Jenis, Ciri, Makanan dan Habitat Burung Macaw

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis, Ciri, Makanan dan Habitat Burung Macaw? Burung macaw merupakan burung beo yang paling panjang.

Jenis, Ciri, Makanan dan Habitat Burung Macaw
Jenis, Ciri, Makanan dan Habitat Burung Macaw

Disebut paling panjang karena antara kepala sampai ekor, panjangnya bisa mencapai kurang lebih 40 inci. Bulu ekor macaw memang panjang, selain itu paruh macaw juga besar. Postur seperti itu digunakan macaw untuk memecahkan biji yang keras serta kacang.

Selain memiliki paruh yang besar dan ekor yang panjang, macaw juga memiliki tubuh yang ramping dan bulu yang kaya akan warna.

Macaw merupakan burung yang pintar, cerdas, dan selalu ingin tahu. Yang lebih unik lagi, burung macaw merupakan burung yang butuh banyak perhatian serta mainan. Untuk mengetahui lebih banyak info tentang burung macaw, berikut kami sajikan lebih detail.

  • Nama latin : Ara macao
  • Ukuran : 89 cm
  • Berat : 1 kg
  • Umur : 40-75 tahun
  • Warna bulu : biru kuning, biru orange

Jenis burung macaw

Burung macaw dibagi dalam dua kelompok, yakni burung macaw besar dan macaw mini. Burung macaw besar merupakan jenis burung macaw yang terancam punah.

Seperti namanya, burung macaw mini berukuran lebih kecil dari macaw besar, baik badannya maupun kepalanya.

Ada sekitar 18 spesies burung macaw. Namun dari semua spesies tersebut, tak semuanya boleh dipelihara oleh manusia.

Adapun beberapa spesies macaw yang boleh dipelihara atau diadopsi oleh manusia adalah macaw biru dan emas, macaw hahn, macaw bersayap hijau, macaw eceng gondok.

Burung macaw mampu beradaptasi dengan baik pada penangkaran, menyesuaikan diri pada sangkar atau kandang yang menjadi rumah barunya.

Macaw termasuk jenis burung yang sifatnya jinak. Karakteristik ini membuat macaw mudah memiliki ikatan dengan pemiliknya. Agar lebih paham dengan jenis-jenis burung macaw, berikut kami beri ulasannya lebih banyak :

1. Macaw besar

Macaw besar memiliki warna bulu yang cerah, indah dan elok dipandang mata. Tak peduli berapapun ukurannya, burung macaw besar tetap menawan.

Dibandingkan jenis burung macaw yang lain, macaw besar mempunyai bulu dengan warna-warna yang paling eksotis.

2. Macaw mini

Orang-orang sering menyebut macaw mini sebagai macaw gacor. Macaw gacor memiliki warna hijau cerah. Selain itu terdapat tambahan sedikit warna pada ekor dan pundaknya.

Beberapa macaw telah mengalami perkawinan silang, hal ini menghasilkan macam-macam macaw hibrida. Macaw hibrida ini warnanya juga sangat menarik.

3. Macaw blue dan gold

Jenis macaw ini mempunyai penyesuaian diri yang baik terhadap lingkungannya. Ketika di sekitar mereka ada banyak orang, macaw blue dan gold akan menunjukkan keramahannya dan mengeluarkan kemerduan suaranya.

Terlebih jika diberi pelatihan dan sosialisasi yang baik, macaw blue dan glod akan semakin menikmati berbagai kegiatan luar dengan pemiliknya.

Dengan segala keindahan dan kecerdasan yang dimilikinya, harga burung macaw sangatlah bervariasi.

Sebagai contoh, macaw besar dibanderol dengan harga Rp. 35.000.000, macaw mini Rp. 27.000.000, macaw blue dan gold Rp. 35.000.000. Harga tersebut tentu bisa saja berubah-ubah, tergantung dari jenis dan warna dari burung macaw.

Ciri-ciri burung macaw

Burung macaw sangat terkenal sebagai hewan peliharaan. Jika dipelihara dengan baik, burung ini akan sangat menyenangkan pemiliknya.

Yang patut disayangkan, ada beberapa orang yang tak bertanggung jawab dan menjual spesies langka burung macaw.

Orang-orang yang tak bertanggung jawab juga berburu macaw untuk diambil bulunya sebagai hiasan. Perbuatan orang-orang ini menyebabkan habitat alami macaw rusak. Burung yang aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Utara ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki paruh yang panjang
  2. Ukurannya ada yang besar ada yang kecil (macaw besar dan macaw mini)
  3. Mempunyai beragam warna yang indah
  4. Dapat menirukan berbagai suara

Makanan burung macaw

Setelah mengetahui jenis dan ciri-cirinya, pembaca tentu penasaran dengan makanan dari burung macaw ini. Makanan macaw di habitat aslinya berupa biji-bijian, buah, bunga, daun, kacang-kacangan, hingga nektar.

Macaw membutuhkan makanan yang lebih banyak mengandung lemak. Hal ini karena energi macaw akan banyak dikeluarkan untuk mencari makan, bersarang, terbang di hutan, hingga memelihara anak. Kehidupan macaw dinilai lebih mudah daripada burung jenis lain.

Untuk menjaga macaw agar tetap sehat dan berenergi, dibutuhkan setengah hingga tiga per empat biji-bijian, kemudian setengah hingga tiga per empat buah dan sayur.

Sebagian burung macaw ada yang harus menerapkan diet nutrisi yang baik, yaitu dengan mengonsumsi biji-bijian, buah dan sayuran. Kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah berbagai penyakit.

Selain nutrisi yang baik, macaw juga membutuhkan asupan yang sifatnya psikologis. Jadi tak hanya makanan bergizi, pemelihara burung macaw juga harus memberinya suplemen buah dan sayur segar setiap harinya.

Habitat burung macaw

Seperti yang telah disinggung di atas, macaw berasal dari Meksiko, Amerika Utara. Habitat alaminya berada di hutan-hutan Amerika bagian utara, selatan dan tengah. Pada umumnya macaw banyak ditemui pada kanopi hutan dan pucuk pepohonan.

Meski dapat menirukan berbagai macam suara, macaw bukanlah burung pembicara yang paling baik. Namun, hal menyenangkan dari burung macaw adalah sifatnya yang mudah bersosialisasi. Macaw merupakan burung yang sangat cerdas dan interaktif. Macaw sangat terbuka dan cepat dalam mempelajari berbagai trik.

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *