berwarna hijau tua. Sedangkan tanduk, paruh, dan mata mereka berwarna cokelat tua hingga hitam.

2. Burung Lovebird Fischer

Fischer merupakan jenis burung lovebird yang memiliki bulu bervariasi dan cemerlang. Mereka disukai karena sifatnya yang sangat suka bermain, namun lebih tenang dibandingkan jenis lovebird lainnya.

Tubuh burung lovebird Fischer ditutupi bulu berwarna hijau-biru cerah dengan sedikit perubahan warna di bagian sayap, punggung, dan dada. Mereka memiliki paruh berwarna oranye gelap dan cincin putih di area mata mereka.

3. Burung Lovebird Yellow-collared

Burung lovebird yellow-collared disebut juga sebagai burung lovebird bertopeng hitam. Ini karena mereka memiliki kepala berwarna hitam yang terlihat seperti topeng.

Terdapat kerah kuning cerah yang membentang di sepanjang tubuh mereka. Warna tersebut akan berubah menjadi hijau. Sayap dan ekor mereka memiliki aksen biru serta kakinya berwarna abu-abu.

4. Burung Lovebird Lilian

Jenis burung lovebird yang satu ini umumnya sering dijadikan burung penangkaran. Ini karena lovebird lilian sangat sulit berkembang biak hingga terancam punah.

Warna bulu burung lovebird lilian didominasi oleh warna oranye hingga merah. Mereka memiliki sayap berwarna hijau cerah dengan aksen biru.

5. Burung Lovebird Grey-headed

Burung lovebird grey-headed atau berkepala abu-abu berasal dari Madagaskar. Jantan dan betina dapat dibedakan dengan mudah karena mereka memiliki pola warna yang berbeda.

Lovebird grey-headed betina seluruhnya tertutup bulu berwarna hijau dengan beberapa warna yang lebih gelap di sepanjang punggung dan sayap.

6. Burung Lovebird Black-cheeked

Lovebird black-cheeked atau pipi hitam ditutupi bulu berwarna hijau gelap di bagian sayap dan hijau limau di bagian bawahnya.

Bagian atas kepala dan paruh berwarna cokelat tua dengan lingkaran putih di sekitar mata mereka.

7. Burung Lovebird read-headed

Ini merupakan jenis lovebird berkepala merah cantik dan berbulu hijau yang menakjubkan di sekujur tubuh, leher, dan ekor.

Perbedaan warna mereka hanya tampak pada bagian depan wajah, dahi, dan paruh yang berwarna peachy-oranye.

8. Burung Lovebird Abyssinian

Lovebird Abyssinian atau berkerah hitam memiliki penampilan yang cukup berbeda dibandingkan dengan jenis lovebird lainnya.

Mereka memiliki kepala dan paruh berwarna merah cerah dan tidak memiliki cincin di sekitar mata. Lovebird jenis ini berukuran lebih besar dibandingkan jenis lovebird lainnya. Mereka biasanya memiliki panjang hingga 17 cm dengan berat rata-rata 1.7 ons.

9. Burung Lovebird Swindern

Lovebird swindern atau kerah hitam merupakan spesies lovebird langka. Mereka tidak dipelihara di penangkaran karena membutuhkan makanan khusus. Swindern adalah jenis lovebird yang pemalu dan senang tinggal di pepohonan yang tinggi.

Ciri-ciri Burung Lovebird

Burung lovebird merupakan jenis burung dengan kemampuan bersosialisasi yang baik. Mereka dapat berbaur dengan manusia, hidup berkelompok, dan bisa mengekspresikan diri serta suasana hati.

Umumnya, lovebird memiliki angka harapan hidup hingga 12 tahun. Jika mendapatkan asupan nutrisi yang baik dengan perawatan yang ekstra, mereka dapat bertahan hidup hingga 15 tahun.

Burung lovebird jantan dan betina dapat dibedakan dengan mengidentifikasi bentuk tubuhnya. Biasanya, Lovebird jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan lovebird betina. Para betina terlihat lebih bulat, lebih lagi ketika musim kawin tiba.

Harga Burung Lovebird

Harga burung lovebird ditentukan berdasarkan jenis dan keberadaannya di alam. Berikut adalah daftar harga pasaran burung lovebird tahun ini.

  • Lovebird Bronze Fallow merupakan jenis burung lovebird yang sulit ditemukan saat ini yang dibanderol dengan harga 280 juta rupiah.
  • Lovebird Biola dibanderol dengan harga 11 hingga 28 juta rupiah.
  • Lovebird Euwing dibanderol dengan harga Rp.2.000.000 hingga Rp.5.500.000.
  • Lovebird Madagaskar dibanderol dengan harga Rp.1.500.000.
  • Lovebird Halfsider dibanderol dengan harga Rp.1.500.000.
  • Lovebird Dakori dibanderol dengan harga Rp.800.000.
  • Lovebird Lilian dibanderol dengan harga Rp.750.000.
  • Lovebird Misty dibanderol dengan harga Rp.700.000 karena keindahannya.
  • Lovebird Olive dibanderol dengan harga Rp.400.000 – Rp.700.000 yang ditetapkan berdasarkan usia mereka.
  • Lovebird Merah dibanderol dengan harga Rp.500.000.
  • Lovebird Abyssinia dibanderol dengan harga Rp.500.000.
  • Lovebird Australian Cinnamon dibanderol dengan harga Rp.400.000.
  • Lovebird Albino dibanderol dengan harga Rp.400.000.
  • Lovebird Swindern dibanderol dengan harga Rp.400.000.
  • Lovebird Batman dibanderol dengan harga Rp.250.000.
  • Lovebird Lutino dibanderol dengan harga Rp.250.000.
  • Lovebird Topeng dibanderol dengan harga Rp.300.000.
  • Lovebird Fischer dibanderol dengan harga Rp.200.000.

Fakta Menarik tentang Burung Lovebird

Burung lovebird sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dikarenakan keunikan warnanya. Selain itu, terdapat beberapa fakta unik yang menjadikan burung ini semakin menarik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Burung lovebird merupakan jenis burung yang tidak suka hidup sendirian. Mereka membutuhkan teman untuk hidup dan sering mengalami depresi jika ditinggalkan oleh teman mereka.
  2. Setiap spesies burung lovebird memiliki cara membangun sarang yang bervariasi.
  3. Ditemukan bukti bahwa lovebird dapat membawa penyakit zoonosis yang mampu menginfeksi manusia.
  4. Lovebird merupakan jenis burung monogami yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidup.
  5. Secara umum, burung lovebird berasal dari Afrika.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Snot Pada Lovebird

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *