10 Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw Terbaru

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw Terbaru? Pernahkah kalian menonton film animasi terkenal yang berjudul “Rio”? Di film tersebut, mengangkat tentang kisah petualangan yang menceritakan jenis burung langka yang bernama Blu.

Tokoh Blu tersebut merupakan burung jenis macaw biru (Blue Spix’s Macaw), yang berasal dari negara Brazil. Membicarakan tentang burung macaw, ternyata burung macaw sendiri diyakini berasal dari Amerika, tepatnya di Amerika Selatan.

Burung jenis ini mulai menyebar ke daerah Eropa pada saat Columbus membawa burung macaw kembali ke negara beliau.

Jenis Burung Macaw merupakan salah satu burung yang berukuran besar yang banyak dipelihara sebagai salah satu jenis burung peliharaan.

Burung macaw tersebut dipelihara  tidak hanya sebagai burung kicau, akan tetapi sebagai burung hias yang dinikmati keindahan warna serta aksinya.

Ketahuilah burung yang seperti ini hampir mirip seperti kebanyakan burung berparuh bengkok lainnya, dan burung macaw merupakan salah satu burung yang cerdas serta dapat dilatih baik untuk menghafal majikannya, terbang bebas dan kembali (free flight), ataupun untuk melakukan beberapa atraksi yang tidak biasa dilakukan oleh burung yang lainnya.

Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw

Burung macaw adalah burung yang memakan biji-bijian, paruh yang dimilikinya kuat sehingga burung ini dapat memecahkan beberapa jenis biji yang memiliki kulit keras.

Selain itu, burung macaw juga memakan sayuran dan buah. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis dan daftar harga burung macaw yang dapat kita temukan :

Blue & Gold Macaw

Blue & Gold Macaw
Blue & Gold Macaw

Burung macaw jenis ini merupakan salah satu burung macaw yang paling populer dikalangan pencintanya, dikarenakan burung ini banyak sekali dijual di petshop atau toko yang menjual burung.

Burung macaw ini mampu bertumbuh hingga 90 cm. Sesuai dengan namanya, burung yang satu ini memiliki warna biru serta kuning yang dominan di seluruh tubuhnya.

Jika di alam liar, burung ini tinggal di hutan yang berapa padang rawa-rawa atau tempat yang dekat dengan sumber air.

Burung macaw ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama burung macaw biru-kuning atau araarauna. Untuk harganya sendiri, dimulai dari Rp. 5 juta per ekornya.

Green Winged Macaw

Green Winged Macaw
Green Winged Macaw

Burung jenis ini memiliki warna hijau bergaris yang terletak di bagian sayapnya. Jika diperhatikan secara sekilas, maka burung ini akan mirip seperti burung macaw jenis Scarlet.

Burung ini juga termasuk ke dalam burung macaw yang cukup langka. Hal tersebut dikarenakan siklus reproduksinya yang ternyata sangat lambat.

Burung jenis Green Winged Macaw ini mampu bertelur pada saat mereka berumur sekitar 6 tahun dan sekali mereka bertelur, mereka dapat menerapkan satu maupun dua butir telur, kemudian burung ini akan bertelur lagi setelah 9 bulan kemudian. Green Winged Macaw ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 5 – 10 juta per ekor.

Military Macaw

Military Macaw
Military Macaw

Dinamakan Military Macaw, karena burung jenis ini memiliki wajah yang menyerupai orang yang sedang serius dan juga tegas.

Burung jenis yang satu ini memang sedikit mirip dengan Buffon Macaw, akan tetapi bentuk kepala jenis burung ini lebih panjang dan warna pipi yang dimilikinya berwarna merah serta terlihat garang. Harga untuk seekor Military Macaw ini dimulai dari Rp. 8 juta per ekor.

Scarlet Macaw

Scarlet Macaw
Scarlet Macaw

Jika kalian sudah biasa melihat pameran burung atau atraksi-atraksi burung yang menghadirkan burung-burung beparuh bengok, maka jenis burung Scarlet Macaw ini tidaklah asing bagi kalian.

Warna yang dimilikinya juga bermacam-macam yang membuat burung jenis ini menjadi primadona bagi para pencintanya.

Burung Scarlet Macaw ini termasuk burung yang populer dan banyak sekali dicari orang karena warna yang dimilikinya sangat cerah, serta dapat dengan mudah dijinakkan.

Harga untuk burung Scarlet Macaw ini dibandrol dari harga Rp. 8 juta per ekornya.

Hahn’s Macaw/ Macaw Hahn/ Mini-Macaw

Hahn’s Macaw Macaw Hahn Mini-Macaw
Hahn’s Macaw Macaw Hahn Mini-Macaw

Jienis burung macam ini merupakan salah satu macaw dengan ukuran yang sangat kecil dan paling imut yang pernah ada. Walaupun memiliki ukuran yang mini namun ia sangat pintar dan supel.

Ketika mengikuti pelatihan ia akan cepat tanggap dan akan mudah dekat dengan siapa saja pelatihnya atau yang merawatnya.

Hal ini tentunya memungkinkan bila Anda ingin melatih sendiri burung ini agar bisa pandai berbicara. Anda bisa mendapatkan burung ini dengan harga Rp 16.000.000- (Macaw dewasa)

Macaw Hyacinth

Macaw Hyacinth
Macaw Hyacinth

Berbeda dengan jenis macaw mini, jenis macaw ini jutru disebut yang paling besar yang penah ditemui. Ia dinilai burung macaw paling sulit untuk dirawat dan dipelihara.

Bila kita bandingkan dengan macaw yang lainnya, burung jenis ini memerlukan waktu yang relatif lama untuk merawatnya dan membutuhkan perhatian yang lebih. Jadi bila ingin memelihara jenis ini perlu kesabaran dan keuletan yang tinggi. Bila Anda berhasil merawatnya maka ia akan menjelma sebagai burung yang pintar dan indah.

Di alam liar usia burung ini cukup panjang yakni sekitar 50 tahun. Jenis ini adalah salah satu inpirasi film animasi terneal yakni RIO.

Bila ingin memiliki burung ini harga satu ekor dewasa sekitar Rp 50.000.000 hingga Rp 70.000.000,- cukup mahal bukan!

Macaw Hybrid

Macaw Hybrid
Macaw Hybrid

Bila ingin memelihara jenis ini harus dibesarkan secara teliti dan ketat, hal ini dikarenakan ia diekspetasikan tumbuh sebagai salah satu burung peliharaan yang camtik dan berkualitas.

Burung ini merupakan burung yang spesial, hal ini dikarenakan ia adalah hasil persilangan dari beberapa jenis burung macaw.

Untuk bis amemiliki jenis burung ini Anda harus mengeluarkan dana yang besar, untuk satu ekor anakan saja bisa memakan biaya Rp 20.000.000 sedangkan untuk yang dewasa mencapai Rp 50.000.000,-

Macaw Illiger

Macaw Illiger
Macaw Illiger

Ketahuilah bahwa burung macau Illiger memiliki sifat yang ramah dan bisa berinteraksibersama manusia dengan baik. Bila kita memelihara dari anakan atau masih kecil hingga besar tentunya akan mudah menjalin komunikasi dengannya.

Burung ini akan merespon positif terhadap training atau pelatihan yang diberikan. Bahkan mereka akan senang bila memiliki banyak kegiatan dalam proses pelatihan. Hal ini juga bis amerangsang mentalnya.

Untuk bisa memiliki burung jenis ini anda harus mengeluarkan dana sebesar Rp 120.000.000,- untuk yang dewasa. Harga tersebut adalah harga termahal yang pernah terjual.

Severe Macaw

Severe Macaw
Severe Macaw

Jenis burung ini memiliki kesan yang ramah dan lucu. Ketahuilah burung ini bisa dijadikan sebagai teman dan sahabat yang snagat menyenangkan.

Hingga saat ni banyak sekali pecinta burung macaw mengidolakan burung ini karena ia bisa bersosialisasi dengan baik, dapat berhubungan dengan erat, mudah dalam menerima pelatihan yang diberikan dan memiliki kemampuan berbecira ayang akan membuat orang berkesan.

Untuk bis amendapatkan birung ini harganya sangat beragam, harga yang ditawarkan bekisaran Rp 100.000.000 hingga Rp 30.000.000,- tergantung anakan ataun indukan.

Yellow Collared Macaw

Yellow Collared Macaw
Yellow Collared Macaw

Burung ini dikenal sebagai salah satu burung makau yang memiliki akan yang banyak. Ia adalah burung penyayang namun bila diganggu maka bisa menjadi nakal.

Harga yang ditawarkan untuk satu ekor burung ini adalah sekitar Rp 20.000.000,-

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai 10 Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Macaw Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *