Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar

Diposting pada

Tahukan Anda Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar? Binatang yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan memang beragam, salah satunya adalah kura-kura air tawar.

Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar
Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar

Alasan banyak orang menjadikan kura-kura air tawar sebagai hewan peliharaan sendiri selain karena kura-kura memang hewan yang unik, memiliki bentuk menarik, dan berbeda dari tampilan hewan lain pada umumnya.

Tak hanya itu saja, perawatan kura-kura air tawar juga tergolong sangat mudah. Apabila Anda tertarik untuk memelihara binatang purba ini, berikut cara-cara yang harus dilakukan.

Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar

Untuk bisa memelihara hewan ini ada beberapa tahapan yang harus terpenuhi. Berikut adalah Cara Memelihara Kura-kura Air Tawar :

1. Tentukan jenis kura-kura yang ingin dipelihara

Saat ini jenis kura-kura cukup banyak. daris ekian banyak jenis tersebut satu dnegan yang lainnya memiliki karakteristik tersendiri dan perawatannya juga berbeda-beda.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan memilih salah satu jenis kura-kura untuk dipelihara, antara lain :

  • Ukuran

Pada umumnya orang memulai memlihara kura-kura dari usia kecil. Namun perlu diperhatikan bahwa ada sebagian kura-kura yang bisa memiliki tubuh yang besar.

  • Lingkungan

Setiap kura-kura memiliki daya tahan tersendiri terhadap habitatnya. Pastikan Anda memilih jenis yang sesuai dengan kondisi lingkungan yang Anda tinggal.

  • Harga

Banyak variasi harga untuk hewan jenis ini. Untuk mahal atau tidaknya tergantung jenis kura kura dan unik dari segi warnanya.

Beberapa jenis kura-kura yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, antara lain :

  • Kura-kura aldabra
  • Kura-kura indian star
  • Kura kura sulcata
  • Kura-kura radiata
  • Kura-kura cherry head
  • Kura kura brazil
  • Kura kura darat

2. Membuat tempat tinggal kura-kura air tawar

Sama seperti cara memelihara binatang lain pada umumnya, sebelum Anda memutuskan untuk memelihara kura-kura air tawar, ada baiknya Anda mempersiapkan kandang untuk hewan tersebut terlebih dahulu.

Kandang kura-kura air tawar sendiri tidak rumit untuk dibuat. Anda bisa meletakan anak kura-kura di dalam akuarium atau kotak kaca kecil yang sudah dilengkapi dengan sedikit air dan dedaunan agar mirip dengan habitat asli dari kura-kura tersebut.

Berbeda dengan anakannya, kura-kura air tawar yang sudah dewasa tidak bisa terus-menerus diletakan di dalam akuarium.

Anda harus membuat kolam yang besarnya disesuaikan dengan ukuran kura-kura tersebut. Jangan lupa untuk memberikan bebatuan, tanaman, dan air sebanyak 2/3 dari luas total kolam tersebut.

3. Berikan makanan yang teratur dan sesuai

Cara memelihara kura-kura air tawar yang kedua yaitu memberikan makanan secara teratur.

Meskipun pada kura-kura air tawar anakan masih mau memakan daging dan tumbuhan, kura-kura air tawar yang sudah dewasa hanya bisa diberi makan dengan daging.

Anda bisa memberikan potongan daging ikan, cacing, atau jenis daging lainnya. Jangan lupa untuk memberikan vitamin tambahan seperti fosfor, kalsium, dan vitamin D yang biasanya terkandung dalam pelet.

Untuk frekuensi pemberian makannya sendiri, pada kura-kura air tawar anakan sebanyak satu kali dalam sehari, sedangkan kura-kura air tawar yang telah dewasa bisa diberi makan hanya 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Tergantung dari banyak daging yang telah Anda siapkan.

4. Menjaga persediaan hari

Ketersediaan air yang baik dan bagus akan menjaga cairan dalam tubuh kura-kura.

Untuk tempat minum pastikan menyediakan wadah yang khusus misalkan memakai wadah seperti nampan yang kecil.

Perlu diketahui bahwa pergantian air setiap hari harus dilakukan untuk menghindari terkontaminasi air dengan penyakit.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Jamur Pada Kura-kura

5. Jangan sembarangan memegang kura-kura

Hewan ini memiliki cangkang yang sangat kuat namun demikian cangkang tersebut bisa retak atau pecah.

jadi bila kurang hati-hati dalam memegang atau menyentuh maka bisa jadi hewan tersebut jatuh dan menyebabkan retaknya cangkang tersebut.

Bila hal ini terjadi bisa saja menyebabkan infeksi dan berakibat pada kematian bila tidak ada penanganan yang serius.

6. Rendam bayi kura-kura secara rutin

Bayi kura-kura harus dijaga cairan dalam tubuhnya, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah dengan merendambeberapa kali dalam seminggu.

Pastikan tempat atau wadah untuk merendam jangan terlalu dalam agar bayi kura-kura tidak tenggelam. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

7. Perawatan tambahan untuk kura-kura air tawar

Dua cara memelihara kura-kura air tawar yang telah disebutkan di atas memang sudah mencakup langkah memelihara binatang tersebut dengan baik karena pada dasarnya kura-kura memang bukan binatang yang membutuhkan perawatan intensif seperti hewan peliharaan lainnya.

Namun, ada beberapa hal lain yang juga harus Anda perhatikan saat memelihara kura-kura air tawar, yaitu kebersihan air pada kolam tempat tinggal kura-kura air tawar tersebut.

Derajat keasaman yang baik untuk tempat tinggal binatang ini yaitu berkisar antara 6 – 6,5.

Air kolam di dalamnya juga wajib diganti minimal satu minggu sekali agar tetap bersih dan bebas dari bakteri-bakteri berbahaya yang dapat membahayakan kura-kura air tawar peliharaan Anda.

Untuk keamanan tambahan, Anda juga dapat menambahkan garam beryodium maupun cuka ke dalamnya agar air tawar tersebut tetap asam, tapi perlu diingat bahwa tidak perlu dalam jumlah yang berlebihan.

Itulah beberapa cara memelihara kura-kura air tawar yang dapat Anda terapkan.

Selain mudah, perawatan kura-kura air tawar juga tidak membutuhkan biaya yang mahal karena Anda tidak perlu memberi makan hewan tersebut setiap hari.

Jika Anda berniat memelihara kura-kura air tawar, sebaiknya Anda tidak memelihara hewan ini sendirian karena akan lebih baik untuk kura-kura tersebut mempunyai teman di dalam kandangnya dan dapat berkembangbiak dengan baik.

Baca Juga : Daftar Harga Kura-kura Air Tawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *