Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Snot Pada Lovebird

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Snot Pada Lovebird? Setiap orang tentu saja mempunyai hobi yang berbeda-beda.

Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Snot Pada Lovebird
Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Snot Pada Lovebird

Di mana hobi itu bisa berupa kesukaan atau suatu kegiatan yang bisa membuat orang itu tidak merasa kosong atau menganggur saat tidak ada kegiatan atau juga aktivitas.

Dan adapun salah satu jenis hobi yang banyak dilakukan oleh banyak orang adalah memelihara hewan.

Di mana dalam memelihara hewan itu sendiri orang itu bisa dihadapkan pada  banyak pilihan mau untuk memelihara hewan apa.

Adapun salah satu jenis hewan yang banyak orang dengan alasan mudah dan juga praktis adalah memelihara hewan burung. Dan tentu saja dalam memelihara hewan burung itu sendiri rupanya juga mempunyai banyak sekali variasi dan pilihan.

Baca Juga : Manfaat Memelihara Hewan Untuk Perkembangan Anak

Salah satu jenis burung yang banyak di pelihara adalah jenis burung lovebird. Mungkin saja di sini bagi anda yang gemar memelihara burung tentu saja nama burung itu sudah tidak asing lagi buat anda.

Namun di sini bagi orang yang tidak hobi memelihara hewan atau kurang menaruh minat pada hewan tentu saja akan merasa sedikit penasaran dan juga ingin tahu apa sih sebenarnya burung lovebird itu.

Penasaran kan?

Maka dari itu yuk kita baca dan juga simak bersama sama penjelasan yang akan kami berikan seperti yang ada di bawah ini mengenai burung lovebird.

Apa sih burung lovebird itu?

Mungkin saja di sini beberapa orang yang belum mengetahui atau belum paham mengenai apa yang dimaksud dengan burung lovebird.

Burung lovebird itu sering dikenal oleh masyarakat umum sebagai burung cinta.

Adapun hal itu terjadi karena burung lovebird dewasa itu hidup secara berpasangan dan mereka baru akan berpisah ketika salah satu pasangan mereka itu mati. Dan burung lovebird itu sendiri masuk dalam jenis burung yang sosial.

Artinya di sini adalah mereka hidup berkelompok yang terdiri dari 5 – 10 ekor burung per kelompoknya.  Setiap ekor burung lovebird itu mempunyai ukuran panjang sekitar 17 cm – 19 cm per ekornya.

Sedangkan untuk persebaran dari burung lovebird itu sendiri itu banyak di temukan pada wilayah yang kering atau bisa juga pada  iklim yang terik.

Biasanya burung lovebird itu banyak bersarang di ranting pohon bahkan ada juga yang bersarang genting rumah warga.

Burung lovebird itu sendiri biasanya berkembang biak dengan cara bertelur. Dan biasanya di sini dalam bertelur seekor burung lovebird betina itu bisa menghasilkan telur 3 – 5 butir telur.

Dan tentu saja di sini ketika seorang memelihara hewan tentu saja ingin hewan yang di pelihara itu bisa tetap sehat.

Namun rupanya tidak selamanya bisa seperti itu. Bisa saja suatu kali burung lovebird yang kita pelihara itu suatu saat bisa mengalami sakit tertentu.

Adapun di sini salah satu jenis  penyakit yang terjadi pada burung lovebird adalah penyakit snot. Mungkin saja tidak banyak orang yang tahu mengenai penyakit snot yang dialami oleh burung lovebird.

Nah maka dari untuk menjawab rasa penasaran anda. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai penyakit snot.

Apa itu penyakit snot

Penyakit snot adalah penyakit yang banyak di alami oleh  burung lovebird dan penyakit snot ini cukup berbahaya bagi burung lovebird jika tidak segera mendapatkan penanganan yang serius dan benar.

Adapun penyakit snot itu biasanya menyerang bagian mata burung lovebird.

Gejala  penyakit snot

Sama seperti penyakit lain yang biasanya mempunyai gejala tertentu yang biasa di alami oleh penderitanya. Demikian juga di sini pada penyakit snot itu sendiri juga mempunyai gejala tertentu. Adapun di sini yang masuk pada gejala penyakit snot yang dialami oleh burung lovebird adalah

  • Pada bagian mata burung lovebird itu terlihat berair atau juga basah
  • Tak hanya terlihat berair saja. Namun mata burung lovebird itu juga menjadi merah
  • Karena tentu merasa perih bagian mata maka di sini burung lovebird itu lebih banyak tidur
  • Hilangnya nafsu makan
  • Selain itu burung lovebird itu juga suka mengembangkan bulu

Penyebab penyakit snot pada burung lovebird

Setiap penyakit tentu saja muncul karena suatu sebab tertentu. Begitu pula di sini pada penyakit snot yang di alami oleh burung lovebird. Adapun di sini yang merupakan penyebab dari penyakit snot pada burung lovebird adalah:

  • Terdapat benda asing yang masuk pada mata burung lovebird
  • Kandang burung yang dekat dengan udara kotor yang mengandung polusi dan juga gas yang berbahaya
  • Udara dan suhu di sekitar kandang yang cenderung lembab dan juga dingin
  • Terlalu banyak kotoran yang menumpuk
  • Banyaknya debu yang bertebaran di sekitar kandang burung lovebird
  • Banyaknya kuman dan juga bakteri yang bertebaran di sekitar kandang
  • Terkena pantulan sinar matahari langsung sehingga mengenai mata pada burung lovebird
  • Terlular oleh penyakit oleh burung atau hewan unggas lain yang mengalami adanya penyakit snot

Cara mengobati penyakit snot pada Lovebird

Sebagaimana sudah di jelaskan pada penjelasan sebelumnya yang memberikan informasi bahwa penyakit snot itu adalah penyakit yang menular dan juga berbahaya maka dari perlu adanya pengobatan yang harus dilakukan. Adapun di sini yang merupakan cara untuk melakukan pengobatan penyakit snot adalah

  • Memberikan daun sirih merah
  • Memberikan tanaman kitolod
  • Menjemur burung lovebird secara rutin dan juga teratur pada pagi hari
  • Memberikan obat anti biotik
  • Memberikan salep mata

Cara memberikan perawatan lovebird yang terkena penyakit snot

Setiap burung yang kita jadikan hewan peliharaan itu tentu saja pasti membutuhkan pemeliharaan. Begitu pula di sini pada burung lovebird yang sedang mengalami penyakit snot.

Adapun bentuk perawatan yang harus dilakukan pada burung lovebird itu seperti halnya adalah:

  • Memisahkan burung lovebird yang sakit untuk di tempatkan pada kandang lain sementara. Hal itu diperlukan agar mencegah terjadinya penularan yang bisa terjadi pada burung lovebird lain yang sehat,
  • Kurangi waktu menjemur terlalu lama karena bisa mengakibatkan mata pada burung lovebird itu terkena debu dan juga polusi
  • Membersihkan burung lovebird itu dengan tisu dan juga air hangat
  • Menutup kandang burung lovebird itu dengan kerodong untuk mencegah masuknya debu, kotoran, dan juga polusi yang bisa mengenai mata burung lovebird.

Nah itulah tadi beberapa buah informasi Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Snot Pada Lovebird yang bisa kami bagikan dan informasikan untuk anda semua. Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua.

Terlebih di sini untuk anda yang mempunyai atau memelihara burung lovebird agar tidak mengalami adanya penyakit snot pada burung lovebird anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *