9 Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

Diposting pada

Tahukah Anda bagaimana Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan? Bagi pecinta ikan hias, memelihara ikan di dalam akuarium memang hal yang menyenangkan dan tidak sulit, terlebih jika ikan yang mereka pelihara dalam keadaan sehat dan tidak terserang penyakit apapun.

Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan
Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

Sayangnya, tidak jarang ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium terkena penyakit, salah satunya yaitu penyakit white spot.

Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

Penyakit ini disebabkan karena jamur dari air yang kotor, pencahayaan akuarium yang kurang, dan lain sebagainya. White spot dapat menyerang hampir semua ikan hias, tak terkecuali ikan louhan.

Namun, jika Anda memiliki ikan louhan yang terkena white spot, Anda tak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan.

1. Menggunakan obat yang dapat menghilangkan white spot

Cara pertama dan paling mudah untuk dapat menghilangkan penyakit white spot pada ikan louhan yaitu menggunakan obat yang dapat menghilangkan penyakit tersebut.

Obat ini dapat dibeli di berbagai toko ikan maupun toko-toko yang menjual keperluaan hewan peliharaan.

Cara untuk mengobati white spot ikan louhan dengan obat pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kapas dan meneteskan obat tersebut ke dalam kapas secukupnya, kemudian oleskan pada bagian tubuh ikan louhan yang terkena penyakit white spot.

2. Tingkatkan oksigen dengan memberikan Aerator

Secara umum hampir semua ikan hias memerlukan oksigen. Hal ini digunakan untuk membantu meningkatkan sistem ketahanan dan kekebalan tubuh ikan.

Dengan pemberian oksegen dapat juga mengurangi resiko ikan menjadi stress karena kualitas hidup ikan akan jauh lebh baik.

Ketahuilah bahwa penyakit white spot dapat mengakibatkan kegagalan atau kesulitan ikan dalam bernafas, oleh karena itu sistem aerasi yang baik akan membantu proses pernafasan ikan.

Apabila ikan belum terjangkit atau terserang penyakit ini, setelah kita tambahkan aerator maka akan mengurangi resiko ikan terkenya penyakit white spot.

3. Membersihkan akuarium

Cara lain untuk dapat menghilangkan penyakit white spot pada ikan yaitu dengan melakukan pembersihan akuarium secara rutin.

Penyakit white spot bisa disebabkan karena akuarium yang kotor sehingga muncul jamur pada tubuh ikan.

Oleh sebab itu, penyembuhannya pun dapat dilakukan dengan membersihkan filter dan mengganti air dalam akuarium minimal sebulan sekali.

4. Naikan suhu dan pencahayaan dalam akuarium

Selanjutnya, langkah yang dapat dilakukan untuk bisa mengobati penyakit white spot pada ikan louhan yaitu dengan meningkatkan suhu di dalam akuariumnya.

Tak hanya suhu, pencahayaan juga harus ditingkatkan ketika Anda akan menghilangkan white spot yang menyerang ikan louhan peliharaan Anda.

Meskipun tidak langsung sembuh, cara ini cukup ampuh atau setidaknya dapat mencegah penyakit white spot pada ikan louhan tersebut semakin bertambah parah.

5. Menambahkan sinar ultraviolet

Penyakit white spot pada ikan louhan juga dapat disembuhkan dengan sinar ultraviolet.

Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan sinar ultraviolet pada akuarium untuk bisa mencegah maupun mengobati penyakit jamuran pada ikan louhan peliharaan Anda.

Radiasi sinar ultraviolet sendiri dapat menyembuhkan penyakit white spot karena kandungan molekul dari sinar tersebut dan suhu hangat yang ditimbulkan yang mampu menghilangkan white spot pada ikan louhan.

6. Rendam atau oleskan dengan larutan air garam

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit white spot pada ikan louhan yaitu dengan merendam ikan tersebut pada larutan air garam.

Cara ini terbukti ampuh karena garam dapat bersifat antibiotik dan bisa menghilangkan jamur, termasuk jamur pada white spot.

Namun, perlu diingat bahwa larutan garam yang digunakan juga tidak boleh terlalu banyak karena ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang tidak kuat dengan air garam.

Oleh sebab itu, untuk lebih aman, Anda lebih baik mengoleskan air garam pada bagian tubuh ikan louhan yang terkena white spot.

7. Beri daun ketapang

Selain menggunakan obat penghilang penyakit secara kimia, anda juga bisa menggunakan dedaunan untuk mengatasinya salah satunya yakni daun ketapang.

Dengan menggunakan daun ketapang tentunya biaya dalam pengobatan akan rendah, karena anda hanya perlu mencarinya dan tidak membelinya.

Habitat asli dari tanaman ketapang ini adalah pinggir pantai ataupun pinggir jalan raya.

Menurut beberapa studi yang telah dilakukan daun ketapang diketahui mampu mengobati beberapa jenis penyakit yang menyerang ikan hias.

Fungsi umum daun ketapang ini adalah menurunkan pH air, selain itu juga dapat menurunkan atau mengatasi white spot pada ikan hias.

Cara menggunakan daun ketapang untuk obat sangatlah mudah. Caranya ambil daun ketapang kemudian memasukannya ke aquarium. Pastikan daun tenggelan hingga kedasar atau beri ganjalan agar tidak naik ke permukaan.

Biarkan daun tersebut hingga air berubah menjadi warna cokelat.

Itu artinya zat yang berada pada daun mulai menyebar dan diketahui zat tersebut mampu menghilangkan bakteri penyebab penyakit white spot.

Setelah 3 hari, pastikan Anda mengganti air rendaman daun ketapang tersebut dengan air yang bersih dan sehat.

8. Kuras 1/4 air dari total air aquarium

Cara yang paling efektif lainnya untuk bisa mengurangi ikan hias terkena penyakit white spot adalah dengan menguras sebagian air di aquarium yakni sekita 1/4 air.

Hal ini dilakukan guna mengurangi bakteri jahat yang telah ada di air tersebut.

Pengurasan air ini jangan dilakukan terlalu sering karena bisa saja menghilangkan zat klorin yang berada di aquarium yang bisa saja menjadi penyebab iklan menjadi stress.

9. Memberikan makanan yang sehat

Salah satu kunci keberhasilan dalam memelihara ikan hias salah satunya ikan lauhan adalah masalah makanan.

Makanan yang baik dan sehat akan menjaga ikan hias dari serangan penyakit salah satunya yang datang dari bakteri penyebab white spot.

Bila ikan hias yang Anda pelihara adalah ikan predator pastikan makanan yang diberikan adalah yang alami dan masih segar atau hidup.

Untuk mengurangi penyebaran penyakit yang berasal dari makanan, pastikan makanan tersebut di karantina terlebih dahulu dalam beberapa hari sebelum dijadikan sebagai makanan ikan.

Pemberian pelet sebagai makanan tentunya akan jauh lebih aman dari penyebaran bakteri penyebab penyakit dan tentunya ini adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran penyakit white spot.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghilangkan penyakit white spot pada ikan louhan. Akan lebih baik jika Anda tetap melalukan pencegahan terhadap penyakit tersebut dengan selalu menjaga kebersihan akuarium tempat ikan louhan.

Baca Juga : Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *