Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina? Sebagaimana yang memang Anda ketahui, untuk jenis burung nuri yang satu ini mempunyai banyak sekali para penggemar.

Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina

Hal tersebut diakibatkan karena jenis burung ini memang dianggap paling cerdas, cantik serta juga memesona. Bahkan nuri kepala hitam dapat menirukan suara manusia dan jua suara burung lainnya.

Padahal secara kedudukan untuk burung ini telah dilindungi, tetapi tetap saja tidak sedikit masyarakat yang sangat suka untuk menangkarkan atau membudidayakannya.

Nah untuk Anda semua yang juga hendak membudidayakan, maka mau tidak mau Anda wajib memahami dan membedakan jenis kelamin dari burung nuri ini.

Burung nuri itu sendiri memang adalah salah satu burung kicau yang mempunyai banyak sekali peminatnya.

Bukan hanya karena suara yang dimilikinya melainkan juga karena warna warni bulunya yang lumayan sangat menarik perhatian banyak orang.

Sehingga bukan hal yang mengherankan lagi jika burung yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar.Selain itu jika terus anda latih burung ini juga dapat menirukan suara manusia seperti halnya burung kakak tua.

Tapi ada sejumlah hal yang mesti Anda ketahui khususnya dalam hal menilai jenis kelamin dari burung nuri itu sendiri.

Jadi untuk Anda semua yang hendak memelihara burung nuri ini tidak boleh sampai salah dalam hal menilai jenis kelaminnya. Oleh karena itu memang lebih baiknya Anda bisa kupas terlebih dahulu tentang perbedaan dari burung nuri jantan dan betina.

Ada banyak sekali jenis Burung Nuri, dan masing-masing dari jenis itu mempunyai ciri-ciri yang bertolak belakang sehingga untuk menilai jantan dan betina, maka anda harus memahami satu persatu dari jenis burung tersebut.

Dalam pembahasan ini, akan membahas sejumlah dari jenis Burung Nuri dan perbedaannya antara burung nuri jantan dan burung nuri betina.

Namun yang jadi catatan, dalam hal ini tidak bermaksud mendukung adanya perbuatan ilegal untuk memelihara fauna yang dilindungi. Tulisan ini hanyalah wawasan dan pengetahuan.

Disini akan dijabarkan perbedaan burung nuri jantan dan burung nuri betina dari 3 jenis burung nuri yang ada, yaitu burung nuri kepala hitam, burung nuri bayan dan burung nuri merah.

Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina (Kepala Hitam)

Cara membedakan burung nuri kepala hitam jantan dengan burung nuri betina sangatlah mudah.

Terdapat 5 perbedaan yang terlihat sangat menonjol bahkan untuk pemula pun sangat gampang memahaminya. Berikut Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina :

1. Ukuran untuk tubuh burung nuri kepala hitam jantan dan burung nuri betina berbeda

Perbedaan pertama yang terlihat sangat mencolok untuk jenis burung ini ialah ukuran panjang serta juga besar tubuh dari burung nuri kepala hitam jantan maupun betina.

Nuri kepala hitam jantan mempunyai tubuh yang kecil dan pendek, Sedangkan untuk jenis kelamin betina tubuhnya lebih tinggi dan panjang.

Lalu di bagian kepala pun beda. Bagi jantan kepala lebih kecil dan berbentuk persegi, adapun untuk betina besar dan bulat.

2. Pola lingkaran hitam pada leher nuri papua juga berbeda

Apabila perbedaan yang pertama belum dapat membantu Anda mengetahui perbedaan mana nuri kepala hitam jantan dan betina, silakan Anda lihat pola warna lingkaran pada bulu leher burung tersebut.

Perhatikan dengan baik akan tampak terlihat ada garis lingkaran pada leher. Nah untuk burung nuri kelamin betina seringkali warnanya hitam dan lingkarannya tidak menyambung.

Sedangkan untuk lingkaran yang terdapat pada leher burung nuri kepala hitam jantan terlihat menyambung ataupun berdekatan.

Sebenarnya dari sini saja telah terlihat mana jantan dan betina. Tapi sayangnya ini pun tidak dapat menjadi acuan tepat untuk menilai perbedaan burung ini.

3. Bentuk ekor dari burung nuri jantan kepala hitam itu sama dengan burung nuri betina terlihat berbeda

Sebagaimana jenis burung lainnya, seringkali burung jantan mempunyai ekor yang pendek jika dibandingkan dengan ekor yang dimiliki betina.

Sedangkan punya betina lebih panjang. Bisa Anda lihat sendiri di gambar. Di sisi beda bulu ekor betina mekar.

4. Warna paha untuk burung nuri kepala hitam jantan dan burung nuri betina tidak sama

Perbedaan selanjutnya terletak pada warna di bagian paha dari burung ini. Hal ini terlihat dari warna di bulu paha burung nuri kepala hitam jantan akan tampak lebih cerah biru turkisnya.

Jika dibandingkan dengan milik burung nuri betina yang terlihat berwarna gelap ataupun dop.

5. Kecerahan warna tubuh pun beda

Tentu saja warna bulu yang dimiliki jenis jantan lebih mengkilap dan kontras jika dibandingkan dengan milik betina yang mempunyai bulu yang terlihat dop tidak mengkilap.

Hal tersebut juga berlaku pada hewan peliharaan lainnya seperti halnya ikan, nyaris setiap mau membedakan jenis kelamin selalu memperlihatkan warna atau corak sisik.

Cara Membedakan Burung Nuri jantan dan Betina (Bayan)

Untuk burung Nuri Bayan yang mempunyai sebuah nama latin yaitu Electus Roratus. Perbedaan antara burung nuri jenis jantan dan betina:

  • Burung jantan seringkali mempunyai bulu berwarna hijau dengan paruh orang yang mempunyai ujung berwarna kuning.
  • Sedangkan untuk burung betina mempunyai bulu berwarna merah hati dan berpadu dengan warna biru. Parahnya berwarna hitam. Kedua burung, jantan dan betina yang mempunyai perbedaan warna bulu itu tentunya akan mempermudah Anda untuk mengenalinya.

Perbedaan Jenis Jantan dan Betina Burung Nuri Merah

  • Pada burung Nuri Merah, bilamana Anda menyaksikan ciri-ciri fisiknya, paruh burung jantan tampak lebih tebal jika dibndingkan dengan burung betina.
  • Begitu pun dengan warna bulunya yang tampak lebih terang dan lebih bersih atau lebih rapi jika dibandingkan dengan burung betina yang terlihat mempunyai bulu kusam.
  • Pada akan berdiri, burung jantan lebih tegap jika dibandingkan dengan burung betina.
  • Burung Nuri Merah jantan ekornya lebih panjang dan dekat dengan kloaka, berwarna sedikit kuning ketika burung ini masih muda.
  • Burung jantan pun mempunyai gerakan yang lebih lincah dan lebih aktif serta mempunyai ukuran kaki yang lebih banyak dan kasar.
  • Apabila telah sama-sama dewasa, seringkali burung jantan mempunyai suara kicauan yang lebih keras jika dibandingkan dengan burung betina.
  • Ciri-ciri lainnya, burung jantan seringkali mempunyai bulu berwarna hitam di bagian leher, tampak seperti kalung. Sedangkan pada burung betina tidak ada.

Demikian ulasan menyeluruh mengenai cara membedakan burung nuri jantan dan betina. Semoga informasi ini memberi manfaat buat teman-teman sekalian yang sangat menyukai burung yang ada di Indonesia.

Keaneragaman burung nuri yang tersebar ini hendaknya tetap Anda lestarikan karena burung ini termasuk burung yang hampir punah dan dilindungi.

Pemaparan yang ada disini hanya jadikan sebagai pengetahuan tentang dunia hewan yang harus tetap dilestarikan.

Baca Juga : Cara Merawat dan Melatih Burung Nuri Agar Cepat Bicara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *