Ciri Telur Bebek Yang Baik Untuk Dijadikan Telur Asin

Diposting pada

Tahukah Anda Ciri Telur Bebek Yang Baik Untuk Dijadikan Telur Asin? Semua orang tentu sudah tahu telur bebek, salah satu makanan tradisional yang penuh dengan manfaat.

Ciri Telur Bebek Yang Baik Untuk Dijadikan Telur Asin
Ciri Telur Bebek Yang Baik Untuk Dijadikan Telur Asin

Selain itu rasanya yang khas membuat banyak orang ingin terus mencicipinya, namun tahukan anda dibakik pembuatan telur asin ini ada beberapa hal hang perlu diperhatikan karena tidak semua telur bebek kayak untuk dijadikan telur asin.

Dalam menghasilkan telur asin ini kita sangat wajib untuk mengetahui beberapa kriteria atau ciri telur bebek atau itik yang layak dijadikan tekur asin, tentunya ini akan berdampak sekali karena akan mempengaruhi kualitas tekur asin tersebut, kalo telur bebek ya berkualitas sudah pasti nanti telur asin akan berkualitas juga.

Telur Bebek yang Layak Dijadikan Telur Asin

Perlu diketahui bersama bahwa bebek atau itik yang digembalakan dari sawah kesawah jauh lebih baik dari pada Peternakan intensif yang menggunakan konsentrat dan pakan jadi, selain itu juga nantinya akan berpengaruh pada kualitas telur, yang paling mencolok adalah kuning telurnya, dimana kuning telur dengan peternakan intensif dan pakan jadi cenderung memiliki kuning telur yang kurang menarik.

Berbeda dengan telur itik yang digembalakan dari sawah kesawah, cenderit memiliki warna kuning yang menarik, bahkan sebagian bewarna kemerah merahan, telur itik ini sangat harus mendapatkan sebuah perlakuan khusus karena tidak akan bertahan lama, selama proses penyimpanan akan terjadi penurunan kualitas pada telur.

Maka dari itu untuk mengatasi hak tersebut diperlakukan perlakuan khusus agar kualitas telur dapat selalu terjaga, pada ruangan khusus biasanya telur akan mampu bertahan selama 2 Minggu, sedangkan pada pendingin seperti kulkas mampu bertahan sedikit lebih lama lagi.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas dari telur tersebut salah satunya adalah suhu ruangan, dan akan terjadi sebuah perubahan kimia, maka dari itu sangat penting untuk segera melakukan pendinginan pada telur.

Ada beberapa kriteria atau syarat telur bebek atau itik yang layak dijadikan telur asin.

  1. Telur masih Segar atau masih baru
  2. Telur Harus bersih dari kotoran
  3. Kulit telur masih utuh atau tidak mengalami retak sama sekali.

Tentunya dengan selalu melakukan perawatan pada bebek atau itik akan memberikan dampak yang baik juga pada kualitas telur yang dihasilkan, semakin bain perawatan itik dan bebek maka kualitas telur bisa optimal, setelah itu kita hanya tinggal langsung melakukan oeng asinan pada telur pada kondisi masih segar, itu akan sangat bagus karena mempengaruhi kualitas telur asin nantinya.

Untuk mengetahuinya secara pasti kita dapat melakukan sortir terlebih dahulu pada telur telur tersebut, ini sangat penting agar terhindar dari telur yang sudah retak, karena biasanya putih telur sudah menerobos keluar, sehingga bila dipaksakan untuk diasinkan akan mempengaruhi kualitas telur sehingga menjadi tidak optimal.

Untuk memudahkan hak tersebut, kamu dapat menyediakan sebuah wadah ember yang tekah diisi oleh oleh, telur yang mengambang pada air bisa dipastikan mengalami sebuah penurunan kualitas, sedangkan telur yang menyentuh dasar ember memiliki kualitas yang masih bagus, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai telur asin

Manfaat dari Telur Asin

1. Menjaga Mata Tetap Sehat

Para telur bebek, terkandung vitamin A yang sangat bagus untuk mata kita, ternyata vitamin ini tidak hanya terdapat pada wortel saja, pada telur bebek juga kita bisa merasakan manfaat tersebut.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lain fari vitamin A sangat berguna dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker lho, selain itu vitamin A nya akan sangat bagus dlaam menjaga imunitas tubuh sehingga dapat terhindar dari virus dan bakteri.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gizi

Selain vitamin A, pada telur bebek juga terkandung kalsium dan vitamin D yang akan sangat berguna dalam membantu merawat kesehatan tulang, sehingga daost terhindar dari masalah tulang seperti Osteoporosis bila dikonsumsi secara rutin.

4. Mampu Memproduksi Hormon

Selain itu juga pada telur bebek ini terkandung zat besi dan selenium fmyang akan sangat berguna meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu dalam pembuatan hormon tiroid.

Zat besi nya juga berguna untuk memproduksi sel darah merah yang mana nantinya proses peredaran oksigen bisa lebih maksimal kembali.

Untuk anda yang mengalami kolesterol kamu dapat mengonsumsi telur asin herbal karena dipercaya memiliki kandungan kolesterol yang jauh lebih rendah berkat proses pengolahannha yang berbeda dari biasanya.

Mungkin itu saja untuk ulasan kali ini, dimana telur asin ini hingga saat ini masih banyak digemari oleh semua kalangan, selain rasanya yang enak tetapi juga memiliki banyak sekali khasiat didalamnya yang bisa kita rasakan, adapun wilayah budidaya telur asin ini salah satunya terdapat di Brebes, Jawa tengah, disana juga bahkan terdapat telur asin dengan proses pengasapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *