Daftar Harga Kura-kura Air Tawar Untuk Hewan Peliharaan 2021

Diposting pada

Tahukah Anda Harga Kura-kura Air Tawar? Kura-kura air tawar merupakan salah satu binatang yang dewasa ini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Tak hanya karena unik dan memiliki bentuk yang sangat menarik, kura-kura air tawar juga tidak memerlukan perawatan yang sulit sehingga sebagian besar orang, khususnya mereka yang tidak mempunyai banyak waktu untuk selalu merawat hewan peliharaannya, lebih memilih memelihara kura-kura air tawar ini dibandingkan dengan hewan-hewan lain seperti kucing, atau anjing yang harus dipelihara secara intensif.

Daftar Harga Kura-kura Air Tawar

Jika Anda tertarik dan berminat untuk mulai memelihara binatang bertempurung itu, berikut ini akan diulas mengenai Daftar Harga Kura-kura Air Tawar untuk Hewan Peliharaan tersebut.

1. Kura-kura Brazil

"<yoastmark

Kura-kura air tawar pertama yang juga merupakan jenis kura-kura yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia yaitu kura-kura Brazil.

Ketenaranannya membuat Anda bisa dengan mudah menemukan jenis kura-kura ini di pasaran.

Selain pola pada tempurungnya yang menarik, bentuk tubuh kura-kura air tawar yang memiliki nama lain Red Eared Slider ini juga sangat mirip dengan penyu, hanya saja kura-kura Brazil memiliki kuku yang panjang dan tajam.

Harga kura-kura air tawar jenis Brazil relatif cukup murah yaitu hanya berkisar 20 hingga 30 ribu rupiah saja untuk anakannya.

2. Aligator Snapping

Aligator Snapping
Aligator Snapping

Jenis kura-kura air tawar yang cocok dijadikan hewan peliharaan selanjutnya yaitu Aligator Snapping atau nama ilmiahnya Macrochelys temminckii.

Kura-kura aligator snapping dianggap menyeramkan karena tempurungnya yang berbentuk seperti duri. Tak hanya itu saja, kura-kura air tawar ini juga lebih agresif dan seringkali melakukan penyerangan seperti menggigit.

Namun, meskipun memiliki bentuk yang menyeramkan, kura-kura unik ini tetap memiliki banyak peminat. Tak ayal jika harga kura-kura aligator snapping yang dijual di pasaran bisa mencapai 1 – 2,5 juta rupiah untuk anakannya.

Dan akan semakin mahal untuk kura-kura yang sudah berusia dewasa, bahkan bisa mencapai 5 juta rupiah.

3. Kura-kura Ambon

"<yoastmark

Jenis Kura-kura air tawar lainnya yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kura-kura Ambon.

Selain memiliki nama ilmiah Coura amboinensis, kura-kura Ambon juga sering disebut dengan kuya batok karena bentuk tempurungnya yang sangat cembung dan mirip sekali dengan batok kelapa.

Jenis kura-kura yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak di temukan di Asia, termasuk di Indonesia.

Sayangnya, dibandingkan dengan dua jenis kura-kura air tawar yang telah disebutkan sebelumnya, kura-kura batok memiliki lebih sedikit peminat.

Hal ini disebabkan karena bentuk dan warna dari kura-kura batok cenderung biasa saja, yaitu hitam polos dan terkesan tidak memiliki keunikan yang menarik.

Oleh sebab itu, biasanya kura-kura ini tidak dijual di pasaran dan hanya bisa dimiliki dengan cara mencarinya sendiri di wilayah perairan air tawar seperti sungai, danau, rawa, dan lain-lain.

4. Kura-kura Monbi

Kura-kura Monbi
Kura-kura Monbi

Jenis ini adalah kura kura yang berasal dari keluarga Cаrеtосhеlіdае. Hewan ini merupakan hewan asli papua yang diketahui jumlahnya dialam bebas saat ini sangat sedikit sekali.

Hal ini disebabkan jenis ini sangat populer dan sering dijumpai diseludupkan ke luar negeri guna dikosumsi untuk obat khususnya dinegara cina dan taiwan.

Untuk habitatnya hidup didaerah sungai tepatnya pada selatan papua dan beberapa tempat yang berada di Queensland utara.

Kalau dilihat dari bentuk dan warnanya tentunya kura kura jenis ini sangat unik dan lucu bila kita memeliharanya di aquarium, namun keberadaannya saat ini dilindungi oleh negara.

Namun walaupun dilindungi saat ini masih banyak yang menjualnya. Kisaran harga yang ditawarkan adalah 380ribu hingga 1 juta tergantung dengan ukurannya.

5. Common Snapping Turtle ( CST )

Common Snapping Turtle ( CST )
Common Snapping Turtle ( CST )

CST adalah jenis kura-kura air tawar yang memiliki sifat ganas hal ini dikarenakan bisa menyerang musuh secara tiba tiba.

Untuk ukurannya sendiri beragam sekitar 30-50 cm. Besar kecilnya tergantung perawatan dan makanan yang diberikan. Sedangkan jenis makanannya adalah udang, ulat, ikan kecil dan lainnya.

Harga pasaran saat ini sekitar 2 juta hingga 10 juta. Harga tersebut tergantung dengan ukurannya.

Selain kura-kura air tawar, ada lebih banyak jenis kura-kura darat yang juga dapat dijadikan hewan peliharaan yang tentunya memiliki harga yang juga lebih bermacam-macam.

Jika Anda sudah yakin untuk memelihara kura-kura air tawar, sebaiknya sebelum membeli Anda mempersiapkan tempat atau kandang untuk tinggal kura-kura tersebut.

Jangan sampai Anda membuang uang Anda untuk membeli kura-kura air tawar namun tidak memiliki persiapan atau pengetahuan mengenai bagaimana cara untuk merawat kura-kura tersebut, karena hal itu tak hanya membuat kura-kura air tawar tersebut tersiksa tetapi juga sangat merugikan bagi Anda.

Demikianlah Daftar Harga Kura-kura Air Tawar Untuk Hewan Peliharaan. Bagaimana? Apakah anda ada niat untuk memelihara kura-kura?

Baca Juga : Ciri Kura-kura Sedang Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *