11 Ciri Ayam Bangkok Aduan Yang Baik

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Ciri Ayam Bangkok Aduan Yang Baik? Banyak para penggemar ayam aduan mencari ayam bangkok aduan yang baik, apalagi nantinya mereka berniat menggunakan ayam bangkok tersebut sebagai ayam aduan, jadi mau tidak mau mereka harus mencari ayam bangkok aduan yang baik.

11 Ciri Ayam Bangkok Aduan Yang Baik
11 Ciri Ayam Bangkok Aduan Yang Baik

Ciri-ciri Ayam Bangkok Aduan Yang Baik

Sebelum tenak ayam bangkok aduan alangkah baiknya mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa ciri ayam bangkok aduan yang baik :

1. Kepala

Memilih bentuk kepala dari ayam bangkok sangatlah perlu, apalagi kepala menentukan kecerdasan si ayam nantinya.

Maka pilihlah ayam berkepala dengan bentuk seperti buah pinang yang mana bentuknya lebih kecil, hal ini menunjukkan bahwa ayam ini adalah ayam yang cerdik jika dibandingkan dengan ayam berkepala besar.

2. Kulit muka

Memilih mencari ayam yang tahan terhadap pukulan bukan sekali pukul atau beberapa kali pukulan langsung ambruk bukan?

Maka pilihlah ayam bangkok yang memiliki muka dengan kulit  muka yang tebal dan berkerut – kerut walaupun ayam bangkok ini memiliki awalan yang kalem.

Janganlah memilih ayam bangkok yang gesit namun memiliki kulit muka yang tipis, karena dikhawatirkan akan ambruk setelah beberapa kali kena pukulan.

3. Leher

Perlu diperhatikan bentuk dari leher sang ayam bangkok. Pilihlah bentuk tulang leher yang lebih kecil, yang mana nantinya ayam akan lebih mudah pergerakannya apalagi di kombinasi dengan kepalanya yang luwes.

Jangan memilih ayam bertulang leher besar, karena nantinya mereka akan bermain secara monoton.

4. Jengger

Perhatikan juga jenggernya, jika jengger memiliki ukuran yang besar itu berarti ayam tersebut akan bergaya kalem saat bertarung, sedangkan ayam yang berjengger kecil menandakan kalau bertarung akan bergaya gesit.

5. Badan

Bentuk badan dari seekor ayam juga menentukan apakah ayam tersebut adalah ayam aduan yang baik atau tidak.

Karena jika si ayam memiliki bentuk badan yang kurang dari 45 derajat berati ayam tersebut lebih menyukai main bawah saat bertarung.

Namun, ketika ayam tersebut badannya tegap lebih dari 45 derajat, itu menandakan bahwa ayam lebih suka main atas saat bermain.

6. Tulang dada

Ayam bangkok memiliki 2 tipe tulang dada, yaitu tulang dada panjang dan pendek. Ayam akan memiliki pukulan yang keras, tahan juga terhadap pukulan tapi kurang lihai memukul adalah tanda dari ayam bangkok bertulang dada panjang.

Sedangkan ayam bangkok bertulang dada pendek sangat tidak tahan terhadap pukulan, tapi pukulannya bisa dikatakan baik, kuat dan akurat.

7. Paha

Perhatikan paha ayam pada jarak antara kedua paha dan bentuk paha ayam itu sendiri.

Pukulan yang keras ditandai dengan jarak kedua paha sama dengan lebar telapak tangan, jika memiliki jarak yang terlalu sempit maka pukulan tak akan ampuh memukul lawan sedangkan ayam tidak akan memainkan jalu tapi pukulannya cepat adalah ayam yang memiliki jarak Anta paha lebih lebar.

Bentuk kaki yang seperti ayam goreng itu bertanda bahwa pukulannya tirus atau semakin lama akan semakin melemah, beda dengan bentuk kaki seperti belalang yang menandakan bahwa ayam bangkok tersebut memiliki konsentrasi dan kekuatan sehingga pukulannya baik.

8. Ekor

Ciri ayam berkualitas juga dilihat dari panjang pendek ekor si ayam. Ayam akan memiliki gaya bertarung kalem jika memiliki ekor yang panjang, sedangkan ayam yang memiliki ekor pendek menandakan bahwa ayam tersebut pukulannya cepat dan gesit.

9. Warna bulu

Warna bulu menjadi salah satu ciri yang menunjukan ayam bangkok tersebut adalah petarung sejati. Jenis ayam ini memiliki beragam jenis warna, setidaknya terdapat 7 warna yang mencirikan ayam tersebut adalah yang terbaik, diantaranya adalah :

  • Klawu : Yaitu mempunyai warna dasar abu-abu.
  • Putih : Ayam bangkok ini memiliki warna dasar berwarna putih.
  • Wangkas : Memiliki warna dasar yang hampir sama dengan warna rawisnya yaitu berwarna kuning kemerahan.
  • Jali : Ayam bangkok yang mempunyai warna dasar blirik. Warna blirik ini adalah warna hasil campuran dari beragam jenis warna yang memiliki motif garis-garis kecil.
  • Wiring : Mempunyai warna dasar hitam, memiliki bulu rawis serta ekor memiliki warna dasar kuning kemerahan.
  • Jregem : Ayam bangkok yang mempunyai warna dasar hitam.
  • Blorok : Mempunyai warna dasar pada bulunya tutul-tutul. warna dasar ini beragam yakni hitam, putih dan merah.

10. Bentuk kaki

Ciri selanjutnya dilihat dari bentuk kakinya. Ayam bangkok secara umum memiliki bentuk kaki yang bulat dan terlihat kering.

Kalau kita lihat dari sisik yang terdapat pada kaki terlihat sangat rapi dengan memiliki warna kuning. Sisik tersebut memiliki susunan yang berderet mulai dari jari kelingkingnya hingga kaki yang tidak terputus sama sekali.

Bila pada ayam bangkok memiliki ciri sisik dan kaki tersebut dipastikan ayam bangkok tersebut memiliki pukulan yang sangat keras hingga membuat lawan akan mudah tumbang.

11. Bentuk paruh

Kualitas bertarung ayam bangkok juga bisa dilihat dari bentuk dan warna paruh yang dimilikinya. Ayam yang baik adalah yang memiliki paruh yang panjang dan tebal.

Warna paruh yang baik adalah kekuningan bila dibandingkan dnegan jenis ayam lainnya. Nah semakin panjang paruh yang dimiliki  dan semakin bulat maka semakin bagus juga ayam dalam bertarung.

Anda bisa menggunakan ciri ayam bangkok aduan di atas untuk menentukan ayam yang mana untuk ayam aduan anda.

Namun, saya sarankan untuk mengajak orang yang lebih berpengalaman dalam memilih ayam bangkok aduan ketika membeli apalagi anda pemula, karena bisa jadi anda masih kurang paham dengan bentuk ayam secara spesifik.

Baca Juga : Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *