Cara Membuat Pakan Kelinci Sendiri (Paling Mudah)

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membuat Pakan Kelinci Sendiri? Kelinci tentu menjadi salah satu hewan yang cukup dikenal oleh banyak orang, memiliki warna bulu putih dan menggemaskan, membuat banyak orang memelihara jenis hewan yang satu ini, di Indonesia sendiri kelinci sudah banyak sekali dibudidayakan selain bisa untuk dimakan, tetapi kelinci juga bisa untuk hanya sekedar dijadikan hewan peliharaan.

Cara Membuat Pakan Kelinci Sendiri (Paling Mudah)
Cara Membuat Pakan Kelinci Sendiri (Paling Mudah)

Perlu diketahui bahwa kelinci sendirj memiliki dua kategori, yang pertama adalah kelinci pedaging, jenis yang satu ini relatif lebih mudah untuk dirawat, berbeda dengan jenis kelinci hias yang bisa dibilang dibutuhkan perawatan lebih.

Kategori kelinci hias sendiri kerap dijadikan sebagai hewan yang hanya sekedar untuk dipelihara.

Saat anda memelihara kelinci tentu anda harus menjaga kesehatan hewan anda agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, salah satu hak yang harus diperhatikan adalah pemberian pakan bagi kelinci, pemberian pakan ini akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan kelinci, selain membeli pakan, tentu alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuat pakan secara mandiri.

Baca Juga : Klasifikasi, Morfologi dan Jenis Kelinci

Cara Membuat Pakan Kelinci Sendiri

Membuat pakan kelinci sendiri akan mendatang beberapa manfaat bagi anda, selain bisa menghemat uang, tentunya anda tidak akan terlambat memberi makan kepada kelinci anda.

Anda bisa memanfaatkan bahan dari alam untuk anda olah menjadi pakan kelinci, seperti misalnya rerumputan, dedaunan, dan sayuran.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis daun bisa diberikan kepada kelinci seperti misalnya daun mandingan.

Banyak para peternak kelinci yang lebih memilih untuk membuat pakan secara mandiri, itu disebabkan tentunya pengeluaran buang lebih sedikit, dan tentunya kelinci sudah terbiasa dengan makanan tersebut sehingga membuat kelinci hanya mau memakan makanan tersebut saja. Lalu pakan apa saja yang bisa dibuat bagi kelinci? Mari simak ulasan dibawah ini

Bahan Bahan yang Perlu disiapkan:

  • Bungkil yang terdapat pada kedelai
  • Bungkik yang terdapat pada kelapa
  • Tepung mineral
  • Dedak

Proses Pembuatan Pakan

  • Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pakan kamu dengan seberapa banyak kelinci yang kamu pelihara, jika kamu membuat 2 kg pakan maka kamu membutuhkan 1 kg gram dedak 400 gram bungkil kelapa, 400 gram bungkil Kedelai dan 200 gram tepung Mineral.
  • Jika kamu sudah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mencampurkan semua bahan pada satu wadah, agar mudah kamu bida menambahkan air agar semua bahan bisa tercampur dengan baik, aduk aduk sampai merata.
  • Jika semua bahan sudah tercampur dengan baik, kamu bisa mulai memberikan pakan tersebut kepada kelinci anda, tidak hanya pedaging dan hias, pakan ini bisa anda berikan pada jenis pakan lainnya.

Bahan Lainnya yang Bisa Digunakan

  • Biji-bijian
  • Bahan Bekatul
  • Tepung jagung
  • Dan bahan lain yang mengandung serat

Seberapa banyak pakan yang dibuat bisa disesuaikan dengan kelinci yang sedang anda pelihara, anda bisa memberikan pakan sampai 100-160 untuk kelinci dewasa dan 160 – 200 gram untuk kelinci yang sedang hamil, untuk kelinci yang masih berumur 2 sampai 4 bulan kamu bisa memberikan pakan sebanyak 70 gram saja.

Dalam pembuatan pakan ini cukup sederhana, karena hanya membutuhkan alat-alat yang sederhana juga, jadi siapapun yang sedang Merawat kelinci bisa membuat pakan yang satu ini, kamu bisa menyiapkan plastik, sendok, panci dan kompor dalam pembuatan pakan yang satu ini.

Dan tentunya banyak peternak juga yang menggunakan pakan jenis ini karena memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan kelinci.

Proses Pembuatan Pakan

  • Campurkan semua bahan hingga merata pada wadah plastik yang sudah disiapkan, campurkan air hangat saat proses pengadukan, agar semua bahan bisa tercampur dengan rata
  • Jika dirasa semua bahan sudah tercampur dengan rata, kamu bisa mengukus adonan tersebut pada panci dengan estimasi waktu sampai 30 menit, atau bisa dilihat pada perubahan warna adonan
  • Apabila warnanya sudah berubah, kamu bisa mulai melakukan penggilingan menggunakan penggilingan mie, buat adonan memiliki bentu memanjang
  • Jika sudah melakukan penggilingan, maka kamu bisa meng oven bahan tersebut, atau jika tidak ada oven kamu bisa menjemur adonan di atas terik sinar matahari selama berhari-hari
  • Selanjutnya pakan sudah siap untuk diberikan kepada kelinci, kamu bisa memberikan pakan ini sesuai dengan jam makan dari kelinci anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai pakan bagi kelinci, memelihara hewan seperti kelinci tentunya memiliki tingkat kesulitan sendiri, salah sedikit saja tentu kelinci bisa terserang sebuah penyakit, pemberian pakan yang tepat bagi kelinci akan membuat kelinci lebih sehat dan tahan dari penyakit yang akan menimpa.

Saat kita memelihara kelinci memang kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan sang kelinci, selain memerhatikan jenis pakan yang akan di berikan, kamu juga harus selaku membersihkan kandang dari kelinci tersebut setiap Minggunya, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua yang sedang memelihara kelinci.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Membuat Pakan Kelinci Sendiri (Paling Mudah). Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *