Cara Budidaya Landak Mini Yang Baik

Diposting pada

Bagaimana Cara Budidaya Landak Mini yang baik? Landak mini adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup banyak peminatnya.

Cara Budidaya Landak Mini Yang Baik
Cara Budidaya Landak Mini Yang Baik

Namun, rasanya tidak masalah jika anda memilih untuk membudidayakan si landak mini selain menyalurkan hobi, anda juga dapat mengais rezeki darinya.

Pada umumnya cara membudidayakan si landak ini sama dengan ketika anda memelihara seekor landak atau beberapa landak,

Namun yang membedakan mungkin jumlah landak dan juga cara atau waktu yang anda gunakan untuk merawatnya.

Cara Budidaya Landak Mini

Berikut ini adalah beberapa cara budidaya landak mini yang harus dilakukan agar landak bisa berkembang dan tumbuh dengan baik :

Pastikan memilik modal yang dibutuhkan

Yang pertama sebelum ingin memelihara atau budidaya landak mini yang harus diperhatikan adalah ketersediaan modal.

Perhitungan modal guna untuk memenuhi kebutuhan seperti penyediaan indukan, pembuatan kandang, makanan dan faktor pendukung lainnya.

Dibawah ini adalah kisaran modal yang harus dikeluarkan bila dibulai dengan membudidayakan 2 pasang landak mini, yaitu :

  • 2 kandang akuarium dengan ukuran 45x40x25: Rp 160.000,-
  • Serbuk kayu sebanyak 2 : Rp 30.000,-
  • 2 tempat minum : Rp 30.000,-

Total modal awal adalah Rp 220.000,- belum termasuk harga indukan, karena setiap indukan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Harga juga belum termasuk kedalam biaya operasional bulanan seperti penggunaan vitamin, makanan, dan lain lain. Namun secara umum bila ditotalkan untuk 2 pasang landak mini sekitar 2juta.

Siapkan indukan

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah menyiapkan indukan sebagai modal  budi daya landak mini anda.

Pastikan indukan yang anda pilih adalah indukan yang baik, sehat, tidak cacat, tidak berpenyakit, perilaku baik atau jinak.

Pastikan bahwa usia si landak jantan dan betina sudah cukup umur, yaitu sekitar 5 – 12 bulan tidak kurang dan lebih.

Siapkan kandang

Anda dapat membeli kandang khusus landak mungkin di toko, namun jika mengirit biaya pengeluaran anda bisa membuatnya sendiri dengan memilih bahan atau jenis kandangnya.

Anda dapat menggunakan akuarium, kontainer plastik atau kayu yang anda paku. Ukuran kandang bisa anda pilih atau buat sesuai dengan kebutuhan, misalnya berukuran 30 cm.

Namun yang terpenting adalah, si landak nyaman tinggal di kandang tersebut sehingga tidak mengganggu proses reproduksi.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan serutan kayu yang digunakan sebagai alas, hiddin Box yang dimanfaatkan para landak mini untuk tidur atau istirahat dan tempat minum dan makannya.

Siapkan pakan

Makanan memang berperan penting untuk proses pembudidayaan, karena dengan makanan ini bisa mempengaruhi pertumbuhan para induk dan anak landak mini nantinya.

Untuk itu berilah makanan yang memiliki gizi yang baik dengan porsi yang pas.

Anda dapat membeli makanan landak mini ini di per Shop, bisa menggunakan  makanan anjing atau kucing bahkan anda dapat mencampurnya.

Anda juga dapat memberi mereka makan berupa ulat Jerman, ulat Hongkong dan juga jangkrik atau makanan lainnya yang mengandung protein.

Mengawinkan landak

Cara mengawinkan si landak mini cukup mudah, yaitu dengan meletakkan sepasang landak di dalam kandang yang telah di siapkan tadi.

Biarkan mereka sekandang selama 7 hari, baru setel itu anda wajib memindahkan penjantan dari dalam kandang, dan biarkan saja si betina berada di dalam kandang tersebut.

Ketika anda memasukkan sedang landak mini ini, jangan lupa untuk mencatat tanggalnya, karena bisa berpengaruh terhadap kapan waktu pertama betina hamil dan kapan waktunya melahirkan, karena biasanya setelah 35 – 46 hari betina akan melahirkan.

Merawat anak landak mini

Ketika si landak mini melahirkan yang biasanya di tandai dengan adanya bunyi decitan dari dalam kandang, maka tempatkan mereka pada kandang khusus agar memudahkan anda untuk merawatnya.

Namun, jangan sekali – kali memegang anak landa mini yang bau lahir ya, karena bau tangan anda akan menempel pada tubuh anak landak, akhirnya induk landak tersebut tidak mengenali dan tidak mau mengurus anaknya.

Anda bisa menggunakan sendok atau pouch saat memindahkannya. Biasanya betina akan melahirkan  3 – 6 ekor landak.

Ketika umur anak landak mini sudah lebih dari 2 bulan, maka mereka sudah siap untuk di perjual belikan dan mereka sudah mampu mencari makanan sendiri tanpa harus menyusui.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang agar bakteri, kumat atau virus lainnya dapat mempengaruhi kondisi kandang dan menjadikan para landak mini sakit.

Nah itulah kilasan lengkap mengenai Cara Budidaya Landak Mini Yang Baik. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *